Cara Defrag Windows10

Cara Defrag Windows10 – Defragment atau yang disingkat dengan Defrag merupakan suatu fitur di Windows yang berguna untuk mempercepat akses data. Selain itu, bisa juga untuk meminimalkan rotasi data. Dengan mengaktifkan fitur ini, tentu akan dapat membuat kinerja laptop meningkat. Untuk lebih jelasnya mengenai Defrag dan cara Defrag Windows 10, maka simaklah penjelasan berikut.

Apa Itu Defrag?

Seperti yang telah disinggung di awal, Defrag ini merupakan fitur yang berguna pada Windows. Defragmentasi atau Defrag adalah suatu proses penanganan pada berkas-berkas data yang mengalami suatu fragmentasi internal. Suatu berkas atau data dikatakan mengalami fragmentasi yakni apabila data tersebut tersimpan dalam ruang yang berdekatan dengan penyimpanan fisik.

Data yang terfragmentasi tersebut akan membuat subsistem media penyimpanan melakukan pencarian suatu data dalam jumlah banyak. Dengan begitu, akan membuat sistem jadi lambat. Oleh sebab itulah, dilakukan suatu Defragmentasi agar mempercepat kinerja dan mengoptimalkannya.

Cara Defrag Windows 10

Melakukan Defrag pada setiap Windows memang memiliki cara yang berbeda. Seperti halnya pada Windows 10 yang memiliki cara tersendiri dalam melakukan Defrag. Terdapat langkah mudah dalam cara tersebut. Adapun uraiannya bisa simak yang berikut.

Cari Menu Defrag

Langkah awal yang dilakukan adalah mencari menu dari Defrag tersebut yaitu bukalah dulu perangkat yang akan digunakan. Kemudian, tekan Start dan pada kolom pencarian yang tersedia, pengguna bisa ketikkan Defrag. Jika sudah, klik enter. Lalu, akan muncul beberapa hasil dari pencarian kosa kata tersebut.

Pengguna bisa tekan Defragments and Optimizes Drives. Sebenarnya, untuk membuka menu tersebut bisa juga dengan menekan Windows beserta R dengan bebarengan. Kemudian, ketikkan Defrag.

Pilih Disk Drive yang Akan Dioptimalkan

Selanjutnya, cara Defrag Windows 10 adalah memilih disk drive. Apabila pengguna telah menemukan menu Defragments and Optimize Drives, maka kemudian akan muncul halaman utama dari menu tersebut, yang mana akan muncul disk drive yang ada di perangkat. Nah, disini pengguna bisa pilih disk drive mana yang akan dilakukan Defrag.

Melakukan Pengecekan atau Analisi

Ketika pengguna telah berada di halaman atau jendela utama dan telah muncul disk drive dari perangkat, maka bisa dilihat di bawah terdapat dua menu yakni Analyze dan juga Optimize. Nah, pengguna perlu melakukan pengecekkan sebelum Defrag. Maka, bisa tekan opsi Analyze. Nantinya, akan ditampilkan beberapa informasi dari disk drive tersebut.

Melakukan Defragmentasi

Apabila sudah melakukan pengecekan, maka pengguna bisa langsung ke tahap Defragmentasi. Caranya adalah dengan mengarahkan kursor ke disk drive yang akan di Defrag dan tekan. Kemudian, tekan opsi Optimize yang ada pada kotak warna abu-abu di bawah. Terakhir, tunggulah hingga proses Defragmentasi selesai. Dengan begitu, pengguna telah berhasil melakukan proses Defragmentasi.

Waktu yang Tepat Melakukan Defragmentasi

Mungkin Sebagian dari pengguna Windows 10, akan bertanya-bertanya, kapan waktu yang tepat melakukan Defragmentasi. Sebenarnya, seberapa sering untuk melakukan Defrag itu tergantung dari penggunaan perangkat. Apabila, perangkat memang sering digunakan, sebaiknya untuk sering melakukan Defrag. Umumnya, bisa dilakukan satu kali dalam sebulan.

Pengguna juga bisa melakukan penjadwalan mengenai kapan harus dilakukan Defrag. Dengan begitu, akan menghindari ketika pengguna lupa tidak melakukan Defrag. Namun, hindari melakukan Defrag ketika fragmentasi kecil, sebab akan merusak hardisk perangkat. Jadi, lakukan Defrag hanya ketika fragmentasi sedang tinggi.

Itulah tadi, mengenai Defragmentasi beserta cara Defrag Windows 10. Dalam cara tersebut, sebenarnya mudah saja dilakukan dan penting. Mengingat melakukan Defragmentasi akan membuat perangkat jadi lebih optimal. Namun, dalam melakukannya juga harus diperhatikan mengenai waktu dan kondisi dari perangkat.

Baca Juga:  Pilihan Cara Pasang Wifi Sendiri Di Rumah Yang Patut Untuk Dicoba
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *