Teknik Dan Manfaat Pemberian Jarak Tanaman Kelapa Hibrida Agar Tumbuh Maksimal

Teknik Dan Manfaat Pemberian Jarak Tanaman Kelapa Hibrida Agar Tumbuh Maksimal

Jarak Tanaman Kelapa Hibrida

Jarak Tanaman Kelapa Hibrida – Tanaman kelapa hibrida bisa dikatakan termasuk tanaman yang unik dan berbeda dari tanaman lainnya. Terdapat pengaturan jarak tanaman kelapa hibrida yang khusus agar kelapa bisa tumbuh dan berkembang dengan maksimal.

Tanaman kelapa hibrida ini perlu ditanam dengan teknik tanam khusus agar kelapa bisa menghasilkan buah kelapa yang berkualitas dalam jumlah yang banyak. Seorang petani kelapa hibrida perlu memperhatikan hal ini dengan baik.

Teknik Penanaman Berjarak Pada Kelapa Hibrida

Sebelum mendapatkan hasil buah kelapa yang melimpah dan berkualitas, Inilah beberapa teknik khusus yang perlu diperhatikan saat menanam kelapa hibrida.

Memilih Bibit Yang Berkualitas

Untuk mendapatkan buah kelapa hibrida yang bagus, seorang petani kelapa membutuhkan bibit kelapa hibrida yang bagus pula. Oleh karenanya, persiapan pemilihan bibit juga sangat butuh untuk dilakukan.

Sekalipun persiapan lahan serta pemberian jarak tanaman kelapa hibrida juga penting, namun hal itu akan kurang berguna jika bibit kelapa yang digunakan kurang bagus. Oleh karena itu, perhatikan terlebih dahulu bibit yang akan ditanam.

Pastikan bibit memiliki bentuk yang cenderung lonjong. Panjang bibit yang berkualitas berkisar antara 22 hingga 25 cm dengan lebar 19 hingga 22 cm dan tampilan yang licin. Batang bibit yang bagus memiliki bentuk yang tegap dan lurus.

Menyiapkan Lahan Yang Pas

Selain memilih bibit kelapa hibrida yang unggul, petani kelapa juga perlu mempersiapkan lahan yang pas sebagai media tanam nantinya. Media tanam perlu dipersiapkan sebelumnya. Inilah beberapa hal yang perlu dipersiapkan pada lahan.

  • Kebersihan lahan. Pastikan lahan yang akan digunakan bersih dari hama dan gulma seperti rumput liar dan sejenisnya.
  • Gemburkan tanah dengan menggunakan cangkul sehingga mudah untuk membuat lubang. Pastikan tanah tidak terlalu hancur atau terlalu asam.
  • Buat lubang yang berukuran 70 cm dengan jarak tanaman kelapa hibrida masing-masing 8 meter.
  • Diamkan lubang setidaknya selama satu bulan sebelum penanaman.
Baca Juga:  Amalan Supaya Orang Bayar Hutang Yang Ampuh Bisa Dicoba!

Melakukan Penanaman Dengan Benar

Jika lahan telah disiapkan, selanjutnya petani kelapa hibrida hanya perlu menanam tanaman kelapanya dengan cara yang benar. Pastikan untuk tidak merusak akar kelapa yang menempel pada tanah maupun di polybag.

Selain itu, pastikan untuk tidak memiringkan bibit agar nantinya kelapa tidak tumbuh miring. Setelah meletakkan bibit di lubang, beri pupuk yang telah dicampur dengan tanah dengan cara menutupi lubangnya.

Terakhir, siram dengan air. Pastikan untuk memberikan asupan air secukupnya dan tidak terlalu berlebihan.

Menyeimbangkan Jumlah Tanaman Kelapa Dan Luas Lahan

Demi menjaga kualitas kelapa hibrida yang ditanam, pemberian jarak tanaman kelapa hibrida sangat dibutuhkan. Selain itu, proporsi jumlah kelapa dan luas media lahan juga perlu dipertimbangkan dengan baik.

Normalnya, satu hektar tanah cukup ditanami 160 bibit kelapa. Usahakan untuk tidak menanam jauh dari angka tersebut sehingga jarak antar tanaman kelapa masih bisa terkontrol.

Manfaat Pemberian Jarak Pada Tanaman Kelapa Hibrida

Tanaman kelapa hibrida termasuk tanaman yang memiliki ukuran besar. Dengan ukuran tersebut, tanaman kelapa membutuhkan jarak yang sesuai agar satu sama lainnya tidak terhimpit dan terlalu sempit.

Oleh karena itu, adanya pembuatan jarak tanaman kelapa ini saat pembibitan perlu dilakukan. Bahkan, jarak tersebut perlu dipersiapkan sejak pembuatan lubang media tanam di kebun kelapa hibrida.

Demikian ulasan tentang teknik dan manfaat dari pemberian jarak tanaman kelapa hibrida. Penerapan teknik tanam berjarak ini akan memberikan banyak manfaat bagi tanaman sehingga tumbuh lebih baik.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *