Cara Mengawinkan Bunga Aglonema

Cara Mengawinkan Bunga Aglonema – Cara mengawinkan bunga aglonema bisa dilakukan dengan berbagai cara yang tentunya mudah untuk dilakukan. Tanaman hias unik berwarna daun hijau dan merah ini memiliki racun yang berbahaya bagi hewan peliharaan seperti kucing, sehingga perlu berhati-hati menanamnya.

Selain memperhatikan teknik, waktu mengawinkan bunga Aglonema juga perlu diperhatikan agar perkawinan sukses dan menghasilkan banyak anak atau bibit. Agar tidak bingung, berikut tata cara serta tips agar perkawinan berhasil. Yuk, mari disimak!

Cara Mengawinkan Aglonema dengan Baik

Sebagai pecinta bunga dan tanaman Aglonema, tentu ingin agar tumbuhan tersebut menjadi banyak dan berbunga. Untuk mewujudkannya, pemilik bisa mengawinkan Aglonema secara manual. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, mari disimak ulasannya berikut!

  • Siapkan Aglonema dewasa yang sudah memiliki putik dan serbuk sari pada bunganya.
  • Selanjutnya, siapkan kuas halus yang akan menjadi alat untuk penyerbukan, pastikan kuas tersebut bersih.
  • Kemudian usapkan kuas ke serbuk sari bunga Aglonema, setelah menempel, usapkan ke kepala putik bunga jantan.
  • Jika sudah, bungkus putik dengan plastik transparan agar kelembabannya terjaga.
  • Lakukan penyerbukan pada jam 7 hingga 9 pagi agar udara masih sejuk dan serbuk sari belum berjatuhan akibat angin dan penyebab lainnya.
  • Perhatikan hasil penyerbukan, jika berhasil maka akan muncul tongkol yang berisi biji sebanyak 10 hingga 30 buah dan bila sudah 6 bulan, sudah bisa untuk ditanam.

Tips Agar Aglonema Tumbuh dengan Sehat

Setelah mengetahui cara mengawinkan bunga Aglonema, tentunya perlu dirawat agar tumbuhan sehat dan menghasilkan bibit yang banyak. Berikut beberapa tips dalam merawat Aglonema agar dapat bertumbuh dengan baik. Yuk, simak informasinya!

  • Memilih media tanam yang sesuai. Agar tanaman Aglonema bertumbuh dengan baik, pemilihan media tanam menjadi sesuatu yang penting agar zat yang dibutuhkan tumbuhan dari tanah dapat terpenuhi.
  • Hindari mengumpulkan banyak pohon dalam satu pot. Bunga Aglonema memang dapat dijadikan beberapa tumbuhan dalam satu pot, namun jika terlalu penuh dapat mengganggu pertumbuhan dari Aglonema tersebut dan tidak bertumbuh secara maksimal.
  • Memberikan pupuk secara rutin. Pemberian pupuk menjadi kunci agar tumbuhan Aglonema mendapat nutrisi dan subur. Pemilik tidak perlu khawatir kerepotan karena pupuk tersebut dapat diberikan sebanyak tiga bulan sekali saja.
  • Melakukan penyiraman secara berkala. Kuantitas air yang dimiliki oleh tanah dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman ini. Pemberian secara rutin dengan dosis yang cukup mampu menjaga unsur hara dalam tanah yang membantu pertumbuhan tanaman menjadi sehat.
  • Menggemburkan tanah secara berkala. Ketika menanam tumbuhan di pot perlu melakukan penggemburan agar air dan udara dapat menyerap dengan baik. Selain itu, tanah yang gembur tidak akan menekan akar serta tunas baru sehingga dapat berkembang dengan baik.
  • Hindari meletakkan pot di tempat yang terkena matahari langsung. Agar Aglonema tidak cepat layu dan kering, pemilik perlu meletakkannya di tempat yang terlindungi dari sinar matahari. Pemilik bisa mengeluarkan tanaman untuk terkena udara segar saat pagi atau sore hari saat matahari masih sejuk.
  • Pilih pot yang sesuai dengan ukuran bunga. Pot yang menjadi tempat bertumbuhnya bunga juga menjadi hal penting untuk diperhatikan. Bila ukuran pot tidak sesuai, pertumbuhan bunga dapat terhambat dan tidak berukuran maksimal.
Baca Juga:  Ketahui 5 Cara Supaya Alpukat Cepat Matang Dengan Sederhana Dan Mudah

Itulah cara mengawinkan bunga Aglonema yang ternyata mudah dilakukan. Pemberian air dan ukuran pot menjadi sesuatu yang penting untuk diperhatikan agar tumbuhan dapat berukuran maksimal. Pemberian pupuk juga menjadi kunci agar Aglonema sehat.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *