cara mengirim folder lewat email

Tidak Perlu Khawatir Begini Cara Mengirim Folder Lewat Email

cara mengirim folder lewat email

Saat ini hampir setiap orang memiliki email karena email memiliki banyak kegunaan tidak hanya untuk mendaftarkan akun media sosial tetapi juga bisa mengirim berbagai macam file, foto, dan folder. Cara mengirim folder lewat email ternyata tidak cukup sulit dan bisa digunakan dengan mudah oleh pengguna.

Terkadang jika orang ingin mengirimkan file dengan jumlah yang banyak melalui email akan terlalu ribet dan memakan waktu karena harus upload satu per satu file. Namun, ternyata email menyediakan layanan yang memudahkan pengguna dengan mengirimkan banyak file dalam satu folder dan berikut tutorialnya.

Mengirim Folder Melalui Email dengan RAR

Cara mengirim folder lewat email bisa dengan mengubah folder menjadi RAR. Mengubah file menjadi RAR dianggap lebih efektif karena akan lebih mudah ketika mengirim melalui email dan menjadikan folder memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih kecil. Namun, perlu dipastikan perangkat sudah memiliki aplikasi Winrar.

  • Pilih folder yang ingin dirubah menjadi RAR. Pilih folder tersebut dan klik kanan. Lalu ada beberapa pilihan menu dan pilih yang ada ikon buku dengan nama add to “{folder name).rar”.
  • Tunggu proses berjalan dan akan muncul folder yang tadi dipilih menjadi RAR.
  • Selanjutnya masuk ke akun email pengguna dan pilih kotak merah di ujung kirim bernama Ikon tersebut membantu pengguna mengirimkan file beserta folder.
  • Lalu akan muncul tampilan kotak hitam bernama new messages yang berarti tempat pengguna bisa memasukkan folder yang ingin dikirim. Pilih ikon abu-abu di bawah bernama attachment files.
  • Kemudian, email akan menampilkan tempat penyimpanan perangkat pengguna dan pilih folder folder yang pengguna sudah ubah menjadi RAR. Lalu klik
  • Email akan memproses upload folder pengguna ke dalam email yang akan mau dikirimkan. Prosesnya akan tergantung seberapa besar ukuran folder yang akan dikirim.
  • Setelah sudah folder terupload, maka masukkan email pengirim dan klik kotak biru di bawah bernama Maka folder akan langsung terkirim pada email yang dituju.
Baca Juga:  Inilah Cara Reset PIN LinkAja Lewat Email Untuk Telkomsel Dan Lainya

Baca Juga : Cara Mengetahui Kata Sandi Email Dan Cara Memulihkanya

Mengirim folder pada Google Drive

Selain mengirimkan folder dengan mengubahnya menjadi RAR, pengguna juga bisa mengirimkan folder yang tersimpan di Google Drive melalui email dengan cepat. Google Drive adalah layanan fitur yang disediakan Google dalam membantu pengguna menyimpan berbagai macam file dan folder seperti tempat penyimpanan perangkat.

  • Pastikan pengguna memiliki akun Gmail dan sudah menyiapkan file yang tergabung dalam satu folder untuk dikirimkan melalui email.
  • Langkah selanjutnya, pengguna bisa langsung masuk ke dalam akun email dan klik kotak merah sebelah kiri bertuliskan compose dan akan muncul tampilan new messages di sebelah kanan pada layar.
  • Selanjutnya pengguna dapat mengirimkan folder yang tersimpan pada Google Drive dengan menekan ikon Google Drive yang berada tepat di sebelah kanan ikon attachment files.
  • Lalu email akan menampilkan semua folder yang telah pengguna simpan di Google Drive dan pilih folder yang ingin dikirim.
  • Setelah itu klik kotak biru bagian bawah bertuliskan “Secara otomatis tanpa menunggu lama folder di Google Drive akan langsung masuk ke dalam email dan siap untuk dikirimkan”.
  • Pengguna tidak perlu khawatir karena dalam sekali pengiriman bisa memasukkan lebih dari satu folder.
  • Jika sudah selesai, maka bisa klik kotak biru bagian bawah bernama send.
  • Tunggu proses berjalan dan folder telah selesai dikirimkan kepada email yang dituju.

Cara mengirim folder lewat email ternyata sangatlah mudah digunakan oleh siapapun. Adanya fitur yang disediakan oleh Google ini sangat membantu pekerjaan pengguna dan tidak perlu memakan waktu yang banyak karena dalam satu folder bisa memuat banyak file seperti foto maupun video.

Baca Juga:  Apa Itu Internet CloudX Telkomsel Dan Bagaimana Aktivitasnya

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *