Cara Mengkonsumsi Buah Zuriat

Cara Mengkonsumsi Buah Zuriat – Ada beberapa sebutan untuk buah berkhasiat satu ini, umumnya orang menyebutnya buah Adam dan Hawa. Diyakini dapat mempercepat kehamilan bagi pasangan yang sangat menginginkannya. Cara mengkonsumsi buah zuriat juga bisa dilakukan dengan berbagai metode, karena buah ini memang kaya manfaat.

Bentuk buah zuriat emang unik, kulitnya keras berwarna coklat agak mengkilap. Bentuknya berkayu dengan permukaan sedikit bergelombang. Saat dibelah, daging buah ini terlihat berwarna putih dan berserat serta agak kenyal.

Daging buah ini membungkus biji yang berbentuk oval dan padat. Jika dikonsumsi langsung, rasa buah ini manis dan asam. Sebagian menyebut rasanya seperti kue jahe. Sehingga disebut juga buah Gingerbread (kue jahe).

Nutrisi Buah Zuriat

Buah ini tumbuh di pohon berbentuk pohon palem yang bisa tumbuh hingga ketinggian 15 meter. Itu sebabnya sebutan lainnya adalah buah palem Doum. Buah ini tumbuh sepanjang tahun di daerah yang panas dan kering.

Berdasarkan pembahasan dari jurnal “Antioxidants in Foods and Its Applications” disebutkan bahwa buah zuriat mengandung protein berkualitas tinggi. Memiliki variasi seperti protein kasar lisin dan sistein, serat, lemak, asam amino, serta beberapa jenis karbohidrat.

Masih ada juga kandungan kalsium, kalium, natrium, magnesium dan vitamin C. Ditambah dengan senyawa fitokimia dan antioksidan. Benar-benar buah yang kaya nutrisi.

Bagi yang sedang menjalani program kehamilan, buah zuriat dalam aneka olahannya disarankan untuk dikonsumsi secara teratur. Lakukan selama 44 hari berturut-turut. Minum dua kali sehari (suami dan istri) namun hentikan konsumsinya jika sudah hamil.

Cara Konsumsi Buah Zuriat

Banyak proses yang dapat dilakukan sebagai cara mengkonsumsi buah zuriat. Karena hampir seluruh bagian dari buah ini dapat dimanfaatkan. Namun disarankan mengkonsumsinya setelah makan, atau tidak saat perut kosong. Adapun cara untuk mengkonsumsi buah zuriat yakni:

Baca Juga:  Proses Buka Rekening Bank Mega Online Yang Bisa Diterapkan

Dimakan Langsung

Umumnya buah dikonsumsi saat sudah matang, tapi khusus cara mengkonsumsi buah zuriat justru saat mentah. Karena saat matang malah tidak bisa lagi dimakan langsung, lebih cocok sebagai campuran masakan.

Bagian buah yang dapat dimakan langsung adalah dagingnya yang berwarna putih. Rasanya manis tapi sedikit asam, sebagian orang mengatakan seperti makan kue jahe. Karena memang memiliki wangi yang khas.

Direbus Dagingnya

Untuk merebus daging buahnya, buang dulu kulit luarnya yang keras. Bentuknya memang mirip buah kelapa, karena memang satu keluarga pohon palem. Karena bagian luarnya juga keras seperti kelapa. Begini langkah mengolahnya:

  • Setelah menghilangkan kulitnya yang keras, kulit bagian dalam beserta daging buah zuriat di potong hingga berukuran kecil.
  • Kemudian gunakan tiga gelas air untuk merebusnya hingga warna airnya berubah kecoklatan.
  • Minumlah dua kali sehari secara rutin.

Menggunakan cara ini artinya adalah meminumnya langsung. Untuk menambah rasa, bisa diberi tambahan susu dan madu atau gula batu.

Dihaluskan Menjadi Bubuk

Buah ini bisa dihancurkan dengan menumbuknya, atau menghaluskannya menggunakan mesin. Kemudian dibuat menjadi minuman dan dicampurkan dengan susu atau teh. Alternatif lain adalah mencampurnya ke dalam adonan kue.

Cara mengkonsumsi buah zuriat dengan cara ini sebetulnya lebih enak karena tinggal menyeduhnya saat akan diminum. Adapun langkah yang dapat dilakukan yakni:

  • Gunakan 1 sendok makan bubuk buah zuriat.
  • Seduh menggunakan dua gelas air hangat.
  • Rebus hingga airnya tinggal separuhnya, lalu tiriskan sebentar. Nanti bagian bubuk akan turun ke dasar gelas. Ini yang bisa disimpan untuk direbus kembali.
  • Bisa ditambahkan susu dan madu atau gula batu untuk penambah rasa.

Haluskan Kulit dan Bijinya dengan Blender

Kulit dan biji buah zuriat ternyata memiliki khasiat yang sama juga. Mengolahnya memang sedikit repot karena dilakukan dengan dua cara. Pertama direbus dulu, baru diblender. Kali ini adalah dengan cara berikut:

  • Ambil kulit dan biji dari dua buah zuriat, lalu potong kecil-kecil.
  • Rebus menggunakan lima gelas air selama 15 menit, atau sampai warna airnya berubah menjadi kecoklatan.
  • Diamkan dulu selama enam jam.
  • Setelah itu blender kulitnya menggunakan air rebusan tadi.
  • Sebelum diminum, saring lebih dulu.
Baca Juga:  Rekomendasi Perpaduan Warna Cat Motor Yang Serasi Makin Keliatan Classy

Air Direndam

Cara lainnya adalah dengan memotong buahnya menjadi potongan kecil. Lalu rendam menggunakan air matang selama 8 jam. Baru kemudian diminum airnya.

Mengolahnya dengan cara ini, bisa dilakukan dalam jumlah banyak. Airnya bisa disimpan atau dibekukan dan dibiarkan hingga mencair sebelum meminumnya.

Cara mengkonsumsi buah zuriat memang beragam. Tapi memang yang umum adalah dengan cara merebusnya. Jika tidak ingin repot, bisa dilakukan sekaligus dalam jumlah banyak. Kemudian siapkan wadah-wadah kecil yang ada tutupnya untuk disimpan di dalam freezer.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *