5 Cara Mengkonsumsi Daun Binahong Yang Bisa Diikuti

5 Cara Mengkonsumsi Daun Binahong Yang Bisa Diikuti

Cara Mengkonsumsi Daun Binahong

Cara Mengkonsumsi Daun Binahong – Binahong adalah tumbuhan asli Amerika Selatan yang sangat berkhasiat. Daun tumbuhan ini terbukti memiliki banyak sekali kandungan yang menyehatkan. Untuk mendapat khasiat tersebut tentunya harus diikuti dengan pengolahan yang tepat. Cara mengkonsumsi daun binahong sendiri juga beragam dan sangat variatif.

Pada artikel kali ini, akan dijelaskan beberapa cara mengkonsumsi binahong yang wajib diketahui. Setiap metode pastinya wajib untuk dipahami dengan baik agar pengolahannya juga tepat. Untuk lebih jelasnya, simak detail uraian yang ada di bagian bawah ini:

Dijadikan Air Rebusan

Metode pertama yang akan diinformasikan adalah proses mengolah daun binahong menjadi air rebusan. Proses ini bisa dimulai dengan mengumpulkan daun binahong yang usianya sedang dengan jumlah 9 sampai nominal 11 lembar. Jadi, jangan ambil daun yang muda atau yang tua.

Kemudian, daun tadi bisa dicuci dan direbus dengan air secukupnya. Jika sudah mendidih, maka air rebusan bisa didinginkan dan bisa diminum. Apabila tidak terbiasa dengan rasanya, maka air rebusan tersebut bisa dikonsumsi dengan tambahan bahan lain seperti madu.

Proses atau metode ini tergolong yang paling umum dilakukan karena sangat simple. Air rebusan daun binahong ini juga akan dipenuhi dengan khasiat. Jadi meskipun sudah direbus, kandungan yang ada dalam daunnya tidak akan hilang justru akan bercampur dengan airnya.

Dijadikan Daun Binahong Kering untuk Diseduh

Jika metode di atas hanya bisa dilakukan untuk olahan jangka pendek, maka ada cara lain yang bisa difungsikan untuk jangka panjang. Caranya adalah dengan mengeringkan daun binahong. Untuk memulainya, daun binahong bisa direbus terlebih dahulu.

Kemudian, jemur daun binahong sampai kering secara menyeluruh. Jika sudah kering, maka daun binahong bisa langsung disimpan atau diseduh. Untuk proses penyeduhannya sendiri, bisa dilakukan dengan air mendidih. Jika ingin rasanya semakin enak, maka bisa dicampur madu.

Baca Juga:  Manfaat Buah Apel untuk Ibu Hamil

Proses ini juga tergolong layak untuk diikuti karena tidak akan menghilangkan kandungan yang ada. Selain itu, metode ini juga tergolong sangat praktis untuk diikuti. Saat ini sudah banyak pihak yang mengikuti metode ini untuk proses pengolahan binahongnya.

Dijadikan Tumis Daun Binahong

Cara mengkonsumsi daun binahong lainnya adalah dengan menjadikannya olahan tumis. Proses ini tentunya juga masuk golongan yang mudah untuk dilakukan. Daun binahong, hanya perlu ditumis seperti menumis sayuran lainnya dengan bumbu tambahan.

Mungkin proses ini akan jauh lebih sering dimanfaatkan, karena bisa dijadikan lauk makan. Jadi bukan lagi sebagai jamu, proses ini akan memberikan efek yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Karena prosesnya juga sangat mudah, maka akan sangat pas untuk diikuti.

Jika belum terbiasa dengan tumis daun binahong, maka bisa dicoba dengan mencampur bahan-bahan lain di dalamnya. Pakai daun binahong sedikit terlebih dahulu. Kemudian lama kelamaan tambah daun binahong agar lebih banyak dan lebih terbiasa dengan rasanya.

Dijadikan Jus

Jus sayuran bukan lagi minuman yang awam di kalangan masyarakat. Salah satu yang bisa dijadikan jus adalah daun binahong. Dengan menjadikan daun binahong sebagai jus, maka khasiat yang ada di dalamnya tidak akan berkurang karena tidak melewati proses apapun.

Agar rasanya lebih bersahabat, maka manfaatkan susu atau madu sebagai campuran jusnya. Atau jika ingin lebih bervariatif, campurkan pula sayuran lain atau buah segar. Dengan demikian, jus yang dibuat akan memiliki cita rasa tinggi dengan khasiat yang sangat menyehatkan.

Dijadikan Masker

Terakhir, daun binahong juga bisa dijadikan masker untuk pengobatan kulit. Prosesnya sangat mudah, hanya dengan menumbuk daun binahong yang masih segar. Namun sebelum ditumbuk, pastikan dulu sudah dicuci bersih agar kuman dan kotoran di dalamnya hilang.

Baca Juga:  Blue Sky Lounge Kartu Kredit - Eksklusivitas di Dunia Perbankan

Jika sudah ditumbuk sampai halus, balurkan saja ke kulit yang sedang sakit atau mengalami sebuah masalah. Lakukan proses ini secara berkala dan berkelanjutan. Nantinya, kulit yang mengalami masalah tersebut akan sembuh dengan sendirinya.

Daftar cara mengkonsumsi daun binahong di atas tentunya bisa dijadikan acuan sebelum mengolahnya. Sesuaikan saja cara pengolahan dengan kebutuhan masing-masing pihak. Asal pengolahannya tepat, maka kandungan yang ada di dalamnya juga tidak akan hilang.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *