Cara Menyembuhkan Sakit Leher Sebelah Kiri

Cara Menyembuhkan Sakit Leher Sebelah Kiri – Bagi sebagian orang mengalami leher nyeri akan sangat mengganggu aktivitas. Jika yang sakit sebelah kiri maka orang tersebut akan kesulitan menoleh ke kiri. Biasanya hal seperti ini cukup dibiarkan dan akan sembuh dengan sendirinya. Namun, akan lebih baik jika segera diobati. Berikut ini 6 cara menyembuhkan sakit leher sebelah kiri yang bisa diterapkan:

1. Kompres dengan Air

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi leher yang sakit adalah dengan mengompresnya. Kompres bisa dilakukan dengan air dingin ataupun hangat. Jika menggunakan air hangat caranya adalah dengan merendam handuk di baskom berisi air hangat. Setelah itu angkat handuk tersebut dan peras sampai kadar air berkurang. Selanjutnya letakkan pada area leher yang terasa sakit.

Jika ingin mengompres menggunakan air dingin maka caranya cukup mudah. Cukup sediakan es batu dan handuk bersih. Letakkan es batu supaya terbungkus oleh handuk tersebut, lalu letakkan pada area leher yang sakit. Menggunakan air hangat ataupun dingin diyakini bisa melemaskan otot yang tegang. Jika sudah rileks maka rasa nyeri pada leher bisa berangsur hilang.

2. Gunakan Produk yang Bisa Menghangatkan Tubuh

Jika menggunakan air hangat terasa merepotkan maka bisa diganti dengan produk penghangat lainnya. Cara menggunakannya cukup dengan ditempelkan di area yang sakit. Sebaiknya hindari menggunakan produk ini terlalu lama karena nantinya akan susah dilepas. Lakukan proses pengompresan selama kurang lebih 20 menit. Hasil yang didapat tidak bersifat instan. Kuncinya adalah konsisten dan melakukannya secara rutin.

Baca Juga : Cara Menyembuhkan Migrain Kanan Paling Ampuh

Baca Juga:  Cara Mengkonsumsi Buah Zuriat Dengan Berbagai Alternatif Pengolahan

Baca Juga : Cara Mengobati Jerawat Hormon Yang Membandel

3. Aktif Bergerak

Ketika leher sedang sakit memang akan sulit untuk bergerak. Namun, menggerakkan leher bisa menjadi salah satu cara menyembuhkan sakit leher sebelah kiri yang cukup efektif. Nyeri pada leher biasanya disebabkan oleh otot yang tegang dan kaku karena kurangnya aktivitas. Oleh karena itu, otot tegang tersebut perlu diluruskan dengan membiasakannya bergerak.

Awali dengan gerakan-gerakan sederhana. Misalnya dengan sedikit menoleh ke kiri, kemudian pelan-pelan menoleh ke kanan. Jika sudah tidak terasa sakit maka bisa dilanjutkan dengan gerakan yang lebih kuat sampai akhirnya rasa sakit pada leher benar-benar hilang. Menggerakkan leher juga bisa dilakukan meskipun leher sedang tidak sakit dan sebaiknya dilakukan pagi hari setelah bangun tidur.

4. Hindari Posisi Gerak Kepala yang Sama

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, untuk mengatasi rasa nyeri pada leher bisa dengan berpindah-pindah posisi. Selain itu ketika tidur tidak perlu menggunakan bantal dan kepala langsung bersentuhan dengan kasur. Usahakan tidur dengan posisi senyaman mungkin. Jika sudah menerapkan hal tersebut maka penyembuhan akan berjalan lebih cepat dan aktivitas bisa kembali berjalan normal.

5. Pijat Leher

Selain dengan digerakkan, ketegangan pada leher juga bisa berkurang dengan cara dipijat. Lakukan pemijatan dengan hati-hati pada area yang terasa sakit. Jika prosesnya sudah benar maka otot yang tegang akan menjadi rileks dan rasa sakit pada leher akan berangsur hilang. Namun, jika memang tidak yakin melakukan pemijatan sendiri bisa menggunakan jasa pijat profesional.

6. Kelola Stress

Ketegangan otot juga bisa disebabkan karena tingginya rasa stress. Mengelola rasa stress bisa dilakukan dengan bermeditasi atau melakukan hal-hal yang disukai. Melakukan yoga juga bisa menjadi alternatif lain. Selain mengurangi stress, yoga juga akan melemaskan otot lain yang tegang sekaligus memperlancar peredaran darah. Sudah banyak tutorial yoga di internet yang bisa dicoba.

Baca Juga:  Cara Memanfaatkan Lidah Buaya Untuk Jerawat Di Wajah

Demikianlah 6 cara menyembuhkan sakit leher sebelah kiri dengan mudah. Jangan sampai rasa nyeri di leher mengganggu aktivitas. Langkah terbaik untuk mengobati adalah dengan mencegah. Oleh karena itu sebaiknya lakukan pemanasan setiap kali akan melakukan aktivitas. Ketika otot sudah rileks maka akan meminimalisir cedera yang bisa menimbulkan rasa sakit pada leher.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *