Cara Mengobati Panas Pada Bayi

Cara Mengobati Panas Pada Bayi – Layaknya orang dewasa, bayi juga dapat terserang demam yang ditandai dengan peningkatan suhu tubuh. Demam pada bayi ini bisa disebabkan oleh berbagai kemungkinan, dari yang sepele sampai gejala suatu penyakit tertentu. Namun, sebelum berpikir ke arah sana, ada baiknya orang tua terlebih dahulu mempelajari cara mengobati panas pada bayi yang menjadi indikasi awal demam.

Penanganan dini terhadap peningkatan suhu tubuh bayi yang melebihi ambang batas normal, yaitu di angka 37,2 derajat celcius, dapat menghindarkan kemungkinan terburuk. Untuk itu, bagi para orang tua atau siapa pun yang sedang mengasuh bayi, silakan simak dan pelajari cara-cara penanganan di bawah ini!

Berikan Obat Penurun Panas Khusus Bayi

Cara paling ampuh untuk menurunkan panas atau demam pada bayi tentu dengan memberikan obat-obatan penurun panas semacam Paracetamol dan Ibuprofen. Namun, untuk itu orang tua harus benar-benar mengerti anjuran pemberian obatnya berdasarkan panduan dari dokter. Jangan sampai memberikan sembarang obat dengan takaran yang tidak sesuai pada bayi, karena akibatnya bisa jadi sangat fatal.

Pakaikan Pakaian yang Tidak Terlalu Tebal

Mengenakan pakaian atau selimut tebal pada bayi yang sedang demam akan membuat suhu tubuhnya semakin meningkat. Untuk itu, ganti pakaian bayi ke yang lebih tipis dan singkirkan selimut agar aliran udara lancar di sekitar tubuh bayi. Namun, pastikan juga agar jangan sampai membuat bayi justru menggigil kedinginan. Perbedaan suhu yang terlalu ekstrem di dalam dan luar tubuh dapat berbahaya bagi bayi.

Berikan ASI pada Bayi

Saat terserang demam, besar kemungkinan bayi akan mengalami dehidrasi yang akhirnya dapat menyebabkan dampak bahaya lanjutan lainnya. Maka, sangat penting untuk memastikan asupan cairan bayi tetap terjaga selama suhu tubuhnya masih tinggi. Berikan ASI yang cukup pada bayi untuk menjaganya agar tetap terhidrasi selama demam.

Baca Juga:  Cara Mengobati Jerawat Hormon Yang Membandel

Atur Suhu Ruangan Sekitar Bayi

Suhu tubuh manusia yang panas dapat turun saat berada di ruangan yang sejuk, tak terkecuali bagi bayi. Untuk itu, atur suhu ruangan tempat bayi berada agar sejuk, namun jangan sampai terlalu dingin. Jika tidak memiliki pengatur suhu di dalam rumah, orang tua dapat memindahkan bayi ke ruang yang sekiranya tidak terlalu panas atau dingin.

Baca Juga : Cara Mengobati Kembung Pada Bayi, Boleh Di Coba!

Mandikan Bayi Menggunakan Air Hangat

Selain suhu ruangan sekitar, berada di dalam air juga dapat membantu menurunkan suhu tubuh bayi. Untuk itu orang tua dapat memandikan bayi menggunakan air hangat. Pastikan suhunya pas untuk tubuh bayi yang sedang demam, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Proses memandikan juga sebaiknya tidak dilakukan berlama-lama karena dapat membuat bayi kedinginan.

Biarkan Bayi Tidur

Saat terserang panas atau demam, sebaiknya bayi dibiarkan beristirahat untuk memulihkan energinya. Cara mengobati panas pada bayi selanjutnya adalah dengan membiarkan bayi tidur dengan tenang tanpa ada gangguan yang akhirnya justru membuat bayi menangis dan bergerak secara berlebihan. Gerakan berlebihan pada bayi dapat membuat kondisinya semakin buruk.

Pijat Tubuh Bayi

Selain dengan tidur, pijatan juga dapat merilekskan tubuh bayi dan melancarkan peredaran darahnya, sehingga dapat mengurangi demam atau panas. Berikan pijatan ringan saja agar tidak melukai tubuh bayi yang masih rapuh. Pijatan juga cukup diberikan secara biasa, tidak perlu menggunakan teknik khusus yang justru dapat berbahaya bagi bayi.

Demikianlah ulasan di atas telah menjelaskan beberapa cara mengobati panas pada bayi yang dapat dicoba sebagai penanganan pertama oleh orang tua di rumah. Namun, meskipun cara di atas telah berhasil mengembalikan tubuh bayi ke kondisi suhu normal, orang tua hendaknya tetap melakukan pemeriksaan lanjutan di rumah sakit setelahnya.

Baca Juga:  Mengatasi Masuk Angin pada Bayi, Begini Caranya
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *