Cara Pakai Tamanu Oil

Cara Pakai Tamanu Oil – Tamanu oil merupakan minyak yang diekstrak dari biji kacang tamanu atau Laurelwood dengan berbagai kegunaan. Tekstur minyak tersebut cenderung kental dengan aroma kacang yang khas. Untuk mengaplikasikannya, pembaca perlu memahami cara pakai tamanu oil untuk berbagai kebutuhan kulit dan wajah.

Tamanu oil juga termasuk salah satu perawatan yang cukup populer digunakan oleh masyarakat Asia Tenggara. Bila digunakan rutin, tamanu berguna untuk perawatan kulit hingga pengobatan. Berikut panduan cara menggunakan tamanu oil untuk berbagai keperluan yang dapat disimak:

Tamanu Oil Sebagai Masker

Kandungan antibakteri yang terdapat pada tamanu oil mempunyai kemampuan untuk menyembuhkan luka dengan efektif. Termasuk luka yang disebabkan oleh jerawat. Oleh sebab itu, tamanu oil bisa diaplikasikan sebagai campuran masker wajah alami dengan panduan cara sebagai berikut:

  • Siapkan gel lidah buaya atau madu sebagai campuran masker.
  • Masukkan beberapa tetes tamanu oil pada bahan masker.
  • Aduk hingga masker tercampur rata.
  • Aplikasikan pada wajah dan diamkan masker beberapa menit.
  • Setelah kering, bila area wajah menggunakan air bersih.

Tamanu Oil Sebagai Perawatan Noda Wajah

Tidak hanya mengobati jerawat, minyak tamanu juga bekerja dengan efektif untuk menyamarkan noda pada wajah. Caranya yaitu dengan meneteskan sedikit minyak pada kapas, lalu aplikasikan pada area wajah. Usapkan secara halus untuk menghindari adanya iritasi pada kulit.

Apabila khawatir akan reaksi tamanu oil pada wajah, silahkan teteskan sedikit minyak pada lengan. Tingkatkan penggunaan apabila dirasa tidak terjadi masalah. Penggunaan tamanu oil memang tidak ada anjuran dosis yang pasti, sehingga harus disesuaikan dengan kondisi kulit yang ingin dirawat.

Tamanu Oil Sebagai Pelembab

Bila saat ini sedang mencari referensi pelembab yang aman, ada baiknya mencoba tamanu oil. Cara pemakaiannya pun cukup mudah dan bisa digunakan untuk sehari-hari. Sebagai moisturizer, teteskan beberapa tamanu oil pada krim pelembab dan aplikasikan kombinasi tersebut ke wajah dengan rata.

Sebagai Perawatan Luka

Siapa sangka bila tamanu oil juga mempunyai sifat antibakteri, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai perawatan luka. Misalnya luka yang disebabkan oleh terbakar, lecet, atau goresan. Cara pemakaiannya cukup oleskan minyak tamanu pada bekas luka untuk mempercepat penyembuhan.

Namun, poin yang harus diperhatikan yaitu tamanu oil hanya untuk pemakaian luka luar. Pengaplikasiannya bisa dilakukan bersamaan dengan krim atau minyak esensial perawatan kulit. Minyak tamanu tidak dianjurkan untuk penggunaan luka berat.

Perawatan Rambut

Tamanu oil juga efektif untuk merawat kesehatan rambut, sehingga tidak mudah rontok dan berketombe. Seperti diketahui, rambut yang sehat merupakan harapan setiap orang. Adapun cara pakai tamanu oil untuk rambut dapat dicoba dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Sisir area rambut yang akan dioles tamanu oil, supaya minyak terserap dengan baik.
  • Jika mempunyai kulit kepala sensitif, mulailah dengan melakukan pengujian pada sedikit area kulit.
  • Tunggu reaksinya selama 1 hari.
  • Apabila tidak terjadi reaksi alergi, silahkan aplikasikan 5-10 tetes tamanu oil pada kulit kepala.
  • Sebaiknya lakukan tahapan ini sebelum keramas.
  • Pijat rambut yang sudah ditetesi minyak tamanu, sambil sesekali di sisir.
  • Diamkan selama 15 menit sampai minyak menyerap sempurna pada kulit kepala.
  • Aplikasikan tamanu oil 1-2 kali dalam satu pekan.
  • Setelah selesai, bilas rambut dengan air bersih.
Baca Juga:  Cara Menyembuhkan Sakit Leher Sebelah Kiri Yang Mudah Dilakukan

Sebagai Obat Gigitan Serangga

Tamanu oil juga dapat dimanfaatkan sebagai obat kulit karena gigitan serangga. Tidak jarang gigitan serangga membuat kulit menjadi gatal, bentol, dan merah. Mengaplikasikan tamanu oil pada kulit akan meminimalkan rasa kurang nyaman dari gigitan serangga tersebut.

Dalam tamanu oil mengandung zat anti radang yang bisa mengurangi gatal karena gigitan ulat, nyamuk, dan serangga lainnya. Adapun cara pakai tamanu oil yaitu bersihkan area kulit yang terasa gatal, sehingga minyak dapat menyerap dengan baik. Lalu, oleskan tamanu oil dengan lembut.

Gunakan tamanu oil 2 kali sehari, saat pagi dan menjelang sore menggunakan kapas atau langsung diteteskan pada kulit. Sesekali pijat bagian yang sudah terkena gigitan serangga agar dapat memudarkan rasa gatal dan warna merah pada kulit.

Itulah pembahasan tentang cara pakai tamanu oil pada berbagai kondisi yang dapat dijadikan panduan. Apabila memiliki riwayat alergi kacang-kacangan, sebaiknya hindari penggunaan tamanu oil. Tanpa penggunaan yang tepat, minyak tamanu juga bisa memicu reaksi alergi bagi sebagian orang.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *