Begini Cara Menguatkan Sinyal Wifi Di HP Agar Internet Semakin Lancar

Begini Cara Menguatkan Sinyal Wifi Di HP Agar Internet Semakin Lancar

Cara Menguatkan Sinyal Wifi

Cara Menguatkan Sinyal Wifi  – Saat ini, internet termasuk salah satu kebutuhan pokok bagi masyarakat. Sebab, internet dapat menunjang segala aktivitas seperti mencari berbagai informasi. Tentu, masyarakat memilih WiFi untuk mengakses internet karena dapat diakses tanpa batas kuota. Namun, terkadang WiFi mengalami kecepatan menurun. Untuk itu, pengguna harus mengetahui cara menguatkan sinyal WiFi di Hp.

Beberapa cara bisa dilakukan secara mudah oleh pengguna pemula sekalipun. Kini tanpa meminta bantuan jasa professional, pemilik WiFi bisa melakukannya sendiri melalui dua cara. Berikut beberapa diantaranya, yaitu:

Cara Menguatkan Sinyal WiFi di Hp Tanpa Menggunakan Aplikasi

Pada dasarnya, mengakses internet memakai jaringan WiFi memang mempunyai sejuta keunggulan, salah satunya koneksi internet lebih cepat dan stabil. Meskipun demikian, tidak bisa dipungkiri bahwa jaringan WiFi juga akan mengalami penurunan kecepatan. Maka dari itu, pengguna mesti menguatkan sinyal WiFi agar internet tetap lancar. Untuk tata caranya sebagai berikut:

Mengganti Frekuensi WiFi

Cara pertama yang bisa diterapkan jika jaringan WiFi mengalami penurunan adalah mengganti frekuensi WiFi. Jika ingin mengganti frekuensi WiFi maka disarankan untuk mengubahnya menjadi frekuensi 5 GHz. Sebab, frekuensi tersebut termasuk frekuensi yang lebih tinggi dan mempunyai banyak ruang kosong pada spektrum. Berikut ini tata cara mengganti frekuensi WiFi menjadi GHz.

  • Pertama, masuk ke menu setting di perangkat Android.
  • Kemudian, pilih WiFi.
  • Jika tampilan WiFi sudah muncul, silahkan pilih advanced settings.
  • Selanjutnya, pilih WiFi Frequency Band dan klik frekuensi 5 GHz only.

Mengubah Pengaturan Dasar

Apabila cara sebelumnya gagal untuk meningkatkan jaringan WiFi, maka langkah selanjutnya yang bisa diaplikasikan adalah mengubah pengaturan dasar. Bagaimana tidak, dengan mengubah pengaturan dasar pada perangkat smartphone tentu akan mempengaruhi koneksi WiFi serta daya baterai. Maka, cara ini sangat penting untuk dijalankan. Untuk tata caranya sebagai berikut:

  • Pertama, masuk ke menu pengaturan perangkat Android.
  • Apabila menu Settings sudah muncul, maka akan ditampilkan beragam menu pastikan memilih menu WiFi.
  • Setelah itu, pilih advanced settings.
  • Selanjutnya, lakukan pemeriksaan pada avoid poor connection kemudian berikan tanda centang.
  • Lalu, smartphone akan mencari koneksi WiFi yang sudah tersedia secara otomatis.
Baca Juga:  Ternyata Ini, Cara Agar Jambu Air Cepat Berbuah, Bisa Cepat Panen

Upgrade Firmware Perangkat Smartphone

Cara selanjutnya yang bisa dijalankan untuk meningkatkan sinyal WiFi adalah mengupgrade firmware perangkat smartphone. Dengan mengupdate firmware smartphone tentu akan memperbaharui radio smartphone secara manual. Dimana radio berfungsi sebagai alat penguat sinyal WiFi smartphone. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, buka menu Settings pada perangkat smartphone.
  • Setelah itu, pilih menu about phone system.
  • Kemudian, lakukan pembaruan perangkat lunak.

Cara Menguatkan Sinyal WiFi di Hp Menggunakan Aplikasi

Pada dasarnya, menguatkan sinyal WiFi di Hp cenderung mudah untuk diterapkan. Apalagi di era saat ini, teknologi telah dilengkapi dengan beragam aplikasi canggih, salah satunya aplikasi penguat sinyal WiFi. Untuk menguatkan sinyal menggunakan aplikasi berikut ini tata caranya:

Menggunakan Aplikasi Booster dan Analyzer

Salah satu software yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan jaringan WiFi adalah Booster dan Analyzer. Aplikasi ini sangat mudah untuk ditemukan, pasalnya sudah tersedia di layanan Google Play Store. Tentu, aplikasi tersebut menyediakan beragam fitur yang bisa pengguna coba, salah satunya tombol Boost. Dimana fitur berfungsi untuk memperoleh koneksi yang lebih cepat.

Menggunakan Aplikasi WiFi Manager

Aplikasi selanjutnya yang bisa dimanfaatkan untuk menguatkan sinyal WiFi adalah WiFi Manager. Aplikasi ini juga telah tersedia di Playstore dan hanya membutuhkan memori device yang rendah sehingga tidak akan menguras penyimpanan. Meskipun memiliki penyimpanan sedikit, namun fitur yang disediakan pun cukup lengkap yang bisa membuat koneksi WiFi lebih cepat.

Itulah beberapa cara menguatkan sinyal WiFi di Hp yang dapat pengguna terapkan. Jadi pengguna tidak perlu khawatir lagi jika sinyal WiFi smartphone lambat. Sebab, ada berbagai cara yang bisa dijalankan agar jaringan tetap lancar.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *