Jenis Dan Besaran Bunga Deposito Tertinggi 2022 Yang Bisa Jadi Investasi

Jenis Dan Besaran Bunga Deposito Tertinggi 2022 Yang Bisa Jadi Investasi

Jenis Dan Besaran Bunga Deposito Tertinggi

Jenis Dan Besaran Bunga Deposito Tertinggi – Deposito banyak dimanfaatkan sebagai instrumen investasi karena telah terbukti bisa mendatangkan pendapatan pasif. Tak sedikit nasabah yang mulai tertarik dan mencari-cari informasi bunga deposito tertinggi 2022.

Banyak yang mempercayai deposito sebagai salah satu cara yang bisa nasabah pilih untuk opsi penyimpanan uang. Bedanya dari penyimpanan uang pada umumnya, dalam deposito nasabah memberikan kuasa kepada bank untuk menggunakan uangnya yang disimpan tersebut.

Sekilas tentang Jenis Deposito

Dari deposito, nantinya nasabah akan memperoleh keuntungan dalam bentuk bunga dalam periode waktu tertentu. Besarnya bunga yang nantinya akan diterima nasabah pun akan sebanding dengan besarnya dana yang disimpan dalam deposito. Total, terdapat tiga tipe deposito, yaitu:

  • Deposito berjangka, yaitu deposito yang memiliki jangka waktu tertentu. Lamanya waktu deposito akan turut berpengaruh pula pada besaran bunga yang akan didapatkan oleh nasabah.
  • Sertifikat deposito, yakni deposito yang berbentuk sertifikat dan bisa diperjualbelikan. Artinya, deposito ini dapat dipindahtangankan dan tidak harus diklaim oleh nasabah yang membuat deposito dulu.
  • Deposit on call adalah kebalikan dari sertifikat deposito. Jenis deposito ini tidak boleh diperjualbelikan atau dipindahtangankan. Jadi harus nama yang tertera pada deposito yang bisa melakukan klaim. Jangka waktu deposito jenis ini pun tergolong pendek, hanya 7-30 hari saja.

Selain dari jenisnya, bunga deposito tertinggi 2022 juga bergantung pada di mana nasabah membuka simpanan deposito. Ada bank-bank tertentu yang terkenal menawarkan bunga deposito yang tinggi.

Besaran Bunga Deposito Berdasarkan Jangka Waktunya

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, besaran bunga deposito akan tergantung pada jangka waktu yang diambil. Artinya, bank hanya akan memutar uang milik nasabah selama jangka waktu yang telah disepakati sebelumnya. Begitu jangka waktu habis, uang nasabah akan dikembalikan ke rekening beserta bunga yang telah disepakati. Adapun besaran bunga deposito berdasarkan masing-masing jangka waktunya antara lain:

Baca Juga:  Inilah 7 Cara Mengecek Kecepatan Wifi IndiHome Tanpa Ribet

Bunga Deposito Jangka Waktu 1 Bulan

Pada jangka waktu deposito ini, nasabah sudah bisa sewaktu-waktu mengambil uang yang didepositokan tepat 1 bulan setelah pembukaan rekening. Meskipun waktunya tergolong pendek, namun Bank DBS berani menawarkan bunga hingga 6% dari nilai yang didepositokan.

Bunga Deposito Jangka Waktu 3 Bulan

Jika 1 bulan dirasa terlalu singkat, namun masih enggan memilih jangka waktu yang terlalu lama, maka coba pilih deposito dengan jangka waktu 3 bulan. Waktu 3 bulan masih tergolong cepat untuk dinanti, tapi tidak terlalu cepat. Bank Victoria menawarkan besaran bunga hingga 7% untuk kurun waktu deposito ini.

Bunga Deposito Jangka Waktu 6 Bulan

Waktu 3 bulan masih tergolong singkat, dan ingin mencoba yang sedikit lebih lama. Masih ada Bank DBS yang menawarkan bunga 6% untuk deposito berjangka waktu 6 bulan. Jadi, nasabah hanya akan bisa mengambil uang simpanannya beserta bunga yang diperoleh tepat 6 bulan setelah pembukaan rekening deposito.

Bunga Deposito Jangka Waktu 12 Bulan

Kurang puas dengan nilai bunga yang ditawarkan, maka masih ada deposito yang jauh lebih lama, yakni hingga 1 tahun atau 12 bulan lamanya. Bank MNC berani menjanjikan bunga deposito hingga 8% besarnya bagi nasabah yang berminat untuk memilih jenis deposito dengan jangka waktu ini.

Itulah pilihan bunga deposito tertinggi 2022 menurut kurun waktu dari beberapa bank yang beroperasi di Indonesia. Semua deposito tertinggi yang ditawarkan adalah berasal dari bank swasta. Untuk bank BUMN sendiri ada BNI yang memberikan penawaran bunga deposito cukup besar, yakni sekitar 4,5-5,5% untuk masing-masing jangka waktu di atas.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *