Cara Merubah Odometer Digital Mobil Agar Angkanya Turun

Cara Merubah Odometer Digital Mobil Agar Angkanya Turun

Cara Merubah Odometer Digital Mobil – Cara merubah odometer digital mobil umumnya digunakan untuk memundurkan angka hitungan kilometer. Tugas odometer yaitu menampilkan jarak yang ditempuh mobil sejak awal digunakan menggunakan satuan kilometer. Letak odometer ada di depan, berdekatan dengan speedometer. Dengan odometer, pengendara dapat mengetahui jarak yang telah ditempuhnya.

Tidak hanya itu, odometer juga berfungsi menjadi pengingat apabila sudah waktunya melakukan servis mesin mobil. Kendati demikian, beberapa orang perlu melakukan reset untuk mengganti angka di odometer. Apakah hal tersebut memungkinkan? Simak penjelasannya di sini:

Jenis-jenis Odometer

Odometer turut berperan dalam menentukan harga dari mobil yang dijual. Sebelum mencari tahu tentang cara untuk merubahnya, ada baiknya mencari tahu terlebih dahulu apa saja jenis-jenis dari odometer. Terdapat dua jenis, yakni mekanik dan elektronik. Berikut ini penjelasannya:

Odometer Mekanik

Jenis yang pertama adalah mekanik (disebut juga analog. Odometer ini dibekali sifat rewindable yang berarti jaraknya dihitung sesuai dengan pengaruh gigi serta gir. Sesuai namanya, gerakan yang dilakukan bersifat mekanis dan dibuat dari bahan logam. Odometer mekanik berputar sesuai pertambahan jarak tempuh selama berkendara.

Odometer Elektronik

Berikutnya ada tipe elektronik (disebut juga digital) yang menggunakan sistem lebih canggih berbasis komputerisasi. Cara kerjanya yakni dengan menghitung tegangan di mobil. Kemudian, hasil hitungan inilah yang menjadi jarak tempuh dari sebuah mobil.

Ada magnet khusus yang menempel di frame roda sehingga kinerja odometer lebih optimal. Fungsi magnet ini yaitu menunjukkan sinyal jarak tempuh ketika roda berputar. Sehingga perhitungannya disesuaikan dengan perputaran roda mobil.

Cara Merubah Odometer Digital Mobil

Sebelumnya dijelaskan dua jenis odometer yang memiliki karakteristiknya masing-masing. Namun, sebagian masyarakat ingin mengganti angka odometer ini untuk alasan tertentu. Saat ini banyak mobil yang menggunakan odometer tipe digital. Berikut penjelasan mengenai cara untuk mengubah odometer digital:

Baca Juga:  Inilah Cara Pasang Lampu Motor Langsung Dari Kiprok Tanpa Aki Beserta Kelebihanya!

Membeli Software untuk Reset Odometer

Gunakan software khusus untuk mengubah angka yang tertera di odometer. Cara ini paling banyak digunakan, sebab menggunakan alat yang memanipulasi pergerakan angka pada jarak tempuh. Bentuk alatnya cukup kecil, menyerupai mesin EDC yang biasa digunakan untuk kartu ATM.

Software ini semakin banyak dan mudah ditemukan di toko offline maupun online. Harganya cukup mahal, yakni 6 sampai 8 juta menyesuaikan dengan kualitas dari software tersebut. Contohnya OBD Odometer Obstar seharga 6 juta, atau Xtool X100 yang harganya berkisar di angka 8 juta.

Menghubungkan Alat ke Mobil

Hubungkan alat/software yang telah dibeli ke mobil. Cara merubah odometer digital mobil ini dapat dilakukan dengan menghubungkan odometer memakai kabel yang disediakan pada software ketika membelinya.

Setelah berhasil terpasang dengan baik, nyalakan mobil serta scanner yang berfungsi mengubah angka pada jarak tempuhnya. Apabila berfungsi normal, alat ini akan mengeluarkan tanda berwarna hijau. Artinya, alat tersebut sudah siap untuk digunakan.

Mengganti Angka di Odometer

Lakukan perubahan angka setelah alatnya telah benar-benar menyala. Ganti angka di odometer sesuai kebutuhan. Caranya dengan memilih opsi “Mileage adjustment” kemudian ketuk “Ok”. Dengan perintah ini, alat akan berlanjut ke menu berikutnya yaitu memilih jenis mobil apa yang digunakan.

Pastikan software mampu mendukung (support) mobil tersebut. Lanjutkan dengan klik di ukuran kilometernya, kemudian ketik jarak tempuhnya. Simpan datanya, maka perubahan sudah berhasil dilakukan. Setelah memastikan angkanya sudah berubah, software ini bisa langsung dilepas dengan hati-hati.

Itulah informasi tentang cara merubah odometer digital mobil sehingga angkanya dapat dimundurkan. Caranya adalah memakai software khusus yang bisa langsung diterapkan ke odometer. Namun, apabila dirasa terlalu sulit maka bisa menghubungi bengkel yang menyediakan jasa untuk mengubah odometer.

Baca Juga:  Syarat Hingga Pengajuan Kredit Tanpa Agunan Bank Sinarmas Yang Perlu Diketahui

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *