Internet Relay Chat Adalah_ Cek Informasinya Disini!

Internet Relay Chat Adalah_ Cek Informasinya Disini!

Internet Relay Chat

Internet Relay Chat – Chatting merupakan aktivitas yang biasa dilakukan oleh para pengguna internet. Melakukan komunikasi atau chatting di internet membutuhkan Internet Relay Chat atau biasa disebut IRC. Internet Relay Chat adalah program atau layanan yang disediakan untuk chatting.

Internet Relay Chat merupakan istilah yang cukup familiar di telinga orang-orang. Bagi yang belum memahami tentang pengertian, cara kerja, dan fungsi Internet Relay Chat (IRC) dapat menyimak informasi berikut ini.

Pengertian Internet Relay Chat atau IRC

Internet Relay Chat merupakan sebuah bentuk komunikasi instan yang dibuat dan dipakai untuk kegiatan komunikasi interpersonal. Khususnya untuk komunikasi kelompok atau umumnya disebut saluran atau channel. Selain itu, IRC juga bisa dipakai untuk komunikasi pribadi.

Internet Relay Chat adalah suatu protokol yang memungkinkan pengguna untuk join dalam saluran (channel) secara individu. Selain itu, IRC juga memungkinkan pengguna untuk melakukan chatting bersama seluruh saluran (channel).

Internet Relay Chat berjalan dengan memakai client-server, artinya setiap pesan yang terkirim dari client ditampung lebih dulu oleh server. Umumnya beberapa server yang sederhana hanya membutuhkan satu server untuk melayani beberapa client.

Dengan tampilan yang simple, banyak pengguna baru yang terkendala dalam memakai Internet Relay Chat. Hal ini dikarenakan IRC mempunyai berbagai macam pilihan server dan opsi perintah yang membuat sebagian pemula menjadi kebingungan.

Cara Kerja Internet Relay Chat atau IRC

Internet Relay Chat memakai sistem client-server untuk melakukan komunikasi. Maksudnya yaitu bagi pengguna yang ingin memakai fasilitas dari IRC harus mempunyai akses internet dan harus memasang sebuah perangkat lunak tertentu.

Setelah memasang perangkat lunak tersebut, berikutnya pengguna bisa bergabung ke dalam room chat yang telah disediakan ataupun membuat room chat sendiri. Room chat ini umumnya disebut sebagai saluran (channel).

Baca Juga:  Bagaimana Cara Membuka Chat WhatsApp Yang Terkunci_Simak Jawabanya!

Pengguna dapat masuk atau bergabung dengan bebas bersama saluran (channel) yang diinginkan. Tetapi ada juga channel yang hanya menerima pengguna sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Saluran (channel) seperti itu biasanya dikhususkan untuk golongan tertentu.

Kegunaan dan Contoh Aplikasi dari IRC

IRC memiliki kegunaan utama yaitu untuk mempermudah melakukan kegiatan komunikasi dengan orang lain ataupun grup tertentu. Selain berguna untuk mengirimkan pesan, inilah kegunaan dari Internet Relay Chat (IRC):

  • IRC dapat dipakai untuk kegiatan transfer data yang tersimpan.
  • Mencatat kejadian pada saluran (channel).
  • Internet Relay Chat (IRC) mampu membuat statistik.
  • Memberikan informasi-informasi yang dibutuhkan oleh pengguna.
  • Dan lain-lain.

Setelah mengetahui kegunaan dari Internet Relay Chat atau IRC, mari simak bersama aplikasi apa saja yang termasuk dalam layanan Internet Relay Chat ini, yaitu sebagai berikut:

  • WhatsApp. Aplikasi yang satu ini menjadi aplikasi IRC yang populer dan banyak digunakan. Selain mengirim pesan, WhatsApp juga dapat mengirim gambar dan dokumen.
  • Yahoo Messenger. Aplikasi ini juga menjadi aplikasi yang turut mengembangkan teknologi Internet Relay Chat (IRC).
  • Google Talk. Sebuah layanan aplikasi yang berbasis website. Dibuat oleh perusahaan Google untuk sarana berkomunikasi melalui pesan secara instan. Google Talk juga merupakan salah satu aplikasi Internet Relay Chat (IRC).
  • Line IM. Aplikasi tersebut juga merupakan aplikasi Internet Relay Chat (IRC) yang digunakan untuk mengirim pesan secara instan.
  • mIRC. Perangkat lunak (software) berbayar dari Internet Relay Chat (IRC) yang dapat dioperasikan oleh perangkat bersistem operasi Windows.

Itulah penjelasan mengenai pengertian, cara kerja, serta kegunaan Internet Relay Chat atau yang biasa disebut IRC. Internet Relay Chat adalah sebuah layanan komunikasi atau chat yang dikirim secara instan. Semoga penjelasan di atas dapat menjawab pertanyaan.

Baca Juga:  Ini Syarat Pinjaman Bank OCBC NISP, Bisa Ajukan Online!

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *