iso 17025

ISO 17025 adalah mandatory yang biasa di terapkan oleh instansi atau organisasi atau lembaga penilaian kesesuaian. Perkembangan ISO sendiri memiliki banyak versi yang dikembangkan untuk membuat suatu standar di berbagai aspek seperti manajemen lingkungan, keselamatan, keamanan.

Pada topik ulasan kali ini, kami ingin membagikan suatu topik penting dalam meningkatkan kompetensi di bidang laboratorium pengujian dan atau kalibrasi. Pada beberapa negara besar, ISO 17025 merupakan suatu standar teknis untuk menjamin kompetensi secara teknis.

Beberapa bulan terakhir juga dinyatakan, terdapat pihak yang berwenang atau pemasok tidak menerima hasil pengujian atau kalibrasi dari laboratorium yang belum terakreditasi ISO/IEC 17025.

Sejarah ISO/IEC 17025

Sebelum kita masuk terlalu dalam, saya ingin menjelaskan sejarah munculnya ISO 17025, Pada tahun 1999 lembaga Internasional (ISO) merevisi ISO/IEC Guide 25 : 1990 menjadi ISO/IEC 17025 : 1999. Lahirnya merupakan hasil kolaborasi dari hasil penerapan ISO/IEC Guide 25 : 1990 dan EN 45001 : 1989. Kemudian hasil pertimbangan revisi ISO Seri 9000 : 1987 menjadi ISO Seri 9000 : 1994.

Di Indonesia sendiri, organisasi yang berwenang untuk memberikan pengakuan penerapan sistem manajemen mutu laboratorium ini adalah Komite Akreditasi Nasional (KAN). Oleh sebab itu, bagi laboratorium yang ingin mendapatkan sertifikat akreditasinya, bisa mendaftarkan langsung ke KAN di Jakarta.

Keuntungan Organisasi Menerapkan ISO 17025

Penerapan SMM Laboratorium ini, sebenarnya memiliki dampak positif yang cukup besar, karena sangat banyak manfaat dan keuntungan yang akan diperoleh, diantaranya adalah:

  • Menyelaraskan dan menyatukan sumua sistem yang ada dilaboratorium, baik itu sistem teknis, manajemen dan bisnis.
  • Meningkatkan citra, atau nilai jual suatu lembaga karena telah mendapatkan pengakuan formal dari KAN sebagai Lab yang terakreditasi.
  • Meningkatkan kompetensi, kualitas dan keharmonisan dalam konsistensi penerapan SMM Lab ini.
  • Apabila Lab telah terakreditasi, tentunya mendapatkan pengakuan terhadap data hasil pengujian, baik dari dalam maupun luar negeri.
  • Mengeliminasi bahkan menghilangkan pengujian ganda serta dapat mengurangi limbah yang dihasilkan dari proses pengujian.
  • Mempermudah membukan jalan bisnis atau kerjasama antar laboratorium atau instansi bidang lainnya karena telah resmi mendapatkan pengakuan sebagai lab profesional yang mendapatkan sertifikat ISO 17025
Baca Juga:  5 Tips Menjalankan Kuliah Sambil Kerja Agar Lancar Dan Sukses

Isi Klausul Dalam ISO/IEC 17025 versi Terbaru (2017)

Setelah teman-teman membaca sejarah dan keuntungan apabila menerapkan sistem manajemen mutu ini, maka sudah saatnya kami memberikan informasi mengenai isi dari ISO 17025 versi terbaru yakni versi 2017.

Baiklah, di dalam iso 17025 versi 2017 sendiri terbagi kedalam 5 klausul penting yang harus diterapkan secara konsisten dan personel serta manajemen pun juga harus memiliki komitmen dalam menerapkan klausul yang di tetapkan.

5 klausul utama tersebut adalah persyaratan umum, struktural, sumber daya, proses dan sistem manajemen. Ok lebih detailnya, mari kita simak poin poin nya.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *