Jarak Tanaman Durian Montong – Jarak tanaman durian montong dengan durian montong lainnya memiliki jarak yang tidak terlalu jauh. Membudidayakan durian montong ini cukup mudah dilakukan dengan biaya perawatan yang tidak terlalu mahal dengan peminatnya yang banyak.

Durian montong yang pada awalnya berasal dari Thailand ini, memiliki buah berwarna kuning dan daging durian yang tebal. Rasa durian montong ini sangat manis dengan tekstur buah yang halus dan aroma durian yang sedang.

Sedangkan kulit durian memiliki duri berbentuk kerucut berukuran agak kecil dan rapat antara satu duri dengan duri lainnya. Untuk kulitnya berwarna hijau kekuningan, berat rata rata durian ini antara 3 hingga 5 kg per buahnya.

Pengaturan Jarak Tanaman Durian Montong dan Proses Pemanenan

Pembudidayaan buah durian montong cukup mudah, penanamannya bida dengan jarak 7 x 7 m² antar pohon durian dengan pohon durian lainnya. Dalam satu hektar luas tanah, para petani dapat menanam pohon durian montong sebanyak 150 pohon.

Pemanenan durian montong setiap pohonnya bisa menghasilkan buah durian sebanyak 100 kilogram dengan berat buah rata rata 5 kg. Waktu pemanenan setiap pohon durian ini hanya bisa dilakukan dalam sekali setiap tahunnya.

Masa panen durian montong ini biasanya terjadi pada bulan november hingga desember setiap tahunnya. Pemanenan ini bisa dilakukan serentak bila telah terlihat kematangan dari durian, cukup potong tali pengikat dan durian sudah terpetik.

Sistem Tumpang Sari Untuk Memaksimalkan Lahan Kebun Durian Montong

Untuk memaksimalkan produktivitas lahan kebun durian montong ini, bisa dimanfaatkan dengan sistem tumpang sari. Di sela jarak tanaman durian montong bisa ditanami dengan tanaman sayuran maupun jambu kristal.

Namun perlu diperhatikan, jangan ditanami tanaman keras seperti singkong, sengong ataupun singkong, yang akan mengakibatkan bibit durian rusak. Dengan sistem tumpang siri bisa menghasilkan penghasilan tambahan sampai durian montong siap dipanen lagi tahun berikutnya.

Baca Juga:  Mendaftar Kartu Kredit BTN - Panduan Lengkap dan Praktis

Perawatan Yang Dibutuhkan Untuk Budidaya Durian Montong

Untuk mendapatkan pohon durian yang tumbuh bagus dan subur perlu dilakukan pemupukan untuk merangsang tumbuhnya bunga. Pemupukan pohon durian montong ini dapat dilakukan sebanyak 1 kali setiap tahunnya dengan menggunakan pupuk organik dan pupuk anorganik.

Selain pemberian pupuk, petani durian montong juga harus melakukan pemangkasan tunas sekunder agar cahaya matahari dapat masuk. Modal yang dibutuhkan untuk perawatan pohon durian berkisar 200 ribu hingga 500 ribu per pohon dalam satu tahun.

Unsur Yang Perlu Diperhatikan Dalam Budidaya Durian Montong

Untuk memperoleh kualitas tanaman durian yang sempurna perlu diperhatikan unsur unsur dalam budidaya durian montong ini. Unsur ini akan menentukan durian tumbuh dengan subur dan lebat buahnya, berikut unsurnya.

  • Derajat keasaman pada tanah harus di angka 6 hingga 6,5, tanah yang gembur akan membuat akar pohon menancap dengan kuat ke dalam.
  • Untuk menghasilkan durian yang manis permukaan air tanah harus diatas 150 cm, permukaan air tanah rendah membuat buah tidak terasa manis.
  • Ikat buah durian pada dahannya saat berumur 1 bulan, ini akan membuat durian tidak jatuh ketika angin menerpa.

Pengaturan jarak tanaman durian montong serta perawatan yang bagus dan tepat akan menghasilkan durian montong yang berkualitas. Dengan rasanya yang manis diliputi daging durian yang tebal serta aromanya yang menggoda membuat durian montong banyak diminati.

Berbudidaya durian montong memiliki peluang besar untuk dikembangkan, keuntungan usaha ini sangat menggiurkan dengan peminatnya dari berbagai kalangan. Dengan sistem tumpang sari dapatkan keuntungan berlipat dengan tanaman yang tumbuh subur di antara pohon durian montong.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *