Jenis Roster Lubang Angin Untuk Dinding Rumah Minimalis

Jenis Roster Lubang Angin Untuk Dinding Rumah Minimalis

Jenis Roster Lubang Angin

Jenis Roster Lubang Angin – Inovasi desain rumah telah meliputi banyak komponen, salah satunya pada beberapa jenis roster lubang angin yang mengalami perubahan fungsi awal. Jika awalnya roster banyak digunakan sebagai ventilasi pertukaran udara saja, kini dapat digunakan sebagai ornamen pemanis pada dinding atau pagar.

Perubahan fungsi ini terinspirasi dari bentuk roster yang unik dan memiliki motif yang beragam, sehingga menambah nilai estetika rumah penggunanya. Penggunaan roster menjadi dinding tentu membutuhkan kreatifitas dan konsep rumah yang juga perlu disesuaikan dengan jenis materialnya seperti berikut ini:

Roster Batako

Material pembuat roster ini berasal dari batako dengan ciri fisik berwarna abu-abu seperti warna semen dan terlihat sederhana dalam tampilannya. Harga yang ditawarkan roster jenis ini sangat terjangkau jika dibandingkan dengan roster jenis lainnya karena material pembuatnya sangat mudah ditemukan.

Meski terlihat sederhana, roster ini banyak digunakan pada desain rumah industrial atau urban yang memberi kesan unfinished dengan warna tampilannya. Penggunaanya lebih banyak diaplikasikan di luar rumah karena sifat bahannya yang relatif tahan lama dan tidak membutuhkan maintenance yang sering.

Roster Tanah Liat

Jenis roster lubang angin berikutnya adalah roster dengan tanah liat, sesuai materialnya roster ini akan menghasilkan warna coklat nan eksotis. Penggunaannya sering diletakkan pada pintu depan rumah atau sebagai bagian interior di dalam ruangan karena warnanya soft dan mudah dikombinasikan.

Pemilihan sebagai interior ruangan dikarenakan kekurangan roster jenis ini adalah warnanya yang mudah memudar karena tidak dapat dilapisi dengan cat. Selain itu jika diletakkan di luar rumah, roster jenis ini akan lebih mudah rapuh ketika terpapar sinar matahari terus menerus.

Baca Juga:  6 Rekomendasi Jenis Keramik Teras Rumah Minimalis Yang Paling Best Seller

Roster Kayu

Berikutnya ada roster yang terbuat dari material kayu dan banyak digunakan sebagai partisi di dalam rumah dengan gaya desain modern. Kesan hangat dan alami dari warna kayu memberikan kenyamanan tersendiri di dalam rumah dan memberi kesan apik bagi interior pendukungnya.

Motif yang dihasilkan lebih beragam karena kemudahan pengukiran kayu sesuai keinginan, sehingga hasilnya pun lebih kompleks dibandingkan roster jenis lain. Pemilihan roster jenis ini harus detil dalam perawatannya sebagai antisipasi kemungkinan adanya serangan rayap dalam perjalanannya beberapa waktu ke depan.

Roster Keramik

Roster selanjutnya terbuat dari keramik dengan karakteristik permukaan lebih mengkilat dan kesan yang lebih elegan saat dipasangkan pada interior rumah. Pilihan warna roster tidak selalu abu-abu, coklat atau putih, maka roster jenis ini lebih cocok untuk desain interior yang dinamis.

Penggunaannya lebih banyak pada dinding bagian dalam rumah atau pinggir taman di belakang rumah sebagai aksen tambahan dekorasi mempercantik tampilan. Namun, roster ini memiliki harga lebih mahal dikarenakan proses pembuatan yang lebih sulit dan lebih rentan pecah ketika mengalami benturan.

Roster Beton

Beton menjadi material berikutnya yang dapat digunakan untuk membuat roster, bentuknya seperti batu bata yang tengahnya dilubangi sesuai motif tertentu. Motif yang terbentuk berguna untuk menghalau terik matahari sekaligus menyalurkan angin yang masuk ke ruangan rumah agar tidak terasa pengap.

Roster ini dapat digunakan sebagai pagar pada interior maupun di luar rumah, karena karakteristiknya yang tahan terhadap gempuran panas matahari. Warnanya berkisar di warna netral namun lebih bervariasi pun seperti putih, abu-abu atau krem yang mengesankan ruangan luas dan juga bersih.

Demikian jenis roster lubang angin yang dapat digunakan selain sebagai pengatur sirkulasi udara juga sebagai pagar atau partisi ruangan rumah. Berbagai jenisnya memiliki kelebihan dan kekurangan yang menghasilkan efek seni yang berbeda pula, maka diperlukan kebijakan memilih sesuai konsep rumah.

Baca Juga:  Tips Memilih Sofa Untuk Ruang Tamu Kecil Rumah Minimalis

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *