Keuntungan Membeli Obligasi Pemerintah

Keuntungan Membeli Obligasi Pemerintah – Fluktuasi pasar saat ini membuat nama obligasi negara kembali mencuat. Ya, jenis investasi ini memang memiliki beberapa keunggulan dibanding investasi saham. Lalu, apa saja keuntungan obligasi pemerintah ini?

Perlu diketahui, ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh saat memutuskan investasi obligasi pemerintah. Kerennya lagi, beberapa keuntungan tersebut tidak dimiliki oleh instrumen investasi lainnya. Agar lebih jelas, simak ulasan di bawah ini:

Tingkat Risiko yang Rendah

Jenis investasi satu ini memang terkenal dengan risikonya yang rendah dibandingkan dengan saham perusahaan biasa. Ketika Surat Utang Negara (SUN) dikeluarkan oleh pemerintah, dan negara sedang baik-baik saja, maka return akan tetap diterima setiap bulannya.

Oleh karenanya, investor akan selalu menerima keuntungan di setiap bulannya walau pun kondisi di pasar uang sedang tidak stabil. Di samping itu, tingkat keamanan pada instrumen obligasi negara tersebut memiliki keamanan yang sangat tinggi. Pasalnya, jenis investasi tersebut dijamin langsung oleh pemerintah.

Tidak Terpengaruh Fluktuasi Pasaran

Jika harga saham selalu dipengaruhi oleh harga pasar, maka tidak demikian dengan obligasi pemerintah. Hal tersebut tidak lain karena return yang didapat dari Surat Utang Negara tersebut merupakan hasil dari kupon dan capital gain.

Kedua sumber tersebut jelas tidak ada hubungannya dengan supply dan demand di pasar. Keduanya akan tetap dibayarkan kepada investor dengan nilai yang stabil. Dengan demikian, investor tidak perlu cemas memikirkan dinamika harga obligasi pada hari esok.

Bisa Digadaikan

Keuntungan obligasi pemerintah yang bisa dinikmati para investor SUN selanjutnya, yakni instrumen tersebut bisa digadaikan. Kasus ini biasanya terjadi jika pihak investor tidak ingin melanjutkan kontrak surat utang tersebut. Sedangkan alasan lainnya, yakni investor hanya ingin memindahtangankan SUN ke pihak lainnya.

Lantas, bagaimana cara menggadaikannya? Itu sangat mudah, cukup tawarkan saja instrumen SUN tersebut kepada Pegadaian yang akan selalu menerima segala macam jasa gadai surat berharga. Selain itu, investor juga bisa mencoba menjualnya kembali di pasar saham sekunder.

Baca Juga:  Ketahui Cara Daftar Telegram Dengan Email Mudah Dan Simple

Baca Juga : Cara Menghitung Average Down Saham Dan Strategi Penerapanya

Sistem Bagi Hasil

Imbal hasil merupakan faktor penting yang harus diperhatikan saat ingin memilih instrumen investasi, tidak terkecuali obligasi pemerintah. Namun tidak perlu khawatir untuk imbal hasil atau return yang didapat dari investasi ini. Pasalnya, bunga atau nilai kupon yang ditawarkan biasanya lebih tinggi dari suku bunga deposito.

Umumnya, imbal hasil dari ORI tersebut disesuaikan dengan suku bunga Bank Indonesia pada waktu itu. Cukup kompetitif, bukan? Di samping itu, investor akan selalu menerima return setiap bulannya dari imbal hasil kupon tersebut.

Rendah Pajak

Bagi para pemain saham atau pun deposito pasti sudah paham dengan ketentuan pajak yang diberikan pada setiap returnnya. Dengan kata lain, total pendapatan investor dari return yang didapat harus dikurangi pajak sebesar 20%.

Nasib baik bagi investor obligasi pemerintah yang tidak akan menerima potongan sebesar itu. Pasalnya, untuk setiap total pendapatan yang dihasilkan dari return SUN hanya akan dipotong pajak sebesar 15% saja. maka dari itu, nilai kupon yang didapat oleh investor obligasi akan lebih besar 5% dari investasi deposito.

Itu tadi pembahasan terkait lima keuntungan obligasi pemerintah yang tidak ada pada investasi biasa. Dari beberapa keuntungan tersebut, maka bisa ditarik kesimpulan bahwa instrumen investasi ini tergolong lebih ramah dari jenis lainnya. Hal ini tentu sangat cocok bagi investor yang tidak suka dengan risiko tinggi dalam investasi.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *