Khasiat Kolang Kaling Untuk Kesehatan

Khasiat Kolang Kaling Untuk Kesehatan – Di balik rasanya yang segar dan nikmat, ternyata khasiat kolang kaling untuk kesehatan memang banyak. Berbagai nutrisi yang terkandung di dalam kolang kaling diantaranya karbohidrat, protein, serat, vitamin hingga antioksidan (flavonoid, saponin, dan polifenol).

Kolang kaling sering diolah menjadi hidangan pada saat bulan suci Ramadhan yang berasal dari buah pohon aren (Arenga pinnata). Sehingga hidangan ini sangat nikmat untuk disantap bahkan bagus untuk kesehatan tubuh, berikut 7 khasiat kolang kaling yang perlu diketahui:

Mencegah Gangguan Sistem Pencernaan

Khasiat kolang kaling untuk kesehatan yang pertama adalah dapat melancarkan sistem pencernaan yang cocok untuk orang yang sedang melakukan diet. Hal itu disebabkan bahwa kandungan kolang kaling sendiri memiliki zat karbohidrat yang dapat memberikan rasa kenyang serta kaya akan serat.

Makanan yang tinggi akan serat berguna sekali untuk menyehatkan saluran sistem pencernaan yang terdapat di dalam tubuh. Dengan adanya serat yang ada di dalamnya maka kolang kaling dapat melancarkan buang air besar serta mencegah penyakit konstipasi.

Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Sendi

Dengan merebus kolang kaling tanpa gula dan pewarna bisa bermanfaat untuk mengobati rasa sakit pada sendi tulang. Kolang kaling sendiri memang memiliki zat yang disebut sebagai galactomannan yang merupakan bahan untuk membuat obat radang sendi.

Kolang kaling juga memiliki kandungan kalsium dan air sebesar 93,8 persen dari 100 gram buah yang baik untuk kesehatan tulang. Apalagi kolang kaling sendiri juga memiliki serat yang tinggi dan bermanfaat untuk kesehatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Selain kandungan galactomannan yang berguna untuk kesehatan tulang dan sendi, kolang kaling sendiri juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah. Namun penelitian ini masih perlu dikembangkan karena ada isu bahwa kolang kaling dapat bermanfaat pula untuk mengatasi diabetes yang menyerang tubuh seseorang.

Menjaga Kesehatan Jantung

Senyawa polisakarida yang terkandung pada kolang kaling berupa galactomannan juga dapat menjaga kesehatan jantung yang bermanfaat bagi tubuh. Bahkan penyakit yang mematikan seperti kardiovaskuler, serangan jantung dan stroke dapat diobati dengan mengkonsumsi kolang kaling yang telah diolah.

Selain dapat mengobati penyakit stroke, juga dapat menurunkan tekanan darah yang tinggi pada orang yang sedang menderita penyakit hipertensi. Bahkan tidak hanya menurunkan tekanan darah tinggi, juga dapat mengurangi kolesterol jahat atau zat Lipoprotein Density Low (LDL).

Mencegah Dehidrasi

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa kolang kaling di dalamnya terkandung air yang sangat tinggi sebesar 94 persen yang berguna untuk tubuh. Kandungan air tersebut dapat dikonsumsi karena sangat berguna dalam pencegahan dehidrasi di dalam tubuh.

Mencegah Anti-Aging atau Penuaan

Khasiat kolang kaling untuk kesehatan yang sangat penting adalah dapat mencegah penuaan atau dapat dikatakan sebagai anti aging. Kandungan galactomannan-lah yang dapat membantu penghambatan hormon tyrosinase hingga lebih dari 50 persen untuk dapat mencegah terjadinya penuaan di kulit.

Selain itu, kandungan galactomannan sendiri berguna untuk meningkatkan pigmen berwarna yang ada di dalam kulit. Bahkan kandungan antioksidan di dalam kolang kaling sendiri juga membantu melawan radikal bebas yang mengakibatkan terjadinya penuaan.

Menjaga Sistem Imunitas

Salah satu kandungan antioksidan yang ada di dalam kolang kaling adalah vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan imunitas tubuh. Vitamin C juga dapat menyerang zat radikal yang bertujuan untuk agar tidak mudah kena penyakit.

Itulah beberapa khasiat kolang kaling untuk kesehatan yang bernutrisi dan zat yang baik untuk tubuh. Akan tetapi, perlu didampingi juga dengan makanan yang berserat, sayuran, buah-buahan serta kaya akan karbohidrat dan protein.

Baca Juga:  Mengatasi Masuk Angin pada Bayi, Begini Caranya
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *