Ketahui Manfaat Pupuk MKP Dan Cara Penggunaanya

Ketahui Manfaat Pupuk MKP Dan Cara Penggunaanya

Manfaat Pupuk MKP

Manfaat Pupuk MKP – Sebelum mengetahui manfaat pupuk MKP, tahukah apa sebenarnya pupuk tersebut? Pemberian pupuk memang sangat perlu dilakukan untuk perawatan tanaman secara maksimal. Pupuk merupakan asupan atau nutrisi bagi tanaman untuk tumbuh dan kembang yang semakin baik.

Pupuk MKP termasuk pupuk yang biasa digunakan oleh petani Indonesia. Biasanya untuk sayur dan buah, seperti tomat, melon, cabai, dan lainnya. Pupuk MKP juga bisa diterapkan pada tanaman bunga. Ketahui selanjutnya tentang pupuk MKP dan manfaatnya.

Mengetahui Pupuk MKP

Mungkin sebagian orang sudah pernah mendengar tetapi sebagian lainnya baru mendengar pupuk MKP. Sesuai namanya, Pupuk MKP atau Mono Kalium Phosphate mengandung unsur phosphate sebesar 52% serta Kalium sebesar 34%.

Pupuk ini memiliki 2 bentuk yakni kristal dan bubuk yang berwarna putih. Penggunaannya sangat mudah, bisa menggunakan teknik pengecoran atau penyemprotan secara langsung ke daun atau batang tanaman.

Manfaat dari Pupuk MKP Pada Tanaman

Banyak sekali manfaat yang dirasakan dari penggunaan pupuk MKP pada tanaman. Hal ini dikarenakan pupuk tersebut dapat memberikan nutrisi dan membantu tanaman supaya lebih cepat tumbuh dan berkembang. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari pupuk MKP:

Membantu Proses Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman

Salah satu manfaat pupuk MKP yakni membantu proses pertumbuhan dan perkembangan pada akar tanaman. Dengan pemberian yang tepat ke tanaman, maka akar dapat tumbuh dengan kokoh dan kuat.

Mencegah Kerontokan Buah dan Bunga

Manfaat berikutnya dari pupuk MKP yakni untuk mencegah kerontokan buah atau tanaman. Kerontokan tersebut adalah hal yang dihindari jika sedang menanam tanaman. Dengan menggunakan pupuk MKP, maka dapat mengurangi risiko terjadinya kerontokan.

Memberi Rangsangan Pada Pertumbuhan dan Pembentukan Buah

Selain itu, manfaat pupuk MKP lainnya yakni mampu membantu dan memberikan rangsangan untuk tumbuh dan pembentukan buah. Tentunya memiliki kualitas buah yang baik menjadi harapan orang-orang yang menanam tanaman buah, sehingga disarankan untuk menggunakan pupuk MKP.

Baca Juga:  4 Macam Ladang Pahala Istri Untuk Menjadikan Istri Solehah

Meningkatkan Daya Tahan Tanaman

Penggunaan pupuk MKP mampu meningkatkan daya tahan pada tanaman. Bagi tanaman yang tidak diberikan nutrisi cukup, bisa menyebabkan rentan terhadap penyakit tanaman. Dengan pupuk MKP bisa membantu tanaman untuk membentuk antibodi yang kuat.

Membantu dalam Proses Pembesaran Umbi-Umbian

Manfaat lainnya, pupuk MKP dapat digunakan pada tanaman umbi-umbian, seperti bawah merah, kentang, talas, dan lainnya. Jika pupuk ini diberikan pada tanaman tersebut, dapat membantu proses pembesaran umbi. Hasil panen pun akan menjadi segar dan padat.

Cara Penggunaan Pupuk MKP

Setelah mengetahui manfaatnya, kini lanjut mengetahui cara penggunaan dari pupuk MKP. Dalam penggunaannya, haruslah memperhatikan dengan baik dosis dan kebutuhannya. Jangan sampai menggunakan secara berlebihan.

Meskipun pupuk MKP memiliki manfaat yang bagus untuk tanaman, jika dosis dan caranya tidak tepat maka memberikan hasil yang tidak maksimal. Berikut adalah cara penggunaan yang tepat dari pupuk MKP:

  • Menyemprot. Gunakan pupuk MKP sebanyak 2-4 gram, lalu campur dengan 1 liter air dan aduk hingga larut. Kemudian pindahkan ke alat penyemprot. Lakukan penyemprotan secara tipis, halus, dan merata pada bagian daun dan batang.
  • Mengecor. Melarutkan 50 gram pupuk MKP dan 10 liter. Ini dipergunakan untuk menyiram atau mengecor sebanyak 40 tanaman. Setiap tanaman menggunakan pupuk MKP 1,25 gram dengan 250 ml air.
  • Membenamkan. Menggunakan 2-3 gram pupuk MKP kemudian dibenamkan atau ditaburkan di sekeliling tanaman, namun jangan terlalu dekat dengan pangkal tanamannya.

Kini telah mengetahui manfaat pupuk MKP dan cara penggunaannya. Pupuk ini memberikan banyak manfaat untuk tanaman, khususnya sayur dan buah supaya menghasilkan panen yang berkualitas. Perlu diingat penggunaan dan dosisnya secara benar.

Baca Juga:  Ingin Kuliah Di Luar Negeri_Persiapkan Hal Ini!

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *