Memasang Walpaper Kamar Mandi – Cara memasang wallpaper kamar mandi mungkin tidak semudah kelihatannya karena harus menyiapkan material atau bahkan membayar jasa tukang. Untuk wallpaper dinding, ada berbagai macam gaya, warna, serta ukuran yang dapat dipilih.

Wallpaper dinding kamar mandi tidak hanya bertujuan untuk estetika ruangan, tetapi juga berguna menjaga daya tahan dan menambah umur dinding agar tidak cepat rusak. Pemasangan wallpaper dinding perlu dilakukan dengan tepat agar bisa bertahan lama. Berikut cara-cara yang mudah diikuti:

Menyiapkan Alat Dan Bahan

Untuk memulai pekerjaan memasang wallpaper dinding pada kamar mandi, perlu untuk menyiapkan peralatan dan bahan apa saya yang akan dipakai. Membuat persiapan ini yang nanti akan mempermudah pekerjaan nantinya.

Alat dan bahan yang dibutuhkan seperti wallpaper dinding, lem wallpaper (beli di toko material), spons, tangga, pensil, meteran, kuas aplikasi wallpaper, benang dengan pemberat, dan amplas atau kape untuk meratakan dinding.

Membersihkan Dinding

Sebelum memasang wallpaper dinding, sebaiknya bersihkan dulu dinding kamar mandi. Dinding kamar mandi yang lama yang tidak dibersihkan cenderung mengelupas dan ditempeli kotoran bahkan jamur.

Pastikan dinding kamar mandi yang akan ditutupi wallpaper tidak bergelombang, rata, bersih dari kotoran, debu, jamur, maupun noda minyak. Wallpaper kertas akan sulit menempel pada dinding yang kotor, basah, dan tidak merata.

Ukurlah Tinggi dan Lebar Dinding

Cara memasang wallpaper kamar mandi berikutnya adalah mengukur luas area dinding kamar mandi yang akan dipasangi wallpaper. Pengukuran ini bermaksud agar wallpaper dinding terpasang dengan rapi dan memudahkan juga dalam pemasangan.

Ukurlah berapa tinggi dan lebar dinding menggunakan benang dengan pemberat untuk memastikan garis petunjuk pemasangan sudah lurus. Pastikan untuk memberi tanda pada area dinding agar memudahkan pemasangan. Tandai menggunakan pensil tetapi tidak terlalu tebal.

Baca Juga:  Cara Membuat Taman Depan Rumah Lahan Sempit, Alternatif Pilihan Anti Rumit

Pemotongan Wallpaper

Setelah diberi tanda petunjuk menggunakan pensil, potong gulungan wallpaper sesuai dengan garis petunjuk dan ukuran permukaan dinding. Bisa ditambahkan beberapa cm pengukuran ukuran dinding pada wallpaper sebagai pencegahan kalau-kalau wallpaper tidak sengaja robek atau tidak pas.

Bila perlu, berilah nomor pada masing-masing wallpaper dinding yang telah dipotong mengikuti pola garis petunjuk pada bagian belakang wallpaper. Pastikan bahwa gotongan wallpaper itu mengikuti pola pada garis atau tanda petunjuk untuk meminimalisir kesalahan saat pemasangan.

Pengolesan Lem

Langkah selanjutnya semakin dekat dengan pemasangan wallpaper dinding. Oleskan lem wallpaper yang bisa ditemukan di toko material menggunakan kuas aplikasi wallpaper. Sebaiknya oleskan pada seluruh bagian wallpaper agar bisa menempel dengan sempurna.

Untuk kuas, hindari penggunaan kuas cat dinding karena memiliki ruas bulu yang lebar dan rontok. Kertas wallpaper juga memiliki kerapuhan sehingga jika menggunakan kuas yang terlalu kasar bisa robek. Hal ini juga untuk menghindari tekstur yang tidak diinginkan pada hasilnya.

Pemasangan Wallpaper

Waktu yang paling ditunggu-tunggu yaitu pemasangan wallpaper. Setelah lem sudah teroles ke wallpaper, mulailah pasang wallpaper pada area yang tinggi atau sesuai dengan urutan pemasangan. Rekatkan dengan hati-hati dan perlahan.

Setelah terpasang, ratakan wallpaper menggunakan kain perca dari sisi tengah kemudian ditarik keluar hingga ujung secara menyeluruh. Proses ini untuk menghilangkan gelembung maupun meratakan wallpaper agar tidak ada bagian yang terlipat.

Rapikan Wallpaper

Untuk pemasangan pada wallpaper dinding ini, pasti ada bagian yang ditutupi seperti bagian colokan lampu, colokan listrik atau sisa-sisa kertas wallpaper yang berlebih. Potong sisa panjang dan lebar wallpaper ini dengan menggunakan cutter.

Untuk menangani colokan lampu, lubangi bagian tengah colokan dengan guntung hingga ujung colokan. Sisakan beberapa cm sebelum ujung colokan untuk dilipat dan ditempelkan pada dinding yang sudah dilem untuk hasil yang lebih baik.

Itulah cara memasang wallpaper kamar mandi yang bisa diikuti dengan mudah. Selain memperhatikan langkah-langkah pemasangan, perhatikan juga pemilihan wallpaper yang berkualitas dan sesuai dengan selera dan konsep kamar mandi agar dinding kamar mandi dapat bertahan lama.

Baca Juga:  Amalan Agar Anak Cerdas Dan Sholeh Yang Harus Dicoba!
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *