Membuat Garasi Mobil Sederhana

Membuat Garasi Mobil Sederhana – Salah satu usaha untuk memelihara rejeki berupa mobil adalah dengan cara membuat garasi mobil sederhana guna menjaga kualitas tiap komponennya. Karena jika terlalu sering terpapar panas dan hujan akan menyebabkan pudarnya warna cat yang akan mengurangi nilai jual mobil tersebut.

Selain itu dengan dibuatnya garasi tidak akan mengganggu hak pengguna jalan yang lain, karena mobil tidak perlu parkir di jalan. Anggapan bahwa membuat garasi itu sulit dan tidak berguna akan terpatahkan dengan beberapa penjelasan tentang cara membuat garasi seperti berikut:

Tentukan Posisi Garasi

Garasi harus menjadi prioritas dalam pembangunan rumah, setidaknya berikan lahan kosong yang cukup untuk meletakkan satu mobil di area rumah. Posisi garasi tidak harus berada di depan, dapat juga di samping atau pun di bawah balkon untuk mengisi ruang kosong.

Penentuan posisi garasi dihitung dengan akses masuk ke garasi apakah cukup mudah atau tidak, biasanya posisinya lurus dengan pintu gerbang. Begitu juga akses untuk keluar dari garasi apakah berbahaya jika harus berjalan mundur, biasanya berurusan dengan kondisi rumah tetangga sekitar.

Ukur Besarnya Garasi

Pengukuran harus dilakukan dan ditentukan segera, usahakan menggunakan ukuran rata-rata bagi mobil keluarga meskipun mobil yang dimiliki berukuran lebih kecil. Ini untuk mengantisipasi jika di masa mendatang ada pergantian mobil yang lebih besar atau ada mobil tamu yang akan parkir.

Tahapan pengukuran ini cukup penting karena akan berpengaruh ke banyak hal, mulai dari material, budgeting, desain garasi, cat dan lain-lain. Umumnya garasi menggunakan ukuran panjang, lebar dan tinggi 5 M, 2 M dan 2,75 M yang pasti lebih besar dari mobil.

Baca Juga:  Panduan Lengkap - Cara Mengajukan Kartu Kredit DBS

Lakukan Pemilihan Material Lantai

Setelah menghitung besarnya garasi, cara membuat garasi mobil sederhana selanjutnya adalah memilih material lantai yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan. Yaitu disesuaikan dengan beban yang akan diterima lantai setiap mobil dimasukkan ke dalam garasi dan karakteristik lantai saat terkena air.

Jika menggunakan keramik, gunakan keramik yang tidak terlalu lebar agar tidak mudah pecah dan tidak licin saat terkena air hujan. Namun, jika budget belum mencukupi dapat gunakan plester dari semen yang dibuat agak kasar agar tetap aman saat terkena air.

Rancang Desain Garasi Sesuai Selera

Perancangan garasi dapat dimulai dari beberapa sisi, misalnya diawali pilihan material bagian atap berupa baja ringan atau kanopi sederhana saja? Lalu bagian pintu penutup menggunakan rolling door atau dibiarkan terbuka seperti pada carport dengan pintu gerbang pada bagian luar pagarnya.

Perancangan ini pun bisa dilakukan dengan bantuan desainer profesional agar hasilnya maksimal. Apalagi bagi pasangan muda milenial, pasti ingin detail di setiap ruangannya bagus dan terlihat menyenangkan.

Buat Rancangan Biaya Pembuatan

Setelah keempat cara sebelumnya telah dilakukan saatnya membuat rencana pembiayaan mulai dari material lantai, atap, pintu serta desain yang dipilih. Apabila setelah dihitung anggarannya terlalu berat bersiaplah untuk membuat rencana kedua, tidak mengapa jika belum ideal dan belum sesuai impian.

Karena kebutuhan terpentingnya adalah memiliki garasi, dengan begitu setidaknya mobil terlindung dari panas, hujan dan komplain tetangga karena mengganggu jalan. Sebagai gambaran, kanopi per meter seharga Rp 600.000,- dan Rp 400.000,- untuk biaya plester semen, sedangkan keramik menyesuaikan dengan jenisnya.

Demikian cara membuat garasi mobil sederhana bagi pengguna mobil dalam lingkup masyarakat padat penduduk, memiliki garasi adalah bukti toleransi bersama. Selain tentunya untuk keuntungan pribadi, karena menjaga barang privasi seyogyanya selaras dengan sikap menghormati hak orang lain terutama tetangga sekitar.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *