Cara Membuat Lampu Motor Lebih Terang Dengan Dioda, Ketahui Penyebab Hingga Efeknya Pada Lampu Motor

Cara Membuat Lampu Motor Lebih Terang Dengan Dioda, Ketahui Penyebab Hingga Efeknya Pada Lampu Motor

Membuat Lampu Motor Lebih Terang

Membuat Lampu Motor Lebih Terang – Penggunaan dioda sebagai booster nyala lampu motor adalah trik “sulap” paling ampuh. Cara membuat lampu motor lebih terang dengan dioda sebenarnya tidak disarankan, karena dapat mempengaruhi umur pakai lampu. Namun bagi yang memiliki anggaran terbatas, penggunaan dioda menjadi jalan pintas.

Penyebab Lampu Motor Menjadi Redup

Sebelum membahas cara membuat lampu motor lebih terang dengan dioda, ada baiknya mengetahui penyebab lampu motor menjadi tidak terang dan redup. beberapa penyebab yang umum dialami adalah:

  • Masa pakai lampu terlalu lama. Setiap benda memiliki masa aktif penggunaan, begitupun dengan lampu motor. Semakin lama digunakan, tentu akan mengurangi kemampuan dan fungsinya. Sehingga mengakibatkan pantulan cahaya lampu pada bohlam lampu motor menjadi redup.
  • Tahanan yang terlalu besar. Tahanan adalah hambatan yang berfungsi untuk menahan tegangan pada sebuah rangkaian listrik. Penyaluran beban pada ujung rangkaian yang tidak seimbang berakibat pada penumpukan beban di satu sisi ujung rangkaian. akibatnya lampu motor tidak bisa mengeluarkan cahaya secara optimal.
  • Tegangan pada kiprok menurun. Dinamo alternator yang terdapat pada kiprok berfungsi untuk mengirimkan arus listrik. tujuannya untuk bisa menyalakan lampu. Ketika tegangan yang didapat kiprok lemah, dapat berefek pada pencahayaan berkurang.

Cara Membuat Lampu Motor Menyala Terang Pakai Dioda

Dioda ialah alat penerang dengan harga terjangkau dan mudah ditemukan. Komponen ini berfungsi menyimpan arus listrik yang nantinya dilepaskan sehingga nyala lampu seakan-akan semakin terang. Tidak heran jika cara ini sedang digemari masyarakat.

Dioda berfungsi untuk menyetarakan arus listrik pada lampu. Jadi, untuk menggunakan dioda pada lampu motor, pengguna perlu merangkainya bersama komponen lampu motor lainnya. Tentu saja hal ini membutuhkan kreativitas dan pengetahuan mengenai sistem kelistrikan motor. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Mempersiapkan alat dan bahan. Sebelum memulai, tentunya pengguna perlu mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Diantaranya adalah dioda 6 A sebanyak 3 buah, 1 buah dioda 1 A, lampu motor bekas ataupun baru dan kabel secukupnya.
  • Membuat susunan parallel. Pengguna perlu berhati hati agar tidak salah menyusun paralel. Pada dioda, terdapat 2 negatif dan positif. Gunakan dioda 6 A dan sambungkan kutub bermuatan positif pada kotak dan kutub bermuatan negatif pada kabel yang memiliki muatan negatif.
  • Menyambungkan dioda dengan lampu. Jika telah selesai membuat susunan paralel dari dioda bermuatan 6 A, saatnya menyambungkan dioda bermuatan 1 A dengan lampu motor. Sambungkan kutub positif dioda pada bagian positif lampu.
  • Menyambungkan dioda dengan saklar pada motor. Jika bagian positif dioda bermuatan 1 A disambungkan pada lampu, maka sambungkan bagian kutub negatif pada saklar.
Baca Juga:  5 Tips Menghilangkan Kerak Pada Cat Mobil Yang Bisa Dicoba

Dampak Negatif Pemasangan Dioda Pada Lampu Motor

Pemasangan dioda pada lampu motor atau soket memang diakui dapat meningkatkan nyala lampu dan membuatnya semakin terang. Tapi hal tersebut juga memiliki efek samping pada lampu motor. beberapa efek samping yang bisa terjadi diantaranya:

  • Memicu terjadinya korsleting aliran listrik pada lampu. Pemakaian dioda pada lampu motor artinya memanipulasi fungsi saklar. Jika pemasangannya sembarangan dan tidak pas, bisa memicu terjadinya korsleting dan membuat soket terbakar. tentunya hal ini akan merugikan pemilik kendaraan.
  • Memperpendek usia bohlam. Selain memicu korsleting pada aliran listrik, dampak lain yang sering terjadi diakibatkan penggunaan dioda adalah memperpendek usia bohlam. Meski nyala lampu motor menjadi lebih terang, namun bohlam sebenarnya jadi lebih gampang panas dan rawan putus.

Demikian cara membuat lampu motor lebih terang dengan dioda yang bisa dicoba. Selain alat dan bahannya terbilang murah, cara merakitnya juga mudah. Jika lampu tidak menyala, ulangi dan periksa kutub-kutub dioda. Pastikan kabel dan kutub terpasang dengan benar dan sempurna.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *