Alternatif Cara Membuka Kunci Stang Motor Yang Terkunci

Alternatif Cara Membuka Kunci Stang Motor Yang Terkunci

Membuka Kunci Stang Motor Yang Terkunci

Membuka Kunci Stang Motor Yang Terkunci – Mengunci stang motor adalah salah satu langkah pengamanan terhadap kendaraan. Namun, kadang setelah terkunci stang motor sulit untuk dibuka lagi. Ada cara membuka kunci stang motor yang terkunci. Sebagai pertolongan pertama, para pemilik motor tidak perlu langsung mendatangi tukang atau ahli kunci.

Untuk membuka kunci stang motor yang macet ini bisa dilakukan dengan beberapa bahan dan trik sederhana. Namun, pada akhirnya jika memang kunci sangat macet, para pemilik motor memang perlu memanggil tukang kunci. Berikut adalah penjelasan selengkapnya untuk mengatasi masalah ini:

Bersihkan Dulu dengan Cairan Penetran

Penyebab yang paling lazim dari kunci stang motor yang macet adalah kotoran yang berkumpul di lubang kunci. Hal ini akhirnya menghambat gerakan kunci untuk memutar dan membuka stang. Bagian ini memang ada baiknya dibersihkan secara rutin.

Namun, karena celahnya sangat sempit pasti akan sulit untuk membersihkannya. Karena itu, para pemilik motor memerlukan cairan penetran. Cairan ini mudah ditemukan di bengkel dengan harga yang cukup terjangkau.

Cara menggunakan cairan ini pun sangat mudah karena kemasannya yang berbentuk botol semprot. Berikut adalah langkah-langkah untuk membersihkan lubang kunci dengan cara ini:

  • Buka kemasan cairan penetran terutama pada bagian penyemprotnya.
  • Kemudian, semprotkan cairan ke arah lubang kunci yang macet. Jika memang lubang kunci sangat macet bisa disemprotkan dalam jumlah yang banyak.
  • Diamkan sebentar lubang kunci agar cairan penetran bisa meluruhkan kotoran yang menempel.
  • Kemudian, baru gosok lubang kunci dengan kain bersih atau cotton bud agar bisa membersihkan sampai ke celah.

Setelah lubang kunci bersih kembali, para pemilik motor bisa mencoba untuk memutar kembali dan membuka kunci stang.

Baca Juga:  Ketahui Arti Tune Up Motor Agar Tidak Salah Paham Saat Service

Gunakan Pelumas Berupa Oli Baru

Kemacetan pada lubang kunci juga bisa disebabkan karena kurang licinnya bagian engsel kunci. Jadi, para pemilik akan kesulitan untuk memutar dan membukan stang motor. Cara mengatasinya sangat mudah, para pemilik motor hanya perlu memberikan pelumas saja.

Salah satu pelumas yang paling aman digunakan adalah dengan menggunakan oli baru. Berikut adalah cara untuk memanfaatkannya.

  • Tuang sedikit oli baru di dalam gelas.
  • Kemudian, masukkan tubuh kunci pada cairan oli yang baru.
  • Ambil sedikit cairan oli baru, kemudian teteskan ke dalam lubang kunci.
  • Tunggu beberapa saat saja agar oli dapat meresap dan masuk ke celah lubang kunci.
  • Barulah masukkan anak kunci yang sudah dilumuri oli ke dalam lubang.

Putar pelan-pelan sampai kunci berhasil terbuka. Jika tidak berhasil, beri lebih banyak oli baru sebagai pelumas pada kunci dan lubang kunci.

Gunakan Pelumas dengan Minyak Goreng

Bagaimana jika para pemilik motor tidak memiliki oli baru sebagai pelumas. Tenang saja, karena cara membuka kunci stang motor yang terkunci berikutnya bisa menggunakan pelumas yang lebih mudah ditemukan, yaitu minyak goreng.

Benar sekali, siapa yang tidak bisa memiliki minyak goreng di rumah. Para pemilik motor bahkan bisa menggunakan minyak goreng bekas untuk melumasi kunci dan lubang kunci. Jadi, tidak perlu menggunakan minyak goreng baru.

Untuk langkahnya sendiri sangat persis dengan langkah menggunakan oli baru yang disebutkan sebelumnya. Namun, efek negatif dari menggunakan minyak goreng adalah lubang kunci dan kunci bisa menjadi lengket dan berbau.

Karena itu, setelah menggunakannya dan kunci berhasil terbuka. Lebih baik lubang kunci dan kunci segera dibersihkan agar tidak meninggalkan residu.

Baca Juga:  5 Cara Andalan Cara Upload Video You Tube Bebas Klaim Hak Cipta Pasti Berhasil

Itulah cara membuka kunci stang motor yang terkunci para pemilik motor bisa mencoba cara yang dijelaskan di atas. Sebelum memutuskan untuk memanggil tukang kunci.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *