Tips Memilih Sofa Untuk Ruang Tamu Kecil Rumah Minimalis

Tips Memilih Sofa Untuk Ruang Tamu Kecil Rumah Minimalis

Memilih Sofa Untuk Ruang Tamu – Pemilik rumah minimalis sangat membutuhkan tips memilih sofa untuk ruang tamu kecil sebagai solusi dari terbatasnya ruangan yang telah tersedia. Hal ini menjadi penting karena sofa dibutuhkan sebagai tanda penghormatan kepada tamu yang akan datang dan diharapkan kenyamanannya saat berkunjung.

Maka, memilih sofa bukan perkara mudah karena begitu banyaknya jenis, bahan dan model yang banyak ditawarkan penjual furniture saat ini. Karena itu, perlu kebijakan tersendiri untuk memilih sofa sesuai kebutuhan dan kondisi dengan tepat yaitu melalui beberapa cara berikut ini:

Ukur Luas Ruang Tamu

Pertama, dengan mengukur luasnya ruang tamu yang akan ditempati sofa termasuk pada sudut-sudutnya, setidaknya sudah memiliki bayangan seperti apa dekorasinya. Pengukuran sudut untuk menghitung kemungkinan jika sofa yang akan dipilih berbentuk L buka lurus biasa, ini juga efektif menghemat ruang.

Sesuaikan Dekorasi yang Sederhana

Karena konsep rumah yang minimalis, maka sangat disarankan untuk memilih dekorasi pendukung di ruang tamu yang konsepnya sederhana dan berguna. Sebab, dengan peletakan sofa sudah menjadi titik point tersendiri sebagai dekorasi ruangan, agar ruangan tetap terasa lega dan tidak sempit.

Gunakan Warna Netral

Pemilihan warna menjadi tips memilih sofa untuk ruang tamu kecil penting selanjutnya, efek yang ditimbulkan warna netral mengesankan ruangan terasa luas dan bersih serta nyaman dipandang. Tidak perlu monoton di satu warna, misal kombinasi warna putih untuk sofa dan abu-abu untuk bantalnya terasa elegan dan cantik.

Hindari Penggunaan Sofa Bulat

Sofa bulat membutuhkan ruangan yang luas karena sifatnya yang fleksibel sehingga dalam penggunaannya dapat digunakan dari beberapa sisi saat duduk. Dengan sifat ini, sofa dengan bentuk memanjang atau huruf L lebih cocok pada ruang tamu kecil karena mengikuti bentuk tembok.

Baca Juga:  Sofa Minimalis Modern untuk Ruang Tamu Kecil

Pilih Bahan Sofa yang Nyaman

Arti nyaman disini yaitu nyaman ketika diduduki dan nyaman ketika dipandang serta menyesuaikan dengan tone warna pada ruang tamu. Bahan yang dipilih pun lembut dan jangan bahan yang mengkilap atau mencolok sehingga terhindar dari kesan sumpeknya ruang tamu tersebut.

Selain itu pilih bahan katun yang tidak panas ketika disentuh, karena bahan yang panas cenderung membuat tidak betah orang yang duduk di atasnya. Atau pilih bahan kulit untuk kebutuhan pencarian sofa yang mudah dibersihkan, ini sangat membantu bagi keluarga yang memiliki anak kecil.

Pakai Sofa Multifungsi

Sofa tidak hanya sebagai tempat duduk, dengan modifikasi yang canggih, kini sofa juga berfungsi sebagai tempat tidur atau tempat perabotan. Modifikasi ini tentunya sangat disarankan untuk menghemat pembelian perabotan yang berbeda fungsinya sekaligus penghematan ruang untuk penempatannya, misal: sofa bed.

Gunakan Kerangka Sofa yang Kokoh

Cara yang terakhir ini tentunya membutuhkan biaya lebih dalam pengaplikasiannya dimana sesuai dengan kualitas barang yang akan didapatkan demi kenyamanan. Nyaman ketika digunakan, tidak ada kekhawatiran kecelakaan serta usia panjang pemakaiannya menjadi alasan sofa tanpa baut dan lem sebagai pilihan.

Pemilihan bahan dari kayu yang kokoh sangat disarankan untuk menopang sofa yang akan digunakan, selain alami juga aman tingkat safetynya. Karena dapat dibuat tanpa baut dan lem, sebab baut dan lem memiliki kemungkinan aus kualitasnya ketika sudah beberapa tahun digunakan.

Demikian tips memilih sofa untuk ruang tamu kecil sebelum mengisi rumah dengan perabotannya, survey harus sering dilakukan untuk mencari kesesuaian. Kesesuaian dengan cat, luas, dekorasi di ruang tamu dan tentunya budget yang dimiliki, maka disarankan tidak terburu-buru untuk menentukan pilihan.

Baca Juga:  Cara Membuka Hp Yang Lupa Kata Sandinya, Solusi Cepat Tanpa Ribet

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *