6 Cara Memperbaiki Cat Mobil Yang Tergores Dalam, Simpel Dan Mudah!

6 Cara Memperbaiki Cat Mobil Yang Tergores Dalam, Simpel Dan Mudah!

Memperbaiki Cat Mobil Yang Tergores

Memperbaiki Cat Mobil Yang Tergores – Jangan dulu stres ketika mobil mengalami baret, sebab ada beberapa cara memperbaiki cat mobil yang tergores dalam untuk bisa dilakukan. Bahkan hal ini dapat dipraktikkan di rumah sekalipun. Jadi masalah dapat diatasi dengan cepat dan hemat.

Cara-cara di bawah ini sangat direkomendasikan terlebih bila baret atau goresan yang dialami oleh mobil tidak terlalu luas dan dalam. Penasaran apa saja cara mudah yang bisa dilakukan? Simak berikut ini:

Pakai Kompon

Bahan ini sangat direkomendasikan dan populer sebagai cara memperbaiki cat mobil yang tergores dalam dengan mudah. Kompon adalah bahan yang bercampur dengan bahan kimia dan dipercaya bisa membersihkan goresan pada mobil. Berikut ini cara menggunakannya:

  • Bersihkan cat mobil yang tergores dengan air.
  • Setelah bagian tersebut mengering, oleskan kompon pada goresan mobil secukupnya.
  • Gosoklah secara perlahan memakai kain yang lembut.
  • Lakukan dengan cepat, karena kompon yang telah kering akan menjadi keras dan sulit dibersihkan.
  • Gosok dengan gerakan satu arah saja agar lebih rata.
  • Setelah goresan tak terlihat, bilas dengan air dan keringkan.

Gunakan Pasta Gigi

Bahan kedua ini pastinya lebih mudah dan murah, bahkan tak perlu membelinya bahan ini pasti sudah pasti ditemukan di rumah. Untuk langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Basahi kain dengan air bersih.
  • Kemudian berikan pasta gigi secukupnya di bagian yang tergores.
  • Gosok pasta gigi secara memutar dengan kain basah.
  • Lakukan langkah di atas secara berulang agar goresan dapat tertutupi.
  • Bila sudah, bilas bagian tersebut.

Manfaatkan Minyak Rem

Selain kedua cara di atas, cara memperbaiki cat mobil yang tergores dalam memakai minyak rem juga bisa dicoba. Caranya adalah dengan mengambil minyak rem yang terdapat pada mobil lalu menuangkannya ke kanebo kering. Lalu poles minyak tersebut ke bekas goresan.

Baca Juga:  Inilah Cara Membuat Lampu LED Motor Arus AC Beserta Kelebihanya!

Tapi penting untuk diketahui bahwa cara ini harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Sebab apabila cara yang dilakukan salah atau minyak rem justru dituangkan langsung ke cat mobil, maka kemungkinan cat mobil yang masih bagus menjadi rusak sangat mungkin terjadi.

Pakai Tipe Wax

Berikutnya cat mobil yang terkena goresan atau baret juga dapat diperbaiki dengan tipe wax. Namun tetap saja, cara ini perlu dilakukan hati-hati. Sebab bila tak waspada, goresan pada bodi mobil justru dapat bertambah dan meluas.

Untuk memperkecil risiko tersebut lebih baik gunakanlah tipe wax berbentuk padat. Alih-alih menggunakan tipe wax berbentuk cair yang memiliki kandungan bahan abrasif. Dengan demikian penggunaan tipe wax pun lebih aman dan risiko bisa diminimalisir.

Gunakan Obat Nyamuk Liquid

Upaya lainnya yang bisa digunakan sebagai cara memperbaiki cat mobil yang tergores dalam adalah dengan memanfaatkan obat nyamuk berbentuk liquid. Caranya sangat sederhana yaitu dengan hanya mengikuti langkah berikut:

  • Siapkan obat nyamuk likuid dan kanebo kering.
  • Oleskan pada bekas goresan di bodi mobil.
  • Gosok secara perlahan dengan gerakan memutar.
  • Setelah selesai tunggu 15-20 detik kemudian bilas dengan air.

Cat Ulang Bodi Mobil

Cara terakhir yang bisa dilakukan tak lain adalah dengan mengecat ulang bekas goresan di bodi mobil. Hal ini sangat disarankan terlebih jika goresan yang dialami cenderung banyak dan luas.

Namun sebelum melakukan pengecatan, pastikan bahwa bekas goresan sudah diamplas beberapa kali sampai bersih dari cat. Kemudian campurkan cat mobil dengan thinner yang terjamin kualitasnya. Kemudian lakukan pengecatan dengan perlahan.

Sebelum melakukan cara memperbaiki cat mobil yang tergores dalam, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengecek seberapa dalam goresan. Jika goresan tak sampai memperlihatkan warna logam atau besi mobil maka cara di atas bisa dipraktikkan.

Baca Juga:  Cara Membuat Charger Aki Mobil Mudah Dan Sederhana

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *