Simak Cara Mengganti Oli Motor BeAT Sendiri Di Rumah, Mudah Dan Praktis Lho!

Simak Cara Mengganti Oli Motor BeAT Sendiri Di Rumah, Mudah Dan Praktis Lho!

Mengganti Oli Motor BeAT

Mengganti Oli Motor BeAT – Salah satu hal yang malas dilakukan oleh pemilik motor, baik itu motor Honda BeAT ataupun lainnya adalah mengganti oli. Sebab, untuk melakukannya pengguna biasanya harus mengantri di bengkel. Sebetulnya, cara ganti oli motor BeAT bisa dilakukan sendiri di rumah lho!

Sebelum melakukan semua caranya, penting untuk memahami terlebih dahulu alasan mengapa harus rutin mengganti oli serta mengetahui cara menggantinya. Oli termasuk hal yang menentukan bagaimana mesin motor bisa bekerja. Pengguna harus menaruh perhatian lebih pada cairan pelumas mesin ini.

Alasan Mengapa Oli Motor Harus Rutin Diganti

Perawatan motor rutin tidak melulu hanya mengurusi masalah onderdilnya saja. Oli juga harus menjadi bagian yang paling diperhatikan waktu penggunaannya. Untuk motor Honda jenis BeAT, oli mesin harus diganti setiap melewati jarak 4000km.

Alasan mengapa harus rutin mengganti oli yaitu pertama ketika motor sedang digunakan, komponen penggerak mesin motor harus selalu terlumasi oleh oli secara maksimal. Hal tersebut tidak akan terjadi jika kualitas oli motor sudah buruk. Jika sudah begini, suhu mesin motor bisa meningkat dan akan membuatnya cepat rusak.

Jika mesin terlumasi dengan oli yang berkualitas baik, komponen mesin akan jauh lebih awet dan terjaga. Sebab, mesin motor akan terhindar dari gesekan mesin yang berlebihan. Oli yang bersifat licin membuat mesin berjalan dengan mulus.

Kinerja mesin tidak terlalu berat jika oli yang digunakan masih bagus, dan tentunya bahan bakar yang dibutuhkan akan jauh berkurang. Apabila keadaannya seperti ini, tentunya pengguna akan lebih menghemat uang bensin.

Motor akan jarang mengalami kerusakan jika oli di dalam mesin masih dalam keadaan yang bagus. Dengan demikian, biaya perawatan motor akan jauh lebih ringan.

Baca Juga:  Begini Cara Mengetahui Telegram Diblokir Oleh Seseorang

Cara Mengganti Oli Motor BeAT Sendiri di Rumah

Pengguna bisa melakukan cara ganti oli motor BeAT sendiri di rumah, dengan syarat pengguna sudah mengerti langkah-langkah menggantinya. Dengan demikian, penggantian oli bisa dilakukan kapanpun saat pengguna memiliki waktu dan juga kesempatan. Lantas, bagaimanakah caranya? Simak pembahasan berikut ya!

  • Siapkan terlebih dahulu wadah kosong dengan daya tampung 650-800 ml untuk menampung oli bekas yang nantinya akan dikeluarkan dari motor. Letakkanlah wadah tersebut tepat di bawah mesin yang menampung oli.
  • Jangan lupa juga untuk mempersiapkan corong yang sekiranya cukup untuk menyalurkan oli ke dalam tempat penampungan. Pastikan motor dalam posisi standar tengah.
  • Hangatkan motor selama 3-5 menit terlebih dahulu, tujuannya adalah agar oli bisa keluar lebih mudah. Jika dalam keadaan dingin, oli motor akan jauh lebih kental dan sulit untuk dikeluarkan.
  • Pengguna bisa membuka baut pembuangan yang terletak tepat di bagian bawah tempat pengguna memasukkan oli dengan menggunakan kunci ring 12. Agar oli bisa keluar lebih cepat, pengguna bisa membuka tutup dari lubang tempat memasukkan oli.
  • Pengguna bisa memiringkan posisi motornya untuk mengeluarkan oli sepenuhnya.
  • Setelah dirasa bersih, pengguna bisa langsung menutup lubang pembuangan oli dengan rapat.
  • Bukalah kemasan oli yang baru, kemudian tuangkanlah oli tersebut dengan menggunakan corong melalui lubang di bagian atas penampung oli.
  • Jika sudah, tutup kembali lubang bagian atas tersebut. Pastikan pengguna menutupnya dengan rapat untuk mencegah oli tumpah saat sedang digunakan.

Itulah cara ganti oli motor BeAT yang bisa pengguna lakukan sendiri di rumah. Siapa bilang urusan ganti oli hanya bisa ditangani oleh mekanik di bengkel? Sudah bukan zamannya lagi pengguna motor harus boros uang dan waktu hanya untuk mengganti oli.

Baca Juga:  Inilah Cara Agar Online Di WhatsApp Tidak Terlihat, Pasti Berhasil

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *