Minyak Rem Motor Yang Bagus

Minyak Rem Motor Yang Bagus – Di samping bensin dan oli, sepeda motor juga memiliki komponen fluida lainnya yaitu minyak rem. Makanya,dianjurkan untuk memakai minyak rem motor yang bagus agar motor dapat dijalankan dengan optimal. Minyak rem diperlukan untuk motor yang memakai pengereman cakram hidrolik saja.

Sering kali minyak rem terlupakan sebab tak membutuhkan perhatian khusus, berbeda dengan oli mesin yang perlu dilakukan penggantian. Meski demikian minyak rem tetap harus diperhatikan karena perannya sangat krusial dalam kendaraan sepeda motor, berikut informasi lengkapnya:

Fungsi Minyak Rem

Pada dasarnya minyak rem merupakan media pendorong piston yang letaknya terdapat di kaliper rem. Sehingga dapat membuat kampas rem melakukan tekanan terhadap cakram ketika rem ditarik.

Di samping itu, fungsi lain dari minyak rem adalah mengurangi panas yang disebabkan karena adanya gesekan. Yakni antara kaliper dengan piringan cakram ataupun kampas di saat proses pengereman terjadi. Karenanya, dapat diketahui bahwa fungsi minyak rem pada kendaraan sangatlah krusial.

Jenis Minyak Rem pada Motor

Di pasaran minyak rem dijual dengan berbagai macam pilihan yang memiliki kualitas dan variasi berbeda-beda. Tanda minyak rem motor yang bagus umumnya adalah memiliki titik tindih tinggi, mempunyai kandungan anti karat, dan tak gampang mengendap.

Untuk mencari minyak rem yang terbaik pemilik kendaraan perlu mengetahui beberapa jenis dan kelas minyak rem. Hal ini didasari atas standar DOT (Department of Transportation). Inilah beberapa jenis minyak rem terutama untuk motor, yaitu:

  • DOT 3, jenis yang pertama ini sudah cukup bagus dan lebih direkomendasikan untuk digunakan pada motor bebek.
  • DOT 4, jenis ini memiliki material yang lebih unggul dari jenis DOT 3. Di samping memakai glikol eter, DOT 4 juga mempunyai kandungan bahan ester borat.
  • DOT 5.1, kali ini merupakan jenis atau tipe super dibanding DOT 4. Namun kandungan yang terdapat pada DOT 5.1 pun menggunakan ester borat.
  • DOT 5, jenis terakhir ini diyakini menjadi jenis minyak rem yang terbaik daripada jenis minyak rem lainnya. Untuk material yang digunakan, DOT 5 memanfaatkan bahan silikon.
Baca Juga:  Begini Cara Mendaftar Whatsapp Tanpa Kode Verifikasi

Penting juga untuk diketahui bahwa semakin tinggi jenis DOT itu artinya semakin bagus juga minyak rem tersebut. Oleh karenanya, pilihlah jenis minyak rem yang memiliki DOT tinggi supaya rem dapat dijalankan lebih optimal dan kerusakan akan diminimalisir.

Minyak Rem Motor yang Bagus

Seperti yang telah diketahui, banyak sekali pilihan minyak rem yang dijual di pasar. Tetapi perbedaan kualitas, harga, hingga variasi lah yang biasanya menimbulkan kebimbangan untuk memilih. Karenanya berikut merupakan daftar minyak rem terbaik dan kisaran harganya (Rp), yaitu:

  • Motul Brake Fluid DOT 5.1 (161.000).
  • Prestone Brake Fluid DOT 3 (29.000).
  • Castrol Brake Fluid DOT 3 (57.000).
  • Suzuki Minyak Rem DOT 3 (24.000).
  • Mobil Brake Fluid DOT 4 (87.000).
  • Ate Brake Fluid DOT 4 (117.000).
  • Faito Extreme Brake Fluid DOT 4 (102.000).
  • Petroasia Brake Fluid DOT 3 (18.000).
  • Brembo Brake Fluid DOT 4 (115.000).

Akibat Minyak Rem Habis

Selain memilih minyak rem motor yang bagus, pemilik motor juga harus memperhatikan kesediaan minyak. Tak main-main, bila minyak rem habis dampaknya tak hanya dirasakan oleh pemilik motor saja tetapi juga bagi pengguna jalan yang lainnya.

Oleh karena itu, jangan sampai minyak rem pada kendaraan habis atau kosong sebab risikonya dapat fatal. Minyak rem yang habis akan menyebabkan proses pengereman tak akan bisa bekerja secara optimal. Bahkan hal ini juga bisa membuat rem tak berfungsi.

Jadi begitulah informasi mengenai fungsi, jenis, daftar minyak rem motor yang bagus, hingga akibat yang ditimbulkan bila minyak rem habis. Jadi selain memilih minyak rem terbaik, pemilik kendaraan juga harus memperhatikan betul ketersediaan minyak.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *