Cara Memperbaiki Aki Mobil Soak Dan Penyebabnya

Cara Memperbaiki Aki Mobil Soak Dan Penyebabnya

Memperbaiki Aki Mobil Soak

Memperbaiki Aki Mobil Soak – Cara memperbaiki aki mobil soak tentu tidak begitu sulit dan jangan pernah panik saat mobil soak. Aki sendiri memiliki fungsi untuk menyimpan energi listrik yang berbentuk energi kimia pada kendaraan.

Jadi, memang penting sekali merawat aki sehingga tidak terjadi soak. Namun, jika memang aki pada mobil soak tentu harus ketahui dulu apa penyebabnya sebelum mencari tahu cara untuk memperbaikinya.

Penyebab Aki Mobil Soak

Pengguna mobil tentu saja harus tahu dulu hal apa saja yang menyebabkan aki soal sebelum semuanya menjadi fatal. Jika memang menggunakan aki basah dan kalau malas merawatnya harus tahu dulu apa saja penyebab aki soak berikut ini:

  • Mobil yang jarang digunakan.
  • Intensitas yang tinggi pada penggunaan mobil.
  • Ampere aki mobil yang terbilang kecil.
  • Menambah terlalu banyak aksesoris pada mobil.

Memang cara untuk merawat aki yang basah tidak sulit, tetapi jika dirawat pun bukan tidak mungkin kendaraan akan mengalami kendala, seperti aki soak. Jika aki basah pada mobil kini soak tentu saja harus segera mencari cara alternatif untuk mengatasinya.

Langkah Cara Mengatasi Aki Mobil yang Soak

Saat aki mobil soak mungkin hal yang terlintas adalah segera membawanya ke bengkel sehingga bisa kembali sembuh. Namun, tidak menutup kemungkinan pengguna mobil bisa lakukan cara memperbaiki aki mobil soak dengan langkah berikut ini:

  • Siapkan bahan dan alat untuk memperbaiki aki yang soak yaitu air aki, obeng, sarung tangan, masker, air panas, ember, kain lap, suntikan tinta printer, lem atau selotip.
  • Jika semuanya sudah disiapkan kini saatnya untuk lepaskan aki. Jangan lupa menggunakan sarung tangan dan masker. Pastikan melakukannya dengan sangat hati-hati. Di sini pun perlu melepaskan kutub positif dulu baru yang negatif untuk menghindari percikan api.
  • Jika sudah membukanya silakan untuk bersihkan dulu aki dengan cara mengusap bagian aki yang kotor menggunakan kain lap yang bersih.
  • Jika sudah membersihkan aki, sekarang silakan untuk membuka tutup aki yang bisa digunakan dengan obeng. Pastikan melakukannya dengan sangat hati-hati sehingga kotak aki tidak akan mengalami kerusakan.
  • Setelah itu, jika aki sudah bersih, silakan untuk lanjutkan membuang cairan aki yang rusak di tempat aman kemudian langsung membersihkannya. Hal ini bukan hanya karena baunya menyengat melainkan aki sangat berbahaya jika terkena tubuh.
  • Cara membersihkannya silakan dengan masukkan air panas ke lubang aki kemudian buang kembali dan lakukan secara berulang.
  • Jika sudah membersihkannya menggunakan air panas silakan gunakan air biasa untuk membilasnya dengan mengocok isi aki. Lakukan berulang hingga menjadi bersih dan tidak ada air yang tersisa.
  • Saat aki sudah bersih sekarang silakan mengisi cairan aki yang baru hingga menyentuh batas maksimal. Sama seperti saat membuang air aki yang rusak, disini pun saat mengisi aki yang baru perlu hati-hati, jangan terkena kulit.
  • Untuk mengisinya bisa gunakan alat suntikan printer dan corong kecil.
  • Tutup setiap lubang menggunakan lem atau selotip jika sudah mengisi aki supaya tidak akan udara yang masuk.
  • Jika semua lubang sudah tertutup rapat silakan untuk mengisi daya aki. Saat mengisi daya memang tidak akan sebentar karena disini perlu waktu semalaman. Jadi, disini lebih baik gunakan pengisi daya dengan aliran kecil saja sehingga bisa lebih stabil juga tahan lama.
Baca Juga:  5 Cara Melepas Stiker Motor Tanpa Menimbulkan Goresan

Nah, itu dia tadi bagaimana cara memperbaiki aki mobil soak dan beberapa penyebabnya. Saat aki mobil soak sebaiknya jangan panik dan lakukan cara di atas untuk mengatasinya.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *