Air Rendaman Kurma

Nabeez atau air rendaman kurma cukup populer di masyarakat sejak zaman dulu. Minuman ini terkadang juga dihidangkan saat berbuka puasa atau ketika sedang ada tamu di rumah. Selain rasanya yang manis, nabeez mempunyai berbagai macam manfaat bagi kesehatan tubuh.

Rendaman kurma dibuat dengan teknik tertentu, yang mana cukup mudah untuk dipraktekkan di rumah. Hasilnya pun memberikan rasa dan aroma yang menyegarkan. Informasi tentang nabeez, mencakup manfaat dan cara pembuatannya dijelaskan sebagaimana pembahasan di bawah ini:

Apa Itu Nabeez?

Minuman kesehatan yang populer ini berasal dari kebiasaan Rasulullah yang sering merendam kismis dan kurma. Pembuatan air rendaman kurma dilakukan pada malam hari, kemudian siap diminum saat pagi hari. Jenis minuman ini memiliki kemiripan dengan infused water.

Jika ditanya apa itu nabeez, maka jawabannya nabeez merupakan air rendaman yang diperoleh menggunakan bahan kurma. Kebiasaan membuat infused water kurma ini sudah ada sejak zaman Rasulullah. Berdasarkan Hadits Abu Daud, nabeez disuguhkan Rasulullah ketika ada tamu yang berkunjung.

Manfaat Mengkonsumsi Nabeez Bagi Kesehatan

Seperti diketahui, buah kurma sangat baik bagi kesehatan. Sebab, didalamnya mengandung sejumlah nutrisi mencakup mineral, vitamin, protein, dan karbohidrat. Konsumsi air rendaman kurma akan membawa beberapa manfaat, diantaranya:

  • Meningkatkan Kinerja Otak. Buah kurma, pada dasarnya mengandung kalium. Kandungan ini mendukung penyerapan oksigen yang kemudian disebarkan ke otak. Lancarnya distribusi oksigen ke otak mampu meningkatkan fungsi organ vital tersebut, sehingga kinerja otak semakin baik dalam merespon dan mengingat.
  • Mengontrol Gula Darah. Meski mempunyai rasa manis, namun buah kurma tidak memicu peningkatan darah. Mengkonsumsi nabeez justru dapat menjaga kadar gula agar tetap stabil, sebab kurma mempunyai indeks glikemik yang rendah. Itulah alasannya, nabeez mampu mengontrol gula darah.
  • Detoksifikasi Racun. Manfaat air rendaman kurma selanjutnya yaitu berfungsi untuk menetralkan racun-racun yang terdapat dalam tubuh. Ini dikarenakan kurma memiliki kandungan alkali, sehingga dengan rutin mengkonsumsi minuman tersebut maka tubuh akan terjaga kesehatannya.
  • Mengatasi Alergi. Berkat kandungan sulfur organik yang terdapat dalam kurma, membuatnya mampu mengatasi reaksi alergi. Salah satunya alergi berupa rhinitis, yang memiliki gejala mirip dengan flu. Rhinitis ditandai dengan gejala mata merah, bersin-bersin, sakit kepala, dan hidung berair.
  • Melancarkan Pencernaan. Kekurangan cairan pada tubuh dapat membuat kotoran menjadi lebih keras, sehingga seseorang sulit untuk buang air besar. Inilah alasannya dehidrasi menjadi salah satu faktor pemicu sembelit. Air nabeez dengan kandungan serat yang tinggi merupakan solusi untuk mengatasi masalah pencernaan.
  • Mencegah Penyakit. Nabeez selain dapat menjaga kadar gula juga bermanfaat dalam menurunkan kolesterol jahat, sehingga baik untuk organ jantung. Hal ini juga didukung oleh kandungan antioksidan, seperti karotenoid, asam fenolik, dan flavonoid. Itulah alasannya, nabeez mampu mencegah datangnya penyakit.
  • Meningkatkan Energi. Selain nasi, sumber energi juga bisa diperoleh dari buah kurma. Nabeez mengandung gula dan karbohidrat yang menjadi sumber energi untuk tubuh. Mengkonsumsi nabeez bermanfaat dalam mengatasi rasa lelah ketika selesai berolahraga maupun kondisi tertentu saat seseorang memerlukan asupan energi.
Baca Juga:  Wajib Tahu! Ini Cara Mengobati Mata Kelilipan Untuk Menghindari Luka

Cara Membuat Nabeez di Rumah

Sebagaimana pembahasan di atas, tentunya pembaca akan menyadari begitu besar manfaat nabeez bagi kesehatan. Minuman ini dapat dibuat dari bahan kurma dan air putih. Adapun cara pembuatannya mencakup beberapa langkah sebagaimana poin-poin di bawah ini:

  • Cuci bersih buah kurma yang akan digunakan untuk membuat nabeez.
  • Kupas beberapa buah kurma dan buang bagian bijinya.
  • Iris kecil-kecil buah kurma tersebut.
  • Tuang air matang ke dalam gelas atau wadah yang memiliki penutup.
  • Masukkan kurma yang telah disiapkan ke dalam gelas berisi air.
  • Tutup rapat gelas dan diamkan antara 8-12 jam dalam lemari es.
  • Air nabeez dari kurma sudah siap untuk dinikmati.

Apabila di rumah tidak tersedia kurma, maka pembaca bisa menggantinya dengan kismis. Sebelum minum nabeez, sebaiknya aduk terlebih dahulu agar bagian kurma yang lunak bisa bercampur dengan air. Minuman ini bisa bertahan selama 1 sampai 2 hari saja.

Itulah pembahasan tentang nabeez, air rendaman kurma yang memiliki manfaat beragam selama dibuat dengan cara yang higienis. Tahapan pembuatan yang sederhana bisa diterapkan untuk mendapatkan minuman kesehatan tersebut. Nabeez menjadi alternatif olahan kurma yang sangat direkomendasikan.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *