Pengertian Supervisi Pendidikan

Pengertian Supervisi Pendidikan – Dalam dunia pendidikan memang keberadaan dari supervisi pendidikan memiliki fungsi tersendiri. Dimana istilah supervisi ini mempunyai arti merangsang serta membimbing kegiatan orang, agar bisa mencapai tujuan perbaikan dari sebelumnya. Hingga jika kaitannya dengan pendidikan bisa berupa pengembangan program dan lainnya.

Jika dilihat dari jenis maupun fungsi yang dimiliki, memang cukup beragam. Mulai dari fungsi penilaian sampai dengan fungsi penelitian. Sedangkan jenisnya terdiri dari supervisi akademik, hingga supervisi lembaga. Dengan pembahasan lebih lanjutnya sebagai berikut:

Pengertian Supervisi Pendidikan

Jika dilihat dari segi pengertian, supervisi pendidikan dapat dipahami sebagai suatu hal yang hadir dalam bentuk bimbingan maupun sejumlah tuntunan. Tentunya secara umum menuju kepada arah perbaikan pendidikan. Sedangkan secara khusus, yakni untuk melakukan peningkatan terhadap mutu KBM.

Istilah supervisi sendiri asalnya dari bahasa Inggris yang merupakan gabungan dua kata. Yakni kata super yang artinya dalam bahasa Indonesia adalah “diatas”.

Sedangkan kata yang kedua adalah vision yang artinya dalam bahasa Indonesia yaitu ‘melihat’. Menurut sejumlah orang ini, masih mempunyai kemiripan dengan pemeriksaan, pengawasan, penilaian dan yang lainnya.

Dalam dunia pendidikan sendiri, supervisi bisa berupa kegiatan yang mempunyai tujuan untuk melakukan pengembangan berbagai macam program pembelajaran. Dimana program tersebut dilakukan penyesuaian dengan berbagai keperluan para masyarakat yang demokratis serta modern.

Biasanya, dalam hal ini juga disediakan metode serta materi pengajaran supaya peserta didik mampu belajar dengan lebih gampang dan efektif. Dengan kata lain istilah supervisi dalam dunia pendidikan bisa dipahami, sebagai usaha para pejabat sekolah dalam memberikan kepemimpinan terhadap para guru.

Terkait masalah ini, akan berhubungan dengan elemen material dan manusia. Dimana elemen material tersebut berupa uang, kemudian bisa juga bangunan dan yang lainnya. Sedangkan yang namanya elemen manusia meliputi murid kemudian guru, orang tua dan lainnya.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Maaf Saat Ini Sistem Kami Sedang Sibuk Telkomsel Terjamin Langsung Bisa

Fungsi Supervisi Pendidikan

Pada dasarnya memang ada beberapa fungsi dari dilakukannya supervisi pendidikan dalam suatu lembaga. Mulai dari fungsi penelitian sampai dengan fungsi pembinaan. Berikut beberapa ulasan terkait fungsi dilakukannya supervisi dalam dunia pendidikan:

Penelitian

Daftar pertama dari fungsi dijalankannya supervisi dalam dunia pendidikan yaitu fungsi penelitian. Maksud dari fungsi ini, yaitu keharusan dalam melakukan pencarian terhadap solusi dari suatu permasalahan yang terjadi. Dengan kata lain, singkatnya fungsi ini adalah pencarian jalan keluar.

Penilaian

Yang dimaksud dengan fungsi penilaian ini merupakan suatu fungsi untuk melakukan pengaturan terhadap bentuk kemajuan yang hendak dicapai. Berhubungan pula dengan seberapa besar keberhasilan yang telah dicapai. Bentuk penilaian ini pun dapat dijalankan dengan berbagai cara.

Perbaikan

Yang disebut dengan fungsi perbaikan adalah suatu usaha guna memberikan motivasi terhadap guru dalam skala perorangan maupun kelompok. Tujuannya, supaya guru tersebut mampu menjalankan beberapa macam tugas yang diembannya sebagai bentuk perbaikan.

Pembinaan

Istilah fungsi pembinaan ini merupakan suatu usaha untuk melakukan pencegahan terhadap masalah yang tengah dihadapi. Yakni dengan cara memberikan pembekalan maupun pelatihan kepada para guru terlihat cara terkini dalam menjalankan proses pembelajaran.

Jenis-jenis Supervisi Pendidikan

Pada ada beberapa jenis supervisi dalam dunia pendidikan yang sering dipakai. Menurut tokoh bernama Suhardan, jenis supervisi di dunia pendidikan ada 3, yaitu seperti berikut:

Supervisi Akademik

Seperti nama yang dipakai, maka istilah supervisi akademik ini titik berat pengamatan yang dilakukan oleh supervisor terdapat pada bagian masalah akademik. Yakni berupa sejumlah hal yang berhubungan secara langsung dengan lingkungan pembelajaran.

Supervisi Administrasi

Jenis supervisi ini diketahui bahwa pihak supervisor menitik beratkan pengamatan pada bagian administrasi. Dimana fungsinya yaitu untuk mendukung serta memperlancar jalannya pembelajaran yang ada. Dengan begitu, sejumlah kendala bisa diminimalisir untuk mewujudkan tujuan yang dicanangkan.

Baca Juga:  Cara Setting Router TP-Link dengan HP Android

Supervisi Lembaga

Pada supervisi ini titik berat pengamatan yang dijalankan oleh pihak supervisor ada pada bagian sentral sekolah atau lembaga. Tujuan dari supervisi ini, adalah guna meningkatkan nama baik dari suatu lembaga pendidikan tertentu. Selain itu juga bisa untuk meningkatkan kinerja lembaga yang bersangkutan.

Demikian beberapa informasi tentang pengertian supervisi pendidikan beserta fungsi dan jenisnya. Peran supervisi sendiri dalam dunia pendidikan cukup penting mulai dari untuk memberikan bimbingan ataupun pelatihan terkini, mengenai permasalahan pendidikan yang dihadapi.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *