Inilah Penyebab Handphone Bootloop Dan Cara Mengatasinya

Inilah Penyebab Handphone Bootloop Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Handphone Bootloop

Penyebab Handphone Bootloop – Terdapat banyak faktor internal maupun eksternal sebagai penyebab handphone bootloop yang mengganggu aktivitas pengguna. Bootloop terjadi ketika hasil dari file sistem yang tidak bisa berfungsi dengan baik.

Ketika pengguna mulai mengunduh aplikasi baru hingga melakukan perubahan file sistem secara tidak sengaja. Namun, secara keseluruhan bootloop dimungkinkan terjadi karena perawatan dan penggunaan handphone yang kurang benar.

Hal ini menjadi sebuah peringatan kepada setiap pengguna handphone mengenai betapa pentingnya menjaga dan menggunakan handphone dengan baik serta mewaspadai jika ingin menerapkan sistem baru dan menambahkan file eksternal pada handphone.

Berbagai Penyebab Handphone Mengalami Bootloop

Bootloop yang terjadi pada ponsel merupakan hal yang wajar terjadi, namun perlu diwaspadai bahwa bootloop yang terjadi secara berulang kali dapat menyebabkan kerusakan pada handphone dan berakibat fatal. Sehingga untuk menghindari hal tersebut pengguna perlu kenali penyebab terjadi bootloop pada handphone.

Penyimpan Internal Handphone Terlalu Penuh

Pengguna perlu waspadai bahwa memiliki penyimpanan yang terlalu banyak pada handphone dapat menyebabkan handphone mengalami bootloop. Setiap handphone memiliki kapasitas penyimpanan internal yang berbeda-beda dan setidaknya perlu menyediakan 20% penyimpanan internal kosong dari penyimpanan internal keseluruhan agar tidak terjadi bootloop dan kerusakan pada handphone.

Handphone Rusak Karena Faktor Eksternal

Penyebab lainnya yang perlu pengguna perhatikan adalah handphone yang rusak karena faktor eksternal seperti air, listrik, atau sebagainya bisa menjadi faktor umum handphone mengalami bootloop. Handphone adalah benda elektronik yang sangat sensitif jika mengalami kerusakan fisik. Sehingga pengguna perlu berhati-hati.

Pengguna Salah Ketika Mengatur Permission

Penyebab handphone bootloop lainnya adalah karena pengguna salah mengatur permission. Pada pengguna yang menggunakan handphone Android perlu mewaspadai hal ini. Karena, sistem handphone Android akan sangat bergantung pada permission sistem yang benar. Jika salah mengatur permission pada file sistem dapat menyebabkan handphone bootloop.

Baca Juga:  Paketan Internet Kartu Halo - Solusi Kebutuhan Digital Anda

Bermacam Cara Mengatasi Handphone Bootloop

Pengguna tidak perlu merasa khawatir ketika handphone yang digunakan tiba-tiba mengalami bootloop karena itu hal yang biasa terjadi. Pengguna tidak perlu buru-buru membawa handphone ke service center karena ada cara mudah mengatasi handphone yang mengalami bootloop secara mudah dan bisa dilakukan di rumah.

Colokan Handphone ke Sumber Listrik dan Lakukan Restart paksa

Langkah ini mungkin akan terdengar kurang penting namun tidak ada salahnya melakukan solusi pertama ini. Ketika handphone tiba-tiba mengalami bootloop, pengguna dapat langsung sambungkan handphone ke stopkontak.

Tunggu hingga daya listrik masuk ke dalam handphone hingga akhirnya handphone dapat digunakan kembali. Jika handphone mengalami bootloop alternatif cara yang bisa dilakukan pengguna adalah dengan melakukan secara paksa untuk restart dan matikan power handphone.

Cukup tekan tanda power selama kurang lebih 20 detik dan tunggu hingga perangkat dapat bekerja secara normal kembali. Langkah ini biasanya ampuh dilakukan.

Lepaskan Kartu SD pada Handphone

Adanya file yang tersimpan dalam handphone mengalami rusak atau tidak sesuai dengan spesifikasi handphone bisa menjadi penyebab handphone bootloop. Pengguna bisa mengeluarkan kartu SD pada handphone untuk memastikan apakah kartu SD adalah masalahnya. Jika telepon tetap menyala maka kartu SD adalah masalahnya dan perlu diganti.

Ternyata terdapat beberapa faktor umum yang terkadang penggunaan remehkan dan sering menjadi penyebab handphone bootloop. Dari beberapa faktor tersebut pengguna dapat mewaspadai lebih awal agar tidak terulang kembali bootloop. Cara mengatasi bootloop pada handphone bisa mudah dilakukan tanpa perlu ke service center.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *