Penyebab Mobil Avanza Mati

Penyebab Mobil Avanza Mati – Tidak perlu panik kalau tiba-tiba mobil mati di tengah jalan. Kenali apa saja penyebab mobil Avanza mati mendadak agar tahu cara mengatasinya. Karena selain disebabkan oleh bahan bakar yang habis, ada beberapa permasalahan lain yang mengganggu sistem kendaraan.

Biasanya setelah dikembalikan ke gigi netral dan coba distarter, mobil akan menyala. Tapi kalau masih saja mati, berarti ada kendala pada komponen penting kendaraan. Berikut beberapa penyebab yang sering membuat mobil Avanza tiba-tiba mati:

Aki Tekor

Aki merupakan komponen di mobil yang menyuplai arus pada sistem kelistrikan. Jika aki tekor, maka mesin akan mati secara mendadak. Bahkan setelahnya, tidak dapat dinyalakan meski distarter berulang kali.

Aki tekor dikarenakan beberapa hal. Paling sering terjadi disebabkan human error, seperti jarang menghidupkan mobil, lampu sein lupa tidak dimatikan, dan terlalu berlebihan memasang audio. Bisa juga aki melemah saat alternator rusak.

Mesin Overheat

Penyebab kedua yang membuat mobil Avanza tiba-tiba mati yaitu mesin mengalami overheat. Kondisi tersebut merupakan naiknya temperatur pada mesin hingga menimbulkan panas berlebih. Umumnya dimulai karena pemilik mobil lupa mengecek air radiator.

Air radiator itu berfungsi untuk mendinginkan mesin. Jika jumlahnya berkurang, maka mesin tidak mampu menampung panas yang timbul. Selain itu, air radiator terkadang juga kotor yang akan menghambat proses sirkulasi.

Sistem Pengapian Bermasalah

Jika mobil Avanza mati mendadak, maka wajib mengecek sistem pengapiannya. Sebab, komponen tersebut memiliki peran untuk mengalirkan daya ke mesin, sehingga dapat bergerak. Tapi kalau bermasalah, mobil akan mati dan tidak bisa distarter.

Untuk permasalahan ini, coba cek apakah koil bisa bekerja. Pastikan pula kalau sekring mobil masih menyambung. Selain itu, sistem pengapian juga harus mendapatkan asupan udara yang cukup. Pengecekan dilakukan mulai dari filter udara, box air cleaner, maupun air cleaner-nya.

Baca Juga:  5 Rekomendasi Ban Motor Yang Tidak Licin Saat Hujan

Oli Bocor

Penyebab mobil Avanza mati mendadak yang keempat yaitu terjadi kebocoran pada oli. Ketika jumlah oli sangat minim, komponen yang bergerak akan mengalami gesekan karena tidak adanya pelumas. Hal tersebut yang mengakibatkan mesin panas dan aus.

Oli bocor juga membuat karet seal menciut, bantalan poros rusak, dan mesin macet. Apabila mengalami kendala tersebut, maka harus langsung dibawa ke bengkel. Melalui pemeriksaan akan diketahui apakah yang bocor oli mesin, oli rem, power steering, ataukah oli gardan.

Starter Bermasalah

Ketika mobil Avanza mati mendadak, maka harus aware karena itu indikator permasalahan pada starter. Starter (ignition switch) merupakan kontak utama yang akan mengalirkan arus ke sistem kelistrikan. Starter pula yang berfungsi pada sistem bahan bakar dan ECU.

Apabila sistem bahan bakar terganggu, tentu mesin tiba-tiba akan mati. Mungkin ada beberapa mobil yang bisa distarter lagi, tapi banyak pula yang tidak menyala. Starter bermasalah karena adanya guncangan ketika melewati jalan berlubang atau polisi tidur.

Water Hammer

Mobil Avanza yang tiba-tiba mati bisa dikarenakan terjadinya water hammer. Terkadang juga disebut dengan istilah hydrolocking. Kondisi tersebut terjadi saat ada air yang masuk ke ruang bahan bakar.

Jika kemasukan air, pastinya mobil susah dinyalakan kembali. Biasanya terjadi karena pemilik kendaraan tidak ahli saat melewati genangan air. Apalagi ketinggian air mencapai kap mobil.

Tersumbatnya Pompa Bensin

Terakhir, yang mengakibatkan mobil mati mendadak yaitu pompa bensin (fuel pump) tersumbat. Permasalahan tersebut membuat mesin tidak memperoleh bahan bakar yang cukup. Agar tidak terjadi lagi, pakailah bahan bakar yang oktannya sesuai rekomendasi pabrik.

Itulah penyebab mobil Avanza mati mendadak yang harus diketahui. Kalau tiba-tiba di tengah jalan mesin mati, kenali dulu apa penyebabnya. Pasalnya, setiap permasalahan di komponen mobil ada penanganannya masing-masing.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *