7 Perusahaan Sekuiritas Terbaik Dan Terdaftar Di OJK

7 Perusahaan Sekuiritas Terbaik Dan Terdaftar Di OJK

Perusahaan Sekuiritas Terbaik

Perusahaan Sekuiritas Terbaik – Aktivitas di pasar modal tentunya erat kaitannya dengan perusahaan efek. Untuk menjamin keamanan dalam bertransaksi, memilih perusahaan sekuritas terbaik sangat penting. Salah satunya dengan memperhatikan izin OJK yang berlaku di Indonesia, berikut informasi tentang perusahaan sekuritas untuk disimak:

Apa Itu Perusahaan Sekuritas?

Bentuk aset dalam investasi yang berisi surat berharga yang bisa dicairkan menjadi uang tunai disebut dengan saham sekuritas. Sedangkan perusahaan sekuritas merupakan badan usaha yang menjadi perantara pada transaksi jual beli saham tersebut. Perusahaan sekuritas legal harus mengantongi izin OJK.

Secara garis besar, perusahaan sekuritas mempunyai tiga macam kegiatan utama yang mencakup penjamin emisi efek, manajer investasi, dan broker dealer. Peran perusahaan sekuritas sebagai emisi efek yaitu membantu emiten untuk melaksanakan penawaran umum saham.

Di sisi lain, peran perusahaan sekuritas pada posisi manajer investasi yaitu mengelola portofolio efek nasabah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Kemudian peran perusahaan sekuritas sebagai broker dealer yaitu melaksanakan jual beli surat berharga untuk kepentingan perusahaan dan nasabah.

Perusahaan Sekuritas Terbaik

Untuk mencoba berinvestasi, pemula perlu mendaftar pada perusahaan sekuritas yang legal. Terdapat beberapa perusahaan sekuritas terbaik yang terjamin keamanannya, sebab sudah memiliki izin OJK. Berikut rekomendasi perusahaan sekuritas yang dapat dipilih untuk mencoba investasi:

RHB Sekuritas

Kehadiran RHB Sekuritas pada tahun 1994 merupakan bagian penting dari global PhillipCapital. Diantara layanan yang ditawarkan berupa reksadana, transaksi saham, obligasi, dan sebagainya. RHB Sekuritas mempunyai layanan trading online dengan sistem bernama POEMS.

Indo Premier Sekuritas

Perusahaan ini sudah beroperasi pada tahun 1996 dan tetap populer hingga sekarang. Indo Premier Sekuritas menjadi perusahaan swasta yang melayani transaksi efek bagi perseorangan hingga korporasi. Tercatat pada tahun 2019 telah melaksanakan transaksi obligasi sebesar Rp10 triliun.

Baca Juga:  5 Tempat Wisata Maros Yang Wajib DiKunjungi

Indo Premier Sekuritas populer dengan kode PD dan menyediakan beragam produk serta layanan investasi. Misalnya seperti jual beli saham, investment banking bagi korporasi, reksadana, dan seterusnya. Itulah alasannya, perusahaan sekuritas ini banyak dilirik oleh para investor.

Indo Premier Sekuritas memiliki keunggulan, diantaranya menawarkan biaya pendaftaran yang rendah mulai Rp100.000. Perusahaan ini memiliki aplikasi yang bisa diakses bernama IPOT (Indo Premier on Trading). Di samping itu, terdapat rekening dana investor pada beberapa bank besar.

Mandiri Sekuritas

Perusahaan Mandiri Sekuritas dibangun pada tahun 2000 dan saat ini mempunyai lebih dari 40 kantor di beberapa daerah. Contoh layanan yang tersedia pada Mandiri sekuritas berupa penjamin emisi serta menjadi perantara perdagangan efek. Mandiri sekuritas juga meluncurkan trading online dalam aplikasi MOST.

Kelebihan yang ditawarkan dalam perusahaan sekuritas ini yaitu berupa pendaftaran online yang dapat dilakukan dengan setoran awal terjangkau. Selanjutnya biaya transaksi yang dibebankan juga kompetitif yaitu 0,18% bagi pembelian dan 0,28% bagi penjualan saham.

BNI Sekuritas

Hadir di Indonesia pada tahun 1995, BNI Sekuritas terus memberikan layanan yang aman dengan izin OJK. Keunggulan perusahaan ini terletak pada produk syariah dan reguler, serta setoran awal terjangkau. Sama dengan perusahaan lain, BNI Sekuritas juga menawarkan layanan trading online.

Baca Juga : Begini Cara Trading Saham Supaya Aman

Mirae Asset Sekuritas Indonesia

Didirikan tahun 1994, Mirae Asset Sekuritas termasuk perusahaan legal berizin OJK. Bukan hanya itu, Mirae Asset Sekuritas juga merupakan perusahaan sekuritas terbaik yang menawarkan sejumlah layanan serta produk. Adapun beberapa produk meliputi obligasi, reksadana, akuisisi atau merger, transaksi jual beli saham, dan seterusnya.

Sebagai salah satu perusahaan sekuritas yang ternama di Indonesia Mirae Asset Sekuritas meluncurkan aplikasi untuk online trading. Di samping itu, terdapat layanan 24 jam yang akan membantu nasabah. Biaya transaksi dimulai dari 0,25% bagi penjualan saham dan 0,15% bagi pembeliannya.

Baca Juga:  5 Jadwal Perdagangan Saham Di Indonesia Yang Perlu di Ketahui

CLSA Sekuritas Indonesia

Perusahaan sekuritas yang berdiri tahun 1990 bernama CLSA Sekuritas Indonesia memberikan layanan dalam bertransaksi saham. Tercatat tahun 2021 CLSA Sekuritas mempunyai transaksi saham dengan nilai Rp95,69 triliun. Itulah sebabnya, CLSA Sekuritas banyak dilirik investor.

NH Korindo Sekuritas

Meski baru hadir di tahun 2008, tetapi NH Korindo Sekuritas menjadi perusahaan terbaik yang perlu dipertimbangkan. Layanan yang ditawarkan berupa fixed income, online trading, investment banking, dan seterusnya. Pendaftaran bisa secara online dengan biaya setoran awal minimal Rp1.000.000.

Itulah daftar 7 perusahaan sekuritas terbaik dengan izin OJK yang direkomendasikan. Setiap perusahaan sekuritas menetapkan setoran awal yang berbeda-beda, sehingga perlu diperhatikan. Begitu pun biaya transaksi yang beragam juga dapat menjadi pertimbangan saat menentukan perusahaan sekuritas sesuai kebutuhan.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *