5 Penyebab Pintu Mobil Tidak Bisa DiKunci Dengan Remote Yang Patut Diketahui

5 Penyebab Pintu Mobil Tidak Bisa DiKunci Dengan Remote Yang Patut Diketahui

Pintu Mobil Tidak Bisa DiKunci

Pintu Mobil Tidak Bisa DiKunci – Alasan mengapa pintu mobil tidak bisa dikunci dengan remote mungkin menjadi salah satu yang mengundang rasa penasaran bagi si empunya. Sejauh yang diketahui dari beberapa referensi, penyebab kegagalan pintu terkunci karena remote berjumlah lima poin.

Untuk mengetahui apA saja penyebab remote bermasalah sehingga berpengaruh pada pintu mobil, silahkan simak ulasan di bawah ini. Dimana telah dirangkum dengan ringkas agar lebih mudah dipahami oleh masing-masing pengendara, diantaranya:

Tombol pada Remote Kurang Responsif

Fungsi remote terlebih mengunci dan membuka pintu mobil dikerjakan oleh tombol dengan lambang kunci gembok. Apabila tombol kunci gembok mengalami gangguan, maka tidak menutup kinerja yang dikeluarkan menjadi kurang responsif atau lamban.

Untuk menangani masalah yang dikarenakan gangguan pada tombol, langsung bawa ke servis andalan. Kemudian ceritakan apa keluhan supaya montir bisa mengetahui dan memperbaiki masalah pengganggu yang ditimbulkan.

Masa Baterai pada Remote Habis

Seperti yang diketahui bahwa baterai merupakan sumber daya bagi remote untuk melakukan fungsi salah satunya mengunci pintu mobil. Kebanyakan pengendara khususnya kendaraan pribadi, karena kesibukan tidak sempat melakukan pengecekan pada remote baik sebelum berangkat maupun sewaktu pulang.

Padahal baterai yang sangat berpengaruh bisa saja melemah akibat masa yang dimiliki telah habis, sehingga tidak bisa bekerja sesuai fungsinya. Dalam menyiasati penyebab ini, tidak perlu khawatir karena pengendara hanya membutuhkan baterai baru lalu menukarkan dengan yang sudah lama.

Komponen Receiver pada Remote Mengalami Gangguan

Kegagalan remote dalam mengunci pintu juga dapat disebabkan oleh gangguan yang berakhir pada kerusakan di bagian komponen Receiver. Sekedar informasi tambahan, komponen tersebut memiliki fungsi sebagai “wadah” penerima gelombang ketika tombol yang ada di remote ditekan.

Baca Juga:  Begini Cara Mengemudi Mobil Manual Untuk Pemula Nyaman Dan Aman

Penerimaan inilah yang kemudian dijadikan dalam bentuk interpretasi berbagai fungsi remote termasuk penguncian pintu mobil. Apabila pada komponen Receiver mengalami kerusakan, tentu kerja yang seharusnya tidak dapat berjalan secara normal.

Untuk mengatasinya, perlu menggunakan jasa ahli yang umumnya tersedia di bengkel-bengkel kendaraan roda empat. Carilah servis resmi yang sudah terpercaya dan berkualitas agar perbaikan bisa sedikit lebih aman.

Remote Terpengaruh Gelombang Elektromagnetik yang Tinggi

Apabila ternyata setelah dibawa ke bengkel resmi tetap pintu mobil tidak bisa dikunci dengan remote, tidak serta-merta kesalahan montir bengkel. Kemungkinan terjadi karena frekuensi gelombang elektromagnetik yang cukup tinggi menyentuh remote kendaraan.

Biasanya terjadi di lingkungan dekat dengan menara TV dan radio atau area SUTET, yang mana dapat mengganggu kinerja remote. Disini tidak perlu cemas, dengan menghindari lingkungan yang memiliki pancaran gelombang elektromagnetik tinggi maka remote dapat bekerja kembali.

Remote Mobil Mengalami Kerusakan

Lalu bagaimana kalau seandainya setelah di servis dapat digunakan namun karena kelalaian pengendara tidak bisa dikunci lagi? Cobalah membawa kembali ke bengkel resmi untuk berkonsultasi kepada ahlinya agar diketahui apa masalah yang menginisiasi kegagalan.

Seringnya kelalaian seperti terjatuh di sembarang tempat dengan permukaan keras dan ketumpahan air dapat menjadi penyebab kerusakan. Di samping itu, terkadang akibat tak sengaja tertimpa atau terlihat juga memungkinkan menambah kerusakan.

Inilah mengapa sangat disarankan kepada pengendara mobil supaya lebih menjaga remote sebaik-baiknya. Taruh remote di tempat yang mudah dijangkau dan tidak terlalu tinggi dari permukaan lantai serta hindari dimainkan oleh anak-anak.

Itulah lima poin alasan pintu mobil tidak bisa dikunci dengan remote meskipun bawaan pabrikan. Sebagai pengendara semestinya benar-benar memperhatikan setiap komponen pada remote sebelum berkendara. Tujuannya supaya lebih aman sewaktu harus meninggalkan kendaraan pribadi.

Baca Juga:  Panduan Lengkap - Cara Mengajukan Kartu Kredit Jenius

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *