Pahami Prinsip Supervisi Pendidikan Demi Tercapainya Pembelajaran Yang Baik!

Pahami Prinsip Supervisi Pendidikan Demi Tercapainya Pembelajaran Yang Baik!

Prinsip Supervisi Pendidikan

Prinsip Supervisi Pendidikan – Prinsip supervisi pendidikan merupakan kaidah-kaidah yang digunakan sebagai landasan dalam kegiatan supervisi. Memungkinkan tenaga pendidik dapat menjadi seorang guru yang profesional dalam mengerjakan tugasnya. Untuk penjelasan lebih lanjut, simak berikut ini ulasannya yaitu:

Tentang Prinsip Supervisi Pendidikan

Jika diartikan secara terpisah, prinsip berdasarkan kamus mempunyai pengertian merupakan pernyataan fundamental yang dijadikan untuk bertindak. Sedangkan supervisi pendidikan adalah sebuah bimbingan profesional yang ditujukan untuk guru. Hal ini dilakukan untuk memberikan kesempatan agar tenaga pendidik dapat berkembang dan maju.

Terlebih lagi, ketika mengerjakan tugasnya sebagai guru, hal ini akan mendukungnya dalam memperbaiki proses belajar siswa. Oleh sebab itu, proses belajar dalam kelas sangat bergantung pada keterampilan mengajar. Jika ada supervise fokus pada peningkatan profesi, maka mutu pembelajaran meningkat.

Prinsip-Prinsip Supervisi Pendidikan

Jika dijabarkan secara runtut, definisi dari prinsip-prinsip supervisi sebenarnya banyak dikemukakan oleh para tokoh. Terdapat beberapa uraian yang disebutkan secara sederhana sehingga mudah untuk dipahami. Simak berikut ini uraian yang dapat dipelajari, di antaranya yaitu:

  • Mempunyai sifat kreatif dan konstruktif.
  • Hendaknya memberikan keamanan terhadap pihak yang supervisi.
  • Menghendaki realitas yang berdasarkan keadaan serta kenyataan.
  • Terlaksana secara sederhana.
  • Adanya hubungan yang sifatnya profesional.
  • Membantu guru untuk tumbuh tanpa bergantung kepada kepala sekolah.
  • Dilakukan berdasarkan kesanggupan, kemampuan, serta sikap baik pada pihak yang disupervisi.

Prinsip Positif dalam Supervisi

Pada kenyataannya dalam menjalankan prinsip supervisi tentu akan ada resiko yang ditimbulkan. Memungkinkan adanya dampak negatif serta positif dari yang ditimbulkannya. Nah, untuk lebih lanjutnya, simak berikut ini penjelasan tentang dampak positifnya yaitu:

Dilaksanakan Secara Kooperatif dan Demokratis

Dalam hal ini kepala sekolah yang menjadi seorang supervisor harus mampu menghargai setiap kepribadian yang dimiliki oleh guru. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan pembicaraan bersama dengan memberikan kesempatan untuk berbicara. Memungkinkan lahirnya perasaan, ide serta pendapat dari seorang guru.

Baca Juga:  Apa itu Pendidikan Ilmu Hukum?

Memungkinkan lahirnya keputusan yang dihasilkan lewat musyawarah. Hal ini bertujuan untuk memperoleh hasil tujuan bersama, Membuat suasana yang tercipta dapat terpupuk berdasarkan kerja sama antara pimpinan dengan yang dipimpin dengan baik.

Kreatif dan Konstruktif

Adanya kesadaran oleh pihak supervisi terhadap kelebihan dan kekurangan guru itu sangat penting. Mengingat hal tersebut perlu dilakukan untuk memberikan dorongan serta dukungan kepada guru untuk mengembangkan kelebihan yang dimilikinya. Sedangkan untuk kekurangan, dapat dicarikan solusi terbaiknya bersama.

Scientific dan Efektif

Ketika dihadapkan pada sebuah masalah, seorang supervise hendaknya dapat bersikap scientific. Dalam hal ini berarti pihak supervisi harus bisa mendengarkan serta memahami permasalahan guru dengan seksama. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengumpulkan data, lalu mengolahnya sehingga dapat diambil kesimpulan.

Perlu diingat, pihak supervisi di sini berperan untuk menolong guru agar dapat mempersiapkan pelajaran yang diberikan. Membuat para guru menjadi lebih siap dalam mengkondisikan kelas yang akan diajarkan. Tidak hanya itu bagian dari menyusun tes yang efektif pun dapat terlaksana.

Pihak supervisi akan membantu para guru untuk dapat melakukan koordinasi teori yang diiringi dengan praktek. Jadi perbaikan antara metode pembelajaran dan cara penggunaannya pun bisa diperbaiki. Memungkinkan penerapannya di sekolah pun dapat terwujud dengan baik.

Berdasarkan Kenyataan

Kepala sekolah yang mengadakan prinsip supervisi pendidikan hendaknya melakukannya berdasarkan kenyataan sebenarnya. Hal tersebut dapat dilihat serta disaksikan dan diketahui oleh pihak supervise dari orang terdekat. Keadaan sebenarnya tersebut meliputi lingkungan belajar, keadaan murid serta media pembelajaran sesungguhnya.

Supervisi Mampu Memberikan Rasa Aman

Selanjutnya pihak supervisi yaitu kepala sekolah harus bisa membantu guru dalam memberikan rasa aman. Pihaknya selalu senantiasa siap untuk mencari solusi dari setiap masalah yang tengah dihadapi oleh guru. Hal ini dapat dilakukan dengan senantiasa mendengarkan keluhan guru dengan perhatian.

Baca Juga:  Air Terjun Sikulikap, Keindahan Alam Di Tanah Sumatera

Memberikan Kesempatan Supervisor dan Guru untuk Evaluasi Diri

Agar pelayanan supervisi yang dilakukan menghadirkan manfaat, kepala sekolah serta guru hendaknya memberikan kesempatan evaluasi diri. Bentuk evaluasi dapat dilakukan dengan mengembangkan diri sebelumnya. Hal ini dilakukan supaya bisa meningkatkan kualitas mengajar yang baik di dalam kelas nantinya.

Itulah penjelasan terkait prinsip supervisi pendidikan yang dapat dipahami sebelumnya. Untuk dapat menerapkan prinsip tersebut dengan baik, pihak supervisi dan guru harus dapat bekerjasama. Memungkinkan tujuan dari prinsip tersebut dapat disepakati bersama.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *