Mau Tau Apa Saja Produk Bank Syariah _Ini 4 Diantaranya!

Mau Tau Apa Saja Produk Bank Syariah _Ini 4 Diantaranya!

Produk Bank Syariah

Produk Bank Syariah – Produk bank syariah, kini telah banyak macamnya. Melalui adanya bank syariah ini, nantinya seseorang bisa melakukan kegiatan perbankan sesuai dengan syariah Islam.

Produk yang ditawarkan oleh bank syariah ini pun cukup beragam. Tentunya, hal ini bisa dijadikan opsi oleh pihak yang berkepentingan. Lalu, apa saja sebenarnya produk yang ditawarkan oleh bank syariah tersebut? Simak ulasan berikut untuk informasi lengkapnya:

Mengenal Bank Syariah

Bank basis syariah memiliki fungsi yang sama dengan bank konvensional. Melalui bank syariah, nantiya nasabah juga bisa menabung dana dengan aman di bank. Tentunya mengajukan pinjaman pun juga pilihan yang bisa dilakukan di bank syariah.

Namun, tentunya bank syariah juga bank konvensional tetaplah memiliki perbedaan pada beberapa sisi. Prinsip dari bank itu sendiri, menjadi hal pembeda yang tentu cukup signifikan dari keduanya.

Bank syariah sendiri, pada dasarnya menggunakan prinsip syariah dimana pada transaksi yang digunakan akan dilakukan berdasar aturan Islam. Bahkan dalam bank syariah pun juga meniadakan sistem bunga.

Pada bank syariah, bunga akan diganti dengan sistem bagi hasil yang kesepakatannya sudah ditentukan sejak awal. Hal inilah kemudian yang menjadi pembeda utama dari bank syariah serta bank umum atau konvensional.

Tentunya dengan adanya bank syariah ini nantinya masyarakat Indonesia yang mayoritas Muslim juga tidak perlu takut akan adanya riba dalam sistem bank. Hal ini, karena pada dasarnya riba dalam bank syariah pun juga menjadi hal sangat dilarang dalam Islam.

Bank syariah, tentunya juga memiliki pihak pengawas yang bertugas untuk mengawasi setiap kegiatan perbankan. Badan pengawas ini sendiri, disebut DPS atau Badan Pengawas Syariah. Nantinya, badan pengawas inilah yang akan membantu OJK dalam mengawasi kegiatan keuangan bank syariah.

Baca Juga:  BCA Visa Signature - Eksklusivitas dan Kemewahan dalam Setiap Transaksi

Apa Saja Produk di Bank Syariah?

Seperti yang sempat dibahas, bahwasanya bank syariah memang memiliki perbedaan cukup signifikan dengan bank konvensional. Perbedaan ini pun bisa dilihat melalui berbagai produk yang ditawarkan.

Tentunya, produk ini pun bisa cukup berbeda karena prinsip yang dijalankan oleh bank pun juga berbeda dengan konvensional. Lalu, apa saja produk bank syariah itu sendiri? Simak ulasannya berikut:

Tabungan Syariah

Tabungan syariah menjadi produk bank syariah pertama yang bisa dijadikan opsi, apabila ingin mencoba menggunakan bank syariah. Pada dasarnya, bank syariah ini memiliki sistem yang sama dengan konvensional.

Nantinya, nasabah akan menitipkan uang pada pihak bank syariah dan uang akan disimpan di bank. Bedanya pada bank syariah, tidak memberlakukan sistem bunga yang biasa ada pada bank konvensional.

Gadai Syariah

Produk berikutnya, yang bisa dijadikan pilihan adalah gadai syariah. Pada produk ini sendiri, juga memiliki proses yang sebenarnya sama dengan konvensional. Namun, tentu dalam prinsip menjalankannya akan berbeda.

Gadai syariah sendiri tidak menggunakan sistem bunga pada pembayaran pinjaman yang dilakukan oleh nasabah. Namun, tentu nasabah tetap harus menggunakan barang jaminan untuk dapat mengajukan pinjaman.

Deposito Syariah

Deposito syariah menjadi produk berikutnya yang bisa ditemukan di bank syariah. Tentu dalam sistem deposito bank syariah ini, memiliki perbedaan dalam profit yang akan diperoleh oleh bank juga nasabah.

Perbandingannya bisa perkirakan antara 60:40 dimana 60 untuk nasabah juga 40 untuk bank. Sistem dalam pembagian inipun, akan disebut sebagai bagi hasil dimana setiap ketentuan akan disepakati dengan nasabah di awal saat deposito dibuat.

Giro

Giro syariah adalah produk berikutnya yang dimiliki oleh bank syariah. Produk ini sendiri, pada dasarnya juga memiliki sistem yang hampir mirip dengan konvensional. Pembedanya, tentu dapat dilihat dari proses serta prinsip yang digunakan.

Baca Juga:  Keunggulan dan Manfaat BCA American Express Platinum

Pada giro syariah sendiri, nantinya bank akan menggunakan akad wadiah juga mudharabah. Nantinya nasabah akan menyimpan dana dan dapat menarik secara tunai sedangkan bank berperan untuk mengelola dana.

Itulah tadi 4 produk bank syariah yang tentunya perlu untuk diketahui masyarakat Indonesia. Khususnya bagi masyarakat Muslim yang membutuhkan tempat penyimpanan aman juga tetap berpegang pada syariat Islam. Tentunya produk bank ini dijamin aman, karena ada OJK juga DNS sebagai pengawas.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *