Reksa Dana Syariah Adalah Program Investasi Islami Yang Menguntungkan, Ini Penjelasanya!

Reksa Dana Syariah Adalah Program Investasi Islami Yang Menguntungkan, Ini Penjelasanya!

Reksa Dana Syariah Adalah

Reksa Dana Syariah Adalah – Belakangan semakin banyak saja nasabah yang tergiur untuk mengikuti program investasi mutakhir, reksa dana syariah. Lantaran, kabarnya reksa dana syariah adalah jawaban inovatif atas harapan adanya investasi yang aman dari unsur riba di dalamnya. Lebih dari itu, pada investasi jenis ini juga menawarkan keuntungan dengan penghitungan yang jelas, yang membuat nasabahnya tidak merasa was-was.

Benarkah kabar yang beredar tersebut? Jika benar, sebenarnya apa yang dimaksud dengan reksa dana syariah ini? Kemudian apa pula keuntungan yang dapat diperoleh nasabah ketika mengikuti program investasinya? Sebaiknya sediakan waktu demi mengikuti uraian di bawah ini dengan seksama untuk memperoleh jawabannya. Berikut simak ulasannya:

Mengenal Investasi Reksa Dana Syariah

Secara sederhana pengertian dari reksa dana syariah adalah program investasi yang memungkinkan bagi setiap nasabahnya untuk menitipkan sebagian dananya. Nantinya, dana yang terhimpun tersebut akan dimanfaatkan untuk pasar modal, entah itu sebagai saham, obligasi, atau lainnya yang relevan. Pemanfaatan ini dilakukan oleh pihak kompeten yang dikenal dengan istilah manajer investasi.

Kegiatan investasi semacam ini dapat dikatakan legal dan berada di bawah perlindungan dan pengawasan lembaga negara. Tepatnya oleh lembaga OJK. Sehingga terkait dengan hal transaksi, pengelolaan dana dengan prinsip keislamannya tidak perlu dicemaskan. Para nasabah pun tinggal menginvestasikan dananya untuk mendapatkan hasil yang dibagikan setelah mendapat laba bersih dari pengelolaan.

Lebih lanjut, terkait dengan layanannya, sekarang telah banyak perusahaan perbankan yang menyediakan reksa dana syariah ini. Sebut saja di antaranya yang diunggulkan adalah Mandiri Syariah, Trimegah Kas Syariah, dan juga Bahana MES syariah. Selain itu, masih terdapat produk-produk dari bank serupa lainnya, yang memberikan aneka penawaran reksa dana syariah, yang dikelola dengan amanah.

Baca Juga:  Belanja Berhemat dan Transaksi Cerdas dengan Kartu Debit

Baca Juga : Cara Beli Reksa Dana di BNI Sekuritas Sebelum Berinvestasi

Keuntungan yang Bisa Didapat Nasabah dengan Reksa Dana Syariah

Berikutnya yang lebih menarik adalah keberadaannya sebagai program inovatif telah membuatnya memberi banyak keuntungan bagi nasabah. Khususnya yang terkait dengan hal-hal pokok terkait pengelolaan dan pembagian hasil di bawah ini:

  • Keuntungan pertama jelas berkaitan dengan hal pengelolaannya yang menerapkan prinsip dasar syariah. Hal ini merupakan poin penting, khususnya bagi nasabah yang merasa risih dengan urusan riba pada layanan konvensional.
  • Kemudian, layanan ini juga mempunyai diversifikasi investasi, yang mana hal tersebut memberi dampak signifikan untuk meminimalkan terjadinya resiko kerugian.
  • Pengelolaan dana yang terhimpun benar-benar dilakukan oleh manajer investasi, yang tentunya mempunyai pengalaman dan keilmuan mumpuni di bidangnya. Sehingga punya potensi besar untuk memperoleh keuntungan.
  • Legalitas dari program ini yang berada di dalam pengawasan lembaga seperti halnya OJK memberikan jaminan pada nasabah, sehingga dapat bertransaksi dengan tenang dan rasa aman.
  • Ketika berinvestasi di program reksa dana, nasabah tidak perlu melakukan pemantauan di bursa efek secara langsung. Melainkan cukup mempercayakan segala urusan pada manajer investasi yang melakukan pengelolaan. Jika dicermati hal ini memberikan keuntungan, baik dari segi waktu pengelolaan sampai dengan biaya operasionalnya.
  • Terakhir, namun yang paling diharapkan dari program reksa dana syariah adalah return alias imbal hasil yang didapatkan. Terkait hal ini investor bisa mendapatkannya secara maksimal, lantaran pembagiannya didasarkan pada akad yang disepakati di awal.

Itulah tadi serangkaian informasi yang dapat menjadi jawaban bahwa reksa dana syariah adalah program investasi Islami yang menguntungkan. Pasalnya program unggulan ini dijalankan dengan menggunakan prinsip Islam. Tentunya hal tersebut membuatnya senantiasa aman dari adanya riba. Selain juga didukung dengan penghitungan untung yang jelas, yang seyogyanya dapat dinikmati oleh para investornya.

Baca Juga:  Mengenal Fixed Rate Obligasi Dan Kelebihan Obligasi Di Pasar Sekunder

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *