Cara Reset PIN LinkAja Lewat Email – Saat lupa dengan sandi LinkAja dan tidak bisa masuk, agar tidak terblokir jalan amannya adalah melakukan reset. Untuk itulah cara reset PIN LinkAja lewat email penting dipahami oleh setiap pengguna LinkAja.

Bukan sekedar agar bisa masuk kembali ketika lupa PIN, reset PIN juga untuk menghindari kejahatan digital bernama phishing. Reset PIN secara berkala juga penting dilakukan agar keamanan data pengguna tidak mudah diakses orang lain.

Mengenal Jenis Akun LinkAja

Cara reset PIN Linkaja lewat email pada dua jenis akun LinkAja ternyata tidak berbeda sama sekali. LinkAja memang memiliki dua tipe akun yaitu akun dengan layanan Basic dan juga Full Service.

Perlu diketahui bahwa kedua jenis akun tersebut sama-sama bisa digunakan untuk transaksi seperti top up dan pembayaran berbagai kepentingan. Keduanya juga bisa untuk melakukan transaksi online dan juga offline dengan setiap merchant.

Perbedaanya yaitu pada jumlah saldo yang bisa disimpan, dimana akun basic hanya menyimpan 2 juta saja. Sedangkan pada akun Full Service bisa mencapai 10 juta, untuk upgrade akun, langkah-langkahnya yaitu.

  • Jalankan aplikasi LinkAja, kemudian masuk ke menu Akun yang masih basic tersebut.
  • Tap pada tipe akun lalu ketuk perintah upgrade sekarang.
  • Ambil foto KTP menggunakan kamera yang diakses langsung dari aplikasi LinkAja.
  • Setelah itu lengkapi data yang ditanyakan dan kembali ambil foto dengan cara yang sama kali ini adalah wajah sendiri dengan memegang KTP.
  • Setelah selesai, tap perintah kirim dan tunggu hingga notifikasi upgrade akun tersebut berhasil.
Baca Juga:  Penyebab Layar HP Oppo Terangkat

Cara Reset PIN Akun LinkAja Melalui Email

Akun LinkAja sama seperti platform lain pada umumnya yang menggunakan nomor saat pendaftaran akunnya. Ternyata reset PIN ini tidak terpengaruh pada jenis akunnya tetapi pada provider dari nomor yang dipakai berikut penjelasannya.

Reset PIN LinkAja untuk Provider Telkomsel

Untuk reset PIN LinkAja cara paling sering dilakukan adalah dengan memanfaatkan email karena lebih mudah. Pengguna yang memakai nomor dari Telkomsel saat pembuatan akun dapat mengikuti langkah berikut.

  • Akses menu dial dan ketik *800*99# lalu tekan ikon call.
  • Setelah itu, pengguna akan mendapatkan perintah untuk melanjutkan ke dial *800*91*6digitPINLinkAja#.
  • Selanjutnya akan ada notifikasi untuk membuka pesan yang dikirim ke email yang tervalidasi.
  • Buka email tersebut dan ikuti instruksi untuk dapat mengatur ulang PIN LinkAja.

Perlu diperhatikan bahwa cara ini hanya bisa dipakai jika email pengguna telah diverifikasi. Apabila belum, provider Telkomsel akan membantu proses reset jika pengguna datang ke GraPARI.

Reset PIN LinkAja untuk Provider Non Telkomsel

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, provider selain Telkomsel memerlukan langkah yang berbeda untuk reset PIN. Jika Telkomsel memerlukan akses dial untuk prosesnya, provider lain ternyata memerlukan akses aplikasi LinkAja.

Nantinya aplikasi tersebut akan berfungsi untuk memberikan pengajuan reset PIN yang disebabkan karena penggunanya lupa. Pihak LinkAja akan membantu reset tersebut dengan memanfaatkan email pengguna, berikut langkah-langkahnya.

  • Login ke akun LinkAja melalui aplikasinya dengan cara memasukkan nomor provider yang terdaftar.
  • Setelah nomor dimasukkan akan muncul opsi untuk input PIN, ketuklah opsi lupa PIN.
  • Selanjutnya masukkan email yang sebelumnya telah didaftarkan.
  • Setelah itu, kode untuk verifikasi akun LinkAja akan dikirim melalui email, buka email tersebut.
  • Kemudian masukkan kode yang diperoleh dari email untuk konfirmasi pembuatan PIN baru.
Baca Juga:  Begini Cara Mengetahui Telegram Diblokir Oleh Seseorang

Demikianlah cara reset pin LinkAja lewat email untuk provider Telkomsel dan juga selain Telkomsel dengan mudah dan aman. Meskipun tidak lupa PIN, pengguna disarankan tetap melakukan reset secara berkala agar akun aman.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *