Syarat Dan Cara Gadai Logam Mulia

Syarat Dan Cara Gadai Logam Mulia – Pegadaian menawarkan solusi bagi seseorang yang membutuhkan modal uang dengan cara menukarkan barang. Adapun barang yang dapat ditukarkan di Pegadaian, meliputi; surat-surat berharga, barang berharga dan logam mulia. Namun pada umumnya, orang-orang cenderung melakukan penukaran logam mulia di Pegadaian. Inilah syarat dan cara gadai logam mulia di Pegadaian yang benar:

Syarat Gadai Logam Mulia di Pegadaian

Segala situasi dan kondisi pasti menetapkan persyaratan demi ketertiban regulasi, termasuk dalam penerapan gadai logam mulia di Pegadaian. Adapun persyaratan yang ditentukan serta harus dipenuhi oleh penggadai, meliputi:

Melampirkan KTP

Syarat utama yang pertama ialah melampirkan KTP (Kartu Tanda Penduduk) sebagai keterangan identitas diri. Melalui pelampiran KTP tersebut, pekerja Pegadaian bisa mengarsipkan data diri penggadai yang sesuai serta menjalankan administrasi dengan benar sesuai aturan.

Barang Jaminan Logam Mulia

Persyaratan yang perlu dilampirkan ketika hendak menggadaikan logam mulia adalah dengan menyertakan barang jaminan. Adapun barang yang bisa dijaminkan misalnya akta keaslian logam mulia hingga surat berharga sejenisnya yang terjamin keasliannya.

Logam Mulia yang Dijaminkan

Syarat yang terakhir tentunya logam mulia yang hendak digadaikan serta terjamin keasliannya. Adapun logam mulia yang dapat digadaikan, antara lain; emas Batangan, perhiasan emas, dan logam mulia sejenisnya. Barang yang digadaikan pun akan terjamin serta terjaga.

Cara Gadai Logam Mulia di Pegadaian

Setelah mengetahui secara singkat ulasan mengenai persyaratan menggadaikan, saatnya beralih ke pembahasan mengenai penerapan serta cara gadai logam mulia di Pegadaian. Adapun cara tersebut ditentukan sesuai keputusan resmi dan harus dijalankan secara runtut. Berikut ini ulasan mengenai cara menggadaikan logam mulia:

Mendatangi Kantor Pegadaian Terdekat

Cara gadai logam mulia di Pegadaian yang pertama ialah pelaku penggadai perlu mendatangi kantor Pegadaian terdekat dengan membawa seluruh persyaratan yang dibutuhkan. Di sana penggadai akan mendapatkan pelayanan serta arahan sesuai ketentuan yang berlaku. Penggadai hanya perlu melalui regulasi serta birokrasi yang diinstruksikan.

Melakukan Registrasi

Penggadai yang telah mendatangi kantor Pegadaian akan diarahkan untuk segera menjalankan registrasi. Adapun proses yang perlu dilakukan ialah dengan mengisi FPK atau formulir permohonan kredit. Formulir tersebut berisi tentang isian data serta identitas diri milik penggadai yang hendak diproses hingga diarsipkan.

Menyerahkan Seluruh Persyaratan

Usai mengisi seluruh identitas diri yang sesuai, calon penggadai akan diarahkan untuk menyerahkan barang jaminan. Ketika penyerahan tersebut akan terjadi proses penaksiran nominal yang sesuai terhadap kegiatan penukaran barang jaminan logam mulia.

Pencairan Dana Penukaran

Penggadai yang telah menjalankan proses pegadaian sesuai regulasi secara runtut akan diarahkan untuk menunggu pencairan dana. Setelah dilakukan proses penaksiran nominal akan diumumkan limit maksimal uang pinjaman yang akan didapatkan. Usai itu, penggadai akan diberikan dana yang telah disepakati beserta SBG atau Surat Bukti Gadai.

Taksiran Nilai Harga Logam Mulia Emas di Pegadaian

Dana yang hendak diberikan terhadap penukaran logam mulia emas milik penggadai biasanya akan ditaksirkan nilai nominal yang sepadan terlebih dahulu. Adapun masing-masing barang jaminan memiliki nilai yang berbeda sesuai dengan keunggulannya masing-masing. Calon penggadai hendaknya memahami ketentuan dasar tersebut sebelum melakukan pegadaian.

Menurut ketentuan, taksiran nilai pinjaman maksimal ialah 92-95% dari harga logam mulia emas. Berdasarkan ketentuan tersebut, calon penggadai bisa menghitung limitnya masing-masing.

Demikianlah uraian mengenai cara gadai logam mulia di Pegadaian yang benar. Sebelum melakukan proses pegadaian barang berharga hendaknya dilakukan tinjauan lebih dulu.

Baca Juga:  3 Cara Investasi Saham Di Bank BRI Yang Aman
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *