6 Universitas Di Bandung Terbaik Yang Perlu Diketahui

6 Universitas Di Bandung Terbaik Yang Perlu Diketahui

Universitas Bandung Terbaik

Universitas Bandung Terbaik – Ada banyak universitas di Bandung yang unggul dan punya akreditasi bagus. Tidak heran jika calon mahasiswa memilih kuliah di Bandung, karena perguruan tingginya yang menawarkan berbagai keunggulan. Apalagi deretan universitas tersebut, mempunyai jumlah jurusan yang beragam.

Bandung memang dikenal mempunyai daftar perguruan tinggi yang bagus. Terlebih daerah tersebut, unggul pula dalam bidang pariwisata dan ekonomi yang menarik minat calon mahasiswa. Sebagai rekomendasi, berikut diberikan beberapa universitas terbaik yang ada di Bandung:

Universitas Pendidikan Indonesia

Daftar pertama untuk perguruan tinggi di Bandung yang bisa dijadikan tujuan kuliah adalah UPI (Universitas Pendidikan Indonesia). Pada mulanya, UPI merupakan bagian dari Universitas Padjajaran dengan nama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru. Kemudian menjadi bentuk institut dan berubah UPI tahun 1999.

Kampus UPI di Setiabudi, Sukasari. Tapi ada kampus lain yang berlokasi di Cicaheum serta Cibiru. Universitas tersebut berfokus pada disiplin ilmu pendidikan. Ada 8 fakultas dengan lebih 50 program studi. Biaya UKT di UPI per semesternya mulai Rp3.0000.0000—Rp7.0000.000.

Universitas Pasundan

Universitas terbaik berikutnya yang ada di Bandung adalah Universitas Pasundan. Unpas termasuk dalam perguruan tinggi swasta yang sudah lama berdiri, yakni 14 November 1960. Banyak lokasi kampus dari Unpas, salah satunya terdapat di Jalan Lengkong Besar.

Biaya kuliah di Unpas ini beragam, sebab disesuaikan dengan prodi yang diambil, kemampuan ekonomi, serta jalur masuk. Besar UKT-nya antara Rp4.000.0000—Rp10.000.000 yang biasa disebut Dana Penyelenggaraan Pendidikan. Ada pula dana pembangunan yang besarnya 5—6 juta.

Unpas memiliki 6 fakultas yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa. Inilah fakultas yang ada di Universitas Pasundan:

  • Ilmu Sosial dan Politik.
  • Hukum.
  • Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
  • Teknik.
  • Ilmu Seni dan Sastra.
  • Ekonomi dan Bisnis.
Baca Juga:  Biaya Kuliah Teknik Sipil Di Berbagai Perguruan Tinggi

Universitas Padjadjaran

Nama Universitas Padjajaran, tentu sangat populer di kalangan calon mahasiswa. Universitas Padjadjaran atau yang biasa disingkat Unpad sudah terakreditasi A dari BAN-PT. Kampus Unpad ada yang berlokasi di Bandung, meski kantor pusatnya berada di Sumedang.

Terdapat 6 fakultas di Universitas Padjajaran dan ada lebih 40 jurusan yang dapat dipilih. Selain program sarjana, Unpad juga mempunyai sekolah pascasarjana dengan berbagai program studi. Untuk UKT per semesternya ada beberapa kategori, mulai Rp2 juta sampai Rp15 juta.

Universitas Islam Bandung

Universitas di Bandung yang dapat dijadikan tujuan para calon mahasiswa adalah Universitas Islam Bandung. Perguruan tinggi swasta tersebut berdiri sejak 1958 dengan nama Perguruan Islam Tinggi. Kemudian pada tahun 2007, berubah menjadi Universitas Islam Bandung.

Unisba punya kampus yang terdapat di beberapa lokasi, seperti di Jalan Tamansari dan Jalan Rangga Gading. Meskipun sebagai universitas islam, Unisba tidak hanya berfokus pada disiplin ilmu agama saja. Setidaknya terdapat 6 fakultas di Unisba, yaitu:

  • Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.
  • Tarbiyah dan Keguruan.
  • Teknik.
  • Ekonomi dan Bisnis.
  • Hukum.
  • Dakwah.
  • Syariah.
  • Kedokteran.
  • Ilmu Komunikasi.
  • Psikologi.

Untuk biaya, ada beberapa pembayaran di Unisba. Pertama adalah UKT yang disesuaikan dengan prodi yang diambil, mulai Rp1 juta hingga Rp40 juta. Pembayaran infak yang lain adalah:

  • Pembangunan Fakultas.
  • Pembangunan Universitas.
  • Pelayanan Kesehatan.
  • Infak Satuan Kredit Semester.

UIN Sunan Gunung Djati

Inilah kampus di Bandung yang unggul berikutnya. Sebelum menjadi UIN di tahun 2005, awalnya adalah IAIN Sunan Gunung Djati yang berdiri 8 April 1968. UIN SGD merupakan perguruan tinggi yang fokusnya dalam disiplin ilmu agama Islam.

Terdapat 9 fakultas di UIN Sunan Gunung Djati. Untuk biaya UKT, besarnya dibedakan dalam beberapa kategori, yakni mulai Rp400.000 sampai Rp4.000.000. UIN SGD berlokasi di Jalan A.H. Nasution 105 dan dua kampusnya di Jalan Cileunyi serta Jalan Cimencrang.

Baca Juga:  Estimasi Biaya Kuliah Apoteker Di Berbagai Perguruan Tinggi Indonesia

Universitas Telkom

Pilihan perguruan tinggi terbaik yang ada di Bandung selanjutnya yaitu Universitas Telkom. Sebelum menjadi Universitas Telkom di tahun 2013, sebenarnya universitas tersebut adalah gabungan empat perguruan tinggi. Fasilitas yang disediakan sangat lengkap untuk menunjang pembelajaran.

Universitas Telkom fokus di beberapa disiplin ilmu dan memiliki 7 fakultas. Kampusnya berlokasi di Dayeuhkolot, Bandung. Selain UKT per semester, di Universitas Telkom juga ada biaya pembangunan dan yang sumbangan.

Itulah daftar universitas di Bandung yang bisa menjadi rekomendasi tujuan para calon mahasiswa. Setiap universitas mempunyai keunggulan masing-masing. Calon mahasiswa juga dapat memilih jurusan dari berbagai fakultas yang disediakan.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *