Inilah 5 Jabatan Di Bank Dan Tugas Yang Dimilikinya

Inilah 5 Jabatan Di Bank Dan Tugas Yang Dimilikinya

5 Jabatan Di Bank

5 Jabatan Di Bank – Tidak sedikit orang yang ingin bekerja di bank lantaran menganggap bahwa tempat kerja tersebut bersih, kerjanya ringan dan lainnya. Namun sebelum itu, ketahui lebih dulu beragam jabatan di bank dengan tanggung jawab yang tentunya tidak sama satu dengan lainnya.

Sejumlah kalangan, menyebut orang yang bekerja di bank dengan sebutan banker. Istilah ini mempunyai kesan keren lantaran dari busana yang dipakai, banker dituntut tetap tampak rapi. Kira-kira apa saja jenis jabatan bagi orang yang kerja di bank? Berikut pembahasan selebihnya:

Teller

Seperti yang banyak diketahui, jika jabatan di bank dengan Teller biasanya mempunyai tempat di bagian counter. Tugas utama yang dimiliki oleh seorang Teller yaitu memberikan pelayanan kepada nasabah, maupun calon nasabah yang hendak menjalankan berbagai transaksi.

Mengingat seorang Teller mempunyai tanggung jawab untuk melakukan sejumlah transaksi terkait perbankan. Diantaranya mulai dari transaksi pencairan cek, kemudian transaksi penerimaan simpanan dan lainnya. Ketika tertarik untuk jenis jabatan ini, maka bisa mencari informasi lowongannya lewat berbagai media.

Namun perlu diperhatikan bahwa sebelum mengajukan lamaran, alangkah baiknya memahami berbagai persyaratan yang ditetapkan. Mulai dari kriteria penampilan sampai dengan kualifikasi pendidikan yang diperlukan. Dengan mengetahui persyaratan tersebut, pengajuan lamaran pun bisa lebih maksimal.

Account Officer

Pilihan lain untuk jabatan di bank selanjutnya yaitu Account Officer yang biasanya memiliki peran sebagai sales ataupun marketing. Menjadi seorang Account Officer, akan menjalankan fungsi pemasaran ataupun penjualan produk perbankan.

Dengan demikian tugas dari Account Officer yaitu mencari nasabah kemudian menawarkan produk perbankan yang dimiliki. Nantinya jabatan ini, juga butuh melakukan proses analisa terhadap kredit yang akan diberikan kepada debitur. Selain itu, sebagai AO juga bertugas untuk memantau kredit tersebut.

Baca Juga:  Mengenal Lebih Dekat - Mengajukan Kartu Kredit di Bank Danamon

Di samping itu jabatan sebagai Account Officer juga mempunyai tanggung jawab, untuk tetap menjaga hubungan baik dengan para nasabah. Dengan memilih menempati jabatan ini, nantinya seseorang akan dihadapkan pada berbagai macam karakter calon nasabah.

Analis Kredit

Bisa dibilang bahwa jabatan ini tergolong jabatan pendukung dalam dunia perbankan. Orang yang menjabat sebagai analis kredit, akan memiliki tanggung jawab dalam pengumpulan maupun analisis data yang berhubungan dengan keuangan dari nasabah.

Yang terdiri dari ketika melakukan pembayaran, menabung dan yang lainnya. Jika nantinya data yang diperlukan sudah terkumpul, maka seorang analis kredit akan melakukan evaluasi. Setelah itu, baru dilakukan penentuan tindakan apa yang sesuai untuk nasabah.

Contoh kecilnya, seperti pihak analis kredit menjalankan tugasnya dengan melakukan pengumpulan data diri nasabah yang memiliki kartu kredit. Analis tersebut, akan memperhatikan kebiasaan belanja dari pemilik kartu kredit tadi serta kemampuan dalam membayarnya.

Customer Service

Jenis jabatan ini, merupakan jabatan yang tempat kerjanya ada di bagian depan selain Teller. Fungsi utama yang dimiliki oleh jabatan customer service yaitu sebagai penerima tamu atau bisa juga disebut resepsionis. Di samping itu, juga ada fungsi utama lainnya seperti deskman, salesman dan lainnya.

Ketika memperoleh keluhan dari pihak nasabah, diharapkan pihak customer service mampu memberikan solusi dan jalan keluarnya. Dengan begitu, bank tersebut dapat dinilai mampu memberikan layanan prima bagi para nasabahnya.

Dengan banyaknya tugas yang dimiliki tersebut, maka seorang customer service diharuskan untuk memiliki kemampuan berkomunikasi yang mumpuni. Di samping itu seorang CS pun diharuskan agar, memiliki pengetahuan yang cukup dalam dunia perbankan.

Sales Officer

Tugas yang dimiliki oleh seorang Sales Officer akan berhubungan dengan beragam produk perbankan yang dimiliki oleh bank tersebut. Dimana, tugas tersebut yaitu mencari nasabah dan melakukan penawaran terhadap beragam produk tadi.

Baca Juga:  Cek Persyaratan Daftar Bank Mandiri Secara Online

Contoh dari produk tersebut seperti sales KPR, kemudian ada mikro kredit sales dan yang lainnya. Untuk itulah posisi sebagai sales Officer dituntut untuk memiliki kemampuan komunikasi yang cukup baik. Mengingat tugas yang dimiliki adalah menawarkan produk yang banyak memerlukan skill komunikasi.

Itu tadi sekilas pembahasan tentang 5 macam jabatan di bank yang perlu diketahui. Terlebih bagi orang yang ingin bekerja di bank tentunya informasi tersebut cukup penting dipahami. Pastikan jika ingin melamar kerja perhatikan dulu syarat yang ditetapkan sebagai bentuk persiapan.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *