8 Jenis Alpukat – Apakah ingin menanam alpukat di rumah? Kenali berbagai varietas alpukat yang cepat berbuah di bawah ini.Mayoritas orang menikmati alpukat sebagai salah satu jenis buah. Alasannya adalah karena buah ini tekstur daging lembut dan rasanya yang gurih. Ada beberapa jenis alpukat yang paling cepat berbuah.

Mayoritas orang biasanya mengkonsumsinya dengan salah satu dari dua cara: mentah atau diproses terlebih dahulu. Ada banyak varietas alpukat yang tersedia di pasaran di Indonesia saja. Namun, hanya sedikit yang cepat matang dan berbuah.

Berikut ini ada 8 jenis alpukat yang paling cepat berbuah. Simak penjelasannya berikut ini.

Alpukat Miki

Alpukat Miki merupakan jenis alpukat pertama yang cepat berbuah. Satu hingga dua tahun setelah tanam, tanaman alpukat ini sudah bisa mulai dipanen.

Alpukat Miki sendiri berukuran cukup kecil.Meski demikian, daging buahnya lebih halus, lebih lembut, dan tidak terlalu encer. Buah alpukat memiliki rasa yang sedikit gurih dan manis.

Alpukat Hass

Alpukat hass berasal dari Australia. Karena menguasai sekitar 20% pasar alpukat global, buah ini menjadi salah satu varietas yang paling populer. Ini masuk akal, mengingat betapa lezatnya alpukat dan dagingnya yang jauh lebih empuk.

Perlu diketahui bahwa sistem okulasi pembibitan memungkinkan alpukat hass menghasilkan buah paling cepat dua hingga tiga tahun setelah tanam.

Alpukat Alligator

Alpukat Alligator merupakan jenis alpukat yang cepat berbuah. Di antara berbagai jenis alpukat, alpukat aligator paling mudah ditemukan di pasaran. Alpukat ini biasanya memiliki bentuk lonjong dengan bagian bawah yang besar dan bagian atas yang lebih kecil.

Baca Juga:  7 Cara Mengobati Kurap Secara Alami, Sudah Pernah Coba

Panjang buahnya bisa mencapai 70-80 sentimeter, tergantung ukurannya. Daging buah alpukat ini tebal dan rasanya manis saat matang.

Alpukat Kelud

Alpukat yang berwarna hijau berbentuk lonjong ini merupakan varietas lokal yang mulai populer sejak tahun 2020. Mengingat tanaman tersebut dikenal dengan kemampuannya untuk matang lebih awal, hal ini cukup beralasan. Alpukat kelud bisa mulai berbuah hanya 1,5 tahun setelah ditanam.

Tanaman buah halaman rumah ini terkenal dengan buahnya yang lonjong dengan bagian bawah yang mengembang dan produksi buahnya yang cepat. Daging buah alpukat kelud sangat kental, memiliki rasa yang gurih, dan mengandung sedikit air untuk buahnya.

Alpukat Pluwang

Jenis alpukat cepat berbuah lainnya adalah alpukat pluwang. Alpukat pluwang merupakan jenis alpukat yang cepat berbuah. Varietas alpukat memiliki postur pohonnya yang pendek, maka memetik buah ketika panen sangat mudah.

Berat alpukat pluwang hingga 2 kilogram per buah menjadi keunggulan lainnya. Selain itu, buah ini lebih tebal, lebih padat, dan lebih manis dibanding jenis alpukat lainnya. Rasanya juga lebih enak.

Alpukat Kendil

Jenis Alpukat ini cepat berbuah Alpukat Kendil berbentuk seperti kendi, sesuai dengan namanya. Alpukat ini merupakan varietas lokal yang berpotensi bersaing dalam skala nasional.Ini karena ukuran buahnya disebut jumpo. Selain itu, alpukat kendil memiliki rasa yang enak, daging yang lembut, dan daging yang tebal.

Alpukat ini tidak disukai ulat. Oleh karena itu, alpukat kendil dapat ditanam di rumah sebagai tanaman karena tidak membutuhkan banyak perawatan.

Alpukat Mentega

Salah satu varietas alpukat terkuat yaitu alpukat mentega sangat populer di masyarakat Indonesia. Alasannya karena rasa dari varietas buah ini pas tidak terlalu manis dan tidak terlalu pahit.

Selain itu, daging alpukat mentega memiliki tekstur yang sangat halus. Mentega alpukat dapat memiliki berat hingga 600 gram saat disimpan. Mereka juga bisa mencapai diameter 10-14 sentimeter dan panjang 13-17 sentimeter.

Baca Juga:  4 Cara Transfer Kredivo Ke Rekening Secara Gampang

Alpukat Wina

Alpukat ini adalah jenis alpukat terakhir yang menghasilkan buah dengan cepat. Ini adalah jenis alpukat yang menghasilkan buah dengan cepat. Variasi lain dari alpukat mentega, buah alpukat ini memiliki bentuk agak bulat dan kulit berwarna hijau mengkilat.

Alpukat Wina akan berukuran jumbo dan berat antara 1,5 dan 2 kilogram saat matang. Buah ini tidak hanya berukuran besar, tetapi rasanya juga gurih dan sedikit manis.

Demikianlah informasi jenis jenis alpukat yang paling cepat berbuah. Semoga pembahasan mengenai di atas bermanfaat.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *