Mudah Sekali, Inilah Cara Merawat Aglonema Yang Hampir Mati Agar Segar Kembali

Mudah Sekali, Inilah Cara Merawat Aglonema Yang Hampir Mati Agar Segar Kembali

Cara Merawat Aglonema

Cara Merawat Aglonema – Tanaman memang punya siklus hidup yang perlu dipahami termasuk aglonema. Namun bagaimana cara merawat aglonema yang hampir mati agar segar kembali? Tentunya perlu ditelisik apakah ada yang salah dalam proses merawatnya atau mungkin kondisi media tanam.

Oleh sebab itu agar aglonema ini tidak mati sia – sia maka tersedia cara mudah dan memang harus tlaten dilakukan agar aglonema segar kembali. Simak penjelasannya berikut ini dengan seksama:

Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Tanaman Aglonema

Nutrisi untuk tanaman ini bisa dihasilkan dari media tanaman yang digunakan, ketersediaan nutrisi yang diperlukan telah habis. Selanjutnya untuk menanggulangi hal tersebut maka perlu untuk melakukan perawatan media tanam tersebut.

Caranya bisa atur ketersediaan air yang dibutuhkan oleh tanaman aglonema tersebut dan pemberian pupuk. Selain itu juga bisa atur cahaya yang dibutuhkan oleh tanaman aglonema ini sesuai dengan kebutuhannya.

Memahami Siklus Hidup Aglonema

Cara merawat aglonema yang hampir mati ini tentu harus diketahui dahulu jenis tanaman ini punya siklus yang panjang atau pendek. Apabila siklus pendek maka memang hanya bisa diselamatkan anakan yang ada.

Namun apabila siklus panjang maka bisa dirawat dan diselamatkan agar bisa hidup kembali dengan semula. Khusus tanaman aglonema ini memang bisa dimanfaatkan bonggolnya saja untuk dijadikan anakan yang baru.

Sebelum memutuskan untuk merawat aglonema maka perlu memahami siklus hidup tanaman ini dengan baik. Hal ini tentu akan membuat aturan dalam perawatannya juga sesuai dengan kebutuhan tanaman ini.

Memberikan Kesempatan Untuk Tanaman Mengering

Cara ini bisa diusahakan dengan menempatkan posisi tanaman dengan intensitas paparan sinar matahari yang cukup banyak. Otomatis perlu dijemur dibawah sinar matahari dengan intensitas yang lebih lama.

Baca Juga:  Cara Menggunakan Minyak Zaitun Untuk Wajah Agar Sehat Dan Terawat

Hal tersebut dimaksudkan agar akar tanaman aglonema tidak dalam kondisi busuk karena paparan sinar matahari. Oleh sebab itu tanaman dengan jenis apapun perlu diberikan jatah dijemur dibawah sinar matahari.

Menyirami Secara Tepat

Penyiraman pada tanaman aglonema ini memang harus dilakukan dengan tepat dan juga cukup setiap harinya. Idealnya bisa lakukan sekitar 2-3 kali dalam satu minggu untuk melakukan penyiraman tanaman jenis ini.

Selain itu juga seimbangkan dengan sinar matahari yang nantinya didapatkan untuk memudahkan tanaman melakukan proses fotosintesis. Bisa atur waktu penyinaran sekitar 2-4 jam setiap harinya untuk tanaman aglonema.

Tanaman ini juga memiliki banyak hama yang menyerang, sehingga juga bisa musnahkan semua hama yang muncul dan ada pada tanaman ini. Bisa lakukan penyemprotan pada tanaman aglonema menggunakan cairan insektisida yang cukup takarannya.

Menggunakan Pot Sesuai Ukurannya

Seringkali sebagai penanam memang tidak mengetahui ukuran pot yang sesuai dengan jenis dan ukuran tanaman aglonema. Alhasil pertumbuhan dari tanaman aglonema ini tidak maksimal dan malah mengalami kemunduran.

Aglonema yang hampir mati mungkin disebabkan tidak sesuai ukuran pot yang digunakan. Oleh sebab itu bisa ganti ukuran pot yang sesuai agar aglonema bisa bertahan hidup dengan baik. Tentunya hal ini akan menyebabkan area tanam juga terganggu kelembapannya.

Media tanam aglonema memang perlu kelembaban yang baik dan sesuai. Termasuk dalam hal ini tanaman aglonema membutuhkan area dengan suhu yang panas dengan sedikit kandungan air yang ada.

Demikian uraian terkait dengan cara merawat aglonema yang hampir mati, bisa ikuti beberapa cara di atas dengan baik. Selain itu juga bisa terapkan pada tanaman aglonema yang dirawat agar tidak terlanjur mati dengan sia – sia.

Baca Juga:  Serba-Serbi Pemupukan Sawit Baru Tanam Yang Harus Diketahui

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *