Agara Berbuah Banyak, Jarak Tanaman Durian Musang King Harus Ideal

Agara Berbuah Banyak, Jarak Tanaman Durian Musang King Harus Ideal

Jarak Tanaman Durian

Jarak Tanaman Durian – Siapa tidak kenal dengan buah durian? Dikenal dengan king of fruit, durian memiliki cita rasa yang legit dan menggugah selera. Ada banyak orang yang sudah membudidayakannya, sebab buah ini banyak peminatnya, Namun agar berbuah banyak, jarak tanaman durian musang king haruslah diatur.

Akan percuma meski bibit yang digunakan seunggul dan sebagus apa pun. Jika proses penanamannya tidak diperhatikan dengan sebaik mungkin. Seperti contoh sederhananya, jarak antar pohon satu dengan lainnya.

Jarak Ideal Menanam Durian di Kebun Sendiri

Supaya tidak sekedar menjadi penikmat saja, lebih baik menjadi penanam. Artinya harus mulai membudidayakan durian di tempat sendiri. Supaya bisa puas menikmatinya saat waktu berbuah nanti sudah tiba.

Akan tetapi, durian bukanlah tanaman yang akan dengan cepat berbuah. Butuh waktu beberapa lama untuk menunggunya tumbuh hingga berbuah. Agar buahnya banyak, coba ikuti cara penanaman ini sehingga optimal:

Menanam Durian dalam Jarak Ideal Penanaman

Jarak ideal yang dimaksud dalam poin ini yaitu, agar pertumbuhannya tetap baik. Namun selain itu, lahannya pun harus dalam kondisi yang bagus. Sehingga produksi buahnya bisa maksimal, didukung oleh berbagai faktor.

Dengan menerapkan konsep ini sejak awal, nantinya tanaman akan menghasilkan buah yang banyak. Meski di awal akan terkesan banyak lahan kosong tidak terpakai. Jangan khawatir, sebab beberapa tahun ke depan pohon akan membesar.

Jaraknya jadi akan semakin berdekatan, akar tanaman pun akan terus melebar ke dalam tanah. Atau untuk memanfaatkan jarak lahan yang terlalu besar tadi. Bisa juga disisipkan tanaman selingan, yang jarak tanamnya 2 -3 bulan saja.

Menanam dalam Jarak Maksimal

Jarak maksimal ini maksudnya agar sedari awal menanam hingga pohon berumur. Tidak diperlukan penebangan dan penjarangan pohon, seperti yang biasa terjadi. Nantinya jarak tanam dapat dipakai menanam tanaman selingan.

Baca Juga:  6 Cara Mengecek Limit Kartu Kredit BRI Terlengkap

Menanam dalam Jarak Dwi Fungsi

Istilah ini berarti melakukan penanaman dengan fungsi dua hal. Fungsi pertama agar nantinya dapat menjual buah durian yang dihasilkan. Fungsi kedua sebagai optimalisasi lahan dengan cara menjual bibit dan pohon.

Tips Banyak Buah dengan Perawatan yang Tepat

Cara menanam dan jarak tanaman durian musang king sudah tahu jelas kan. Tinggal menggali lebih dalam mengenai cara perawatan ketika proses menanam sudah dilakukan. Sebab keduanya harus saling mendukung agar maksimal.

Bibit yang ditanam sudah pasti merupakan bibit unggulan, pastikan agar terawat dengan baik. Seperti asupan pupuk, vitamin, cara mengusir hama, hingga kebutuhan lain. Berikut hal yang biasanya dibutuhkan saat menana:

Menaburkan Dua Sendok Fungisida

Tahapan ini sebaiknya dilakukan di awal, sebelum penanaman dilakukan. Fungisida ditaburkan pada area tanah yang akan ditanami bibit durian. Fungsinya untuk mencegah penyakit tular tanah akibat cendawan.

Memberikan Pupuk NPK Tiap Triwulan

Berikan pupuk NPK dengan jangka waktu berkala setiap triwulan. Berikan dengan dosis berimbang, sesuai dengan usia tanaman. Semakin bertambah tua tanaman, maka dosisnya pun harus semakin banyak.

Melakukan Penyemprotan Fungisida Setiap Kemarau

Proses ini dilakukan untuk menghindari tanaman terkena serangan hama dan penyakit. Ketika musim hujan frekuensi penyemprotannya dirubah jadi 2 bulan sekali. Semprotkan juga insektisida saat daun berlubang karena hama.

Demikian informasi mengenai jarak tanaman durian musang king kali ini. Semoga memberi banyak informasi bermanfaat dan dapat diimplementasikan. Jangan lupa untuk berbagi pengalaman proses menanamnya juga ya!

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *