Cara Menanam Durian

Cara Menanam Durian – Pada kasus cara menanam durian agar cepat berbuah, terdapat sejumlah poin atau tuntunan yang sangat penting dilakukan, terutama oleh penanam sendiri. Apa sajakah poin-poin penting tersebut? Sebaiknya silahkan simak saja melalui uraian berikut ini:

Memilih Bibit untuk Ditanam

Untuk memiliki pohon durian bagus yang berbuah cepat, seorang penanam harus memulai dari pemilihan bibit terlebih dahulu. Dengan bibit yang bagus, maka akan tumbuh juga sebuah pohon durian yang berkualitas.

Untuk mendapatkan bibit yang bagus, penanam pohon bisa memintanya dari petani durian yang pasti dimiliki oleh masing-masing daerah. Selain itu, biji atau bibit juga bisa didapatkan dari toko pertanian.

Pilihlah bibit yang bagus dan sudah terverifikasi unggul. Apabila beli di toko pertanian, biasanya yang terjual sudah merupakan bibit yang bagus.

Memberi Pupuk

Dalam menanam pohon apapun jenisnya, pemupukan adalah hal yang tidak kalah pentingnya. Memupuk harus dilakukan dengan rajin untuk memastikan pohon durian diberikan nutrisi tambahan yang cukup selain apa yang diserap dari tanah alami.

Tahapan memupuk pohon durian ada tiga. Yaitu da pemupukan awal, pemupukan dini, dan pemupukan tambahan. Tahap pertama diberikan kepada pohon durian saat pohon baru ditanam atau habis dipanen.

Selanjutnya, pemupukan kedua diberikan kepada pohon saat lewat empat bulan dari pemupukan pertama. Sementara itu, pemupukan ketiga sendiri diberikan dalam jarak waktu 60 sampai 67 hari setelah bunga durian muncul keluar.

Mengatur Jumlah Buah dan Bunga

Percaya atau tidak, nyatanya mengatur jumlah buah dan bunga durian itu penting dilakukan dalam cara menanam durian agar cepat berbuah. Hal ini sebenarnya dimaksudkan untuk mengatur jumlah dan pertumbuhan buah durian nantinya.

Baca Juga:  Simak Cara Menanam Anggur yang Baik dan Benar

Pemisahan ini dibagi menjadi dua tahap, yaitu pemisahan bunga dan buah. Pemisahan bunga ada tiga tahap lagi. Pertama, dilakukan saat bunga mulai tumbuh menjadi kuncup-kuncup seperti jarum. Bagian bunga yang bergerombol dibuang menyisakan beberapa saja.

Tahap ini juga dilakukan kembali pada pertumbuhan bunga dan buah selanjutnya. Buang gerombolan buah di ujung saat durian masih berbentuk bulat-bulat kecil. Tujuannya adalah memaksimalkan pertumbuhan buah dan memastikan bahwa buah nantinya memiliki ruang yang cukup untuk bertumbuh besar.

Mencukupi Pengairan dan Memperhatikan Drainase

Meskipun ditanam di area tanah yang luas, pohon durian harus tetap diberikan pengairan yang cukup. Hal ini bertujuan untuk membantu penutrisian tanaman dari air yang akan diserap ke akar. Memang akar mendapatkan nutrisi alami dari tanah, namun tidak ada salahnya untuk mengairi tanaman juga.

Pohon durian yang tumbuh harus mulai sering disiram pada awal-awal pertumbuhannya. Akan semakin baik jika dilakukan dua kali sehari dalam jumlah air yang tidak berlebihan. Apabila hari sedang panas, maka jumlah air bisa ditambah.

Selanjutnya, penyiraman bisa dikurangi saat pohon mulai semakin membesar. Sementara itu, drainase dilakukan pada pohon yang ditanam dalam pot. Pembolongan pot harus merata agar air keluar dengan baik secukupnya, tidak menggenang di tanah dan membuat akar menjadi busuk.

Merawat Batang dan Menjaga dari Hama

Terakhir, langkah yang juga perlu dijadikan sebagai catatan penting dalam merawat pohon durian agar cepat berbuah adalah memperhatikan pertumbuhannya. Saat bertumbuh, pastilah sebuah pohon akan keluar ranting, cabang, dan daun yang memanjang.

Ketika ranting memanjang, pohon durian bisa dilakukan pangkas sedikit agar pertumbuhan buah berfokus di tengah batang saja. Selain itu, pohon durian bisa saja tidak luput dari penyerangan hama. Penanam juga harus memperhatikan hal ini.

Baca Juga:  Langkah-Langkah Budidaya Kopi Robusta Hingga Panen Kopi

Apabila terlihat ada hama yang menempel di pohon, sebisa mungkin segera lepaskan hama tersebut. Semprotkan juga tanaman menggunakan anti hama sehingga tidak ada hama hewan yang datang menempel. Penyemprotan ini biasa dilakukan saat pohon masih kecil.

Itulah lima hal dasar yang diperlukan dalam cara menanam durian agar cepat berbuah. Melalui pergerakan kelima cara di atas, pembuahan di durian akan terasa lebih cepat. Selain itu, ada kemungkinan juga buah menjadi banyak dan rasanya manis.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *