Hai, kali ini saya akan sedikit share mengenai NISN dalam dunia pendidikan, mulai dari pengertian nisn dan cara cek nisn siswa secara online dan mudah.

Pada dasarnya setiap anak yang menempuh pendidikan di bangku sekolah pasti memiliki NISN ini, dan menjadi suatu identitas.

Apa itu NISN?

Pengertian Nomor Induk Siswa Nasional adalah suatu kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa. Yang mana dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri.

Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud.

Sistem pengelolaan NISN secara nasional oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hasil dari proses pemberian kode identifikasi oleh PDSPK ditampilkan secara terbuka dalam batasan tertentu melalui situs NISN (http://nisn.data.kemdikbud.go.id./).

Apa Tujuan dan Manfaat NISN

1. Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.

2. Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit unit Kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.

3. Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan. Dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, SNMPTN.

Baca Juga:  Cara Daftar Universitas Terbuka Secara Online Dan Offline

Dikutip langsung dari situs kemendikbud Indonesia

Cara Cek NISN Online Mudah dan Gratis

  1. Pertama bisa masuk ke halaman cek nisn kemendikbud disini
  2. Isi form yang diminta seperti: nama siswa, tempat lahir, tanggal lahir, dan nama ibu, setelah itu konfirmasi –> cari data
  3. Dan nomor NISN akan terlihat secara otomatis disebelah kanan form tersebut
  4. Hasilnya sebagai berikut:

Nah demikianlah cara melakukan cek nisn online secara gratis dan mudah, semoga bermanfaat ya.

 

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *