Ketahui Arti Tune Up Motor Agar Tidak Salah Paham Saat Service

Ketahui Arti Tune Up Motor Agar Tidak Salah Paham Saat Service

Arti Tune Up Motor

Arti Tune Up Motor – Setiap kendaraan, apalagi motor harus melakukan servis secara berkala untuk mempertahankan performanya. Salah satu, servis yang dilakukan adalah servis tune up. Namun, banyak pemilik motor yang tidak tahu arti tune up motor dan banyak kesalahpahaman pada istilah ini.

Karena istilahnya yang tune up, banyak yang menghubungkan servis ini dengan sistem bunyi pada motor. Padahal, arti tune up tidak hanya sekedar pada sistem suara motor. Agar para pemilik motor tidak salah paham lebih jauh, berikut adalah penjelasan yang lebih lengkap.

Mengenal Arti Tune Up Motor

Seperti yang disebutkan sebelumnya, arti dari tune up motor sebenarnya lebih besar dan tidak terbatas pada sistem suara motor saja. Secara umum, arti dari tune up motor adalah penyetelan ulang terhadap semua komponen yang dimiliki pada motor.

Terutama, setelah kendaraan ini digunakan untuk menempuh jarak jauh dan sudah digunakan dalam periode tertentu. Dengan melakukan tune up, maka para pemilik motor bisa mengembalikan performa kendaraan ke titik yang optimal.

Setelah penggunaan beberapa waktu dan juga pada jarak tempuh tertentu. Tentu saja, komponen pada motor akan mengalami penurunan fungsi. Bisa karena haus, kekeringan pelumas, atau penyebab yang lain.

Karena itu, servis tune up sangat perlu dilakukan pada semua bagian mesin. Pada proses ini, semua bagian akan dicek dan diperbaiki. Dengan begitu, performanya bisa dimaksimalkan dan kembali lagi ke performanya yang terbaik.

Waktu yang Tepat Untuk Melakukan Tune Up

Tune up merupakan proses servis yang perlu dilakukan secara berkala. Dalam menentukan kapan waktu yang tepat untuk tune up tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Periode yang paling ideal untuk melakukan servis ini adalah 3 bulan sekali. Namun, ada beberapa situasi yang membuat servis tune up harus dilakukan lebih awal. Misalnya, jika motor sering digunakan pada jalur yang berdebu.

Baca Juga:  Cara Membuat Lampu Motor Lebih Terang Dengan Dioda, Ketahui Penyebab Hingga Efeknya Pada Lampu Motor

Selain itu, setelah motor digunakan untuk perjalanan jarak jauh. Para pemilik motor juga bisa langsung melakukan tune up. Misalnya, ada kekurangan yang dirasakan ketika menggunakan motor.

Tanda lain motor harus di tune up adalah ketika konsumsi bahan bakar menjadi semakin boros. Kemudian ada asap hitam yang muncul dari knalpot. Jika tanda ini ada pada motor, berarti motor sangat membutuhkan proses tune up.

Manfaat Servis Tune Up

Dari penjelasan di atas, bisa diketahui jika proses tune up sangat penting untuk dilakukan. Hal ini karena servis jenis ini memiliki banyak manfaat untuk motor. Berikut adalah berbagai manfaat yang bisa didapatkan setelah proses tune up pada motor.

Mesin Motor Menjadi Lebih Awet

Manfaat pertama dari servis ini adalah menjaga kondisi motor. Mesin motor yang dengan rutin melakukan servis tune up bisa dipastikan akan lebih awet dibandingkan yang tidak. Motor pun bisa digunakan dalam waktu yang lebih lama.

Performa Motor Lebih Terjaga dan Stabil

Karena kondisi mesin motor lebih terjaga, maka performa motor menjadi lebih stabil pula. Jadi, tidak hanya masih bisa digunakan. Namun, penggunaan motor tidak jauh berbeda dengan kali pertama dibeli.

Menghindarkan Mesin Motor dari Kerusakan yang Lebih Parah

Dengan melakukan servis tune up bisa menghindarkan mesin motor dari kerusakan yang lebih parah. Tentu saja, hal ini akan menghindarkan para pemilik motor dari biaya perbaikan yang jauh lebih mahal dari biaya servis.

Itulah arti tune up motor berikut dengan pembahasan mengenai waktu yang paling tepat dan manfaatnya. Jaga performa motor yang dimiliki dengan rutin melakukan servis ini.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *