Bank Syariah Terbesar Di Dunia

Bank Syariah Terbesar Di Dunia – Bank syariah tidak hanya ada di Indonesia saja. Negara-negara lain yang mayoritas penduduknya agama Islam juga memiliki bank syariah untuk membantu proses transaksi keuangan nasabahnya. Oleh sebab itu, ada daftar bank syariah terbesar di dunia yang mulai diperhitungkan.

Setidaknya ada lima bank yang akan dijabarkan pada penjelasan ini. Semua bank yang akan dijelaskan memiliki nilai aset yang sangat besar dan memiliki kredibilitas yang tinggi di antara nasabahnya. Untuk mengetahui daftar bank tersebut, simak rincian berikut ini:

Al Rajhi Bank

Pada daftar pertama, ada Al Rajhi Bank yang berasal dari Saudi Arabia. Bank ini menjadi salah satu yang terbesar dengan total aset mencapai kisaran 124,97 miliar dolar. Angka ini, tentunya sangat tinggi apalagi jika dibandingkan dengan bank-bank syariah lainnya.

Bank ini sendiri memiliki sejarah panjang dalam pertumbuhannya. Didirikan pada tahun 1957, bank ini pernah berjalan di atas kontroversi yang melandanya. Hal ini terjadi pada tahun 2001, dengan tuduhan yang dilontarkan oleh Amerika terkait serangan pada tahun tersebut.

Meski demikian, bank ini tetap berjalan sampai sekarang. Tingkat kepercayaan masyarakatnya juga sangat baik. Hal ini, tentunya dikarenakan layanannya sangat berkualitas dan tranparansi banknya patut diacungi jempol sehingga semakin banyak nasabah yang percaya.

Dubai Islamic Bank

Pada daftar kedua, ada Dubai Islamic Bank yang berlokasi di Uni Emirat Arab. Kisaran aset bank ini senilai 80,261 miliar dolar. Meski angka ini jauh di bawah Al Rajhi Bank, namun totalnya masih dianggap besar dan menduduki peringkat kedua.

Sejak didirikan pada tahun 1975, bank ini terus mengalami pertumbuhan yang signifikan. Bahkan, pelebaran sayap bank ini juga sudah menjangkau perusahaan-perusahaan besar dunia termasuk yang ada di Indonesia. Dengan demikian, bisa diprediksi asetnya akan bertambah.

Layanan yang dimiliki bank ini juga sangat lengkap. Selain itu, sudah ada sistem yang bisa memudahkan nasabah untuk menjalankan segala proses yang ada. Jadi tidak heran jika bank ini terus dijadikan pilihan banyak pihak dalam proses transaksi keuangannya.

Kuwait Finance House

Bank syariah terbesar di dunia yang ketiga adalah Kuwait Finance House. Total aset yang dimiliki bank ini adalah sebesar 70 miliar dolar. Jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, jumlah aset ini sudah mengalami kenaikan yang signifikan dan bernilai baik.

Kuwait Finance House juga termasuk lembaga keuangan yang sudah berdiri sejak lama, tepatnya pada tahun 1977. Meski sudah lama berdiri, bank ini sudah melakukan banyak transformasi dan inovasi untuk bisa bertahan di tengah-tengah persaingan bank syariah lainnya.

Bahkan sampai saat ini, jumlah penghargaan yang didapat KFH sudah sangat banyak. Setidaknya ada enam penghargaan yang diraih dalam skala global. Mulai dari penghargaan sebagai bank syariah paling dipercaya, paling baik, paling ideal, dan yang lainnya.

Maybank Islamic

Bukan hanya bank dari Timur Tengah saja, bank syariah dari Asia Tenggara juga ada yang masuk jajaran bank terbesar. Bank ini adalah Maybank Islamic yang berasal dari Malaysia. Data terbaru mengungkapkan bahwa aset bank ini mencapai angka 63 miliar dolar.

Jika dibandingkan dengan bank syariah lainnya, Maybank Islamic ini masuk jenis bank baru yang didirikan di tahun 2007. Meski masih baru, namun bank ini sudah menunjukkan pergerakannya yang positif dan terus mengalami peningkatan signifikan.

Selain itu, bank ini termasuk bank yang kekinian dan terus melakukan inovasi. Jadi, segala layanannya sudah disesuaikan dengan perkembangan terkini. Jadi, tidak heran bank ini banyak dipilih anak muda untuk melakukan transaksi keuangan syariah.

Qatar Islamic Bank

Terakhir, ada bank syariah yang berasal dari Qatar dengan nama Qatar Islamic Bank. Kisaran aset bank ini adalah sekitar 47 miliar dolar. Angka ini masih terkonsep tinggi, jika dibandingkan dengan susunan bank-bank syariah yang tersebar di seluruh dunia.

Sejak pendiriannya pada tahun 1982 sampai sekarang, bank ini masih memberikan layanan dan kualitas yang mumpuni. Berbagai kemudahan juga sudah diberikan, sehingga bisa membantu proses transaksi keuangan masyarakatnya dengan mudah.

Demikianlah daftar bank syariah terbesar di dunia yang harus dipahami. Meski dalam lima besar tersebut belum ada bank dari Indonesia, namun bisa dipastikan bahwa eksistensi bank syariah ini memang sangat tinggi. Hal ini, juga dikarenakan banyaknya nasabah yang memanfaatkan layanannya.

Baca Juga:  Syarat Membuka Rekening CIMB Niaga Terbaru Yang Wajib dipahami
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *