Cara Bayar PDAM Lewat Mobile Banking Mandiri, Ikuti Panduan Lengkap Disini

Cara Bayar PDAM Lewat Mobile Banking Mandiri, Ikuti Panduan Lengkap Disini

Bayar PDAM Lewat Mobile Banking – Cara bayar PDAM lewat mobile banking Mandiri menjadi pilihan yang bisa diambil oleh pelanggan. Bank Mandiri menyediakan layanan yang cukup lengkap, salah satunya pembayaran tagihan air PAM. Pembayaran tagihan air bulanan melalui mobile banking atau Livin Mandiri tergolong praktis.

Karena bisa dilakukan lewat smartphone kapanpun dan dimanapun.Namun jika belum melakukan aktivasi mobile banking Mandiri, bisa membayar tagihan PDAM melalui ATM Mandiri.

Ini bisa jadi solusi agar tidak perlu repot mendatangi kantor PDAM pada jam kerja. Hanya saja harus menyempatkan waktu mengunjungi mesin ATM terdekat untuk melakukan transaksi.

Ketentuan Bayar PDAM di Mobile Banking Mandiri

Pelanggan bisa mengikuti cara mengecek tagihan PDAM secara online. Untuk itu memerlukan nomor pelanggan yang tertera di pembayaran sebelumnya. Cara bayar PDAM lewat mobile banking Mandiri memerlukan beberapa ketentuan yang harus dipenuhi. Syarat ketentuan tersebut meliputi sebagai berikut:

Saldo Rekening

Syarat yang harus dipenuhi pertama yakni saldo di rekening Mandiri. Saldo rekening yang akan digunakan untuk membayar air PAM harus memiliki sejumlah nominal tagihan tersebut. Hal ini agar ketika melakukan proses pembayaran tidak terjadi kegagalan.

Kode Wilayah PDAM

Untuk membayar PDAM lewat m-banking Mandiri, pelanggan harus mengetahui kode PDAM dan nama wilayah penyedia jasa layanan. Setiap wilayah mempunyai perusahaan penyedia air minum yang berbeda-beda di tiap daerah.

Nomor Meter Pelanggan

Kemudian yang ketiga adalah nomor ID pelanggan PDAM. Nomor ini memiliki fungsi yang sama seperti nomor PLN. Jadi setiap pelanggan mempunyai nomor yang berbeda-beda satu sama lain.

Inilah Cara Bayar PDAM Melalui Livin Mandiri

Pembayaran tagihan air PAM tentunya dikenai biaya layanan. Mengenai biaya admin tagihan di mobile banking Mandiri semuanya sama, yakni sebesar Rp. 2500. Jadi saldo rekening yang terpotong nantinya sebesar nominal tagihan air plus biaya admin.

Baca Juga:  Apakah Paypal Bisa Transfer Ke Rekening _ Simak Dulu Penjelasanya!

Cara bayar melalui mobile banking Mandiri dapat dilakukan pada aplikasi Livin Mandiri Biru (lama) dan Livin Mandiri Kuning (baru). Perhatikan ulasan mengenai panduan cara bayar berikut ini agar proses transaksi berjalan lancar.

  • Buka Aplikasi Livin by Mandiri. Langkah awal silahkan buka dan jalankan aplikasi Livin Mandiri di smartphone. Pastikan aplikasi Livin Mandiri sudah update ke versi terbaru, yakni yang kuning.
  • Lakukan Login di Livin Mandiri. Setelah itu pelanggan bisa melakukan login ke akun Livin Mandiri sesuai metode yang dipilih, misalnya sidik jari atau metode lainnya.
  • Masuk ke Menu Bayar. Bila sudah masuk ke halaman beranda Livin Mandiri, silakan lanjutkan menuju layanan bayar. Caranya yaitu klik menu Bayar pada tampilan layanan Livin Mandiri. Kemudian akan diarahkan menuju halaman untuk memilih jenis layanan bayar melalui Livin Mandiri.
  • Pilih Layanan PDAM. Kemudian masuk ke layanan bayar PDAM menggunakan Mandiri Online by Livin. Pelanggan diminta memilih penyedia jasa PDAM sesuai wilayah di aplikasi mobile banking. Masukkan nomor pelanggan PDAM.
  • Pilih Penyedia Jasa PDAM. Sesudah menuju halaman untuk memilih penyedia jasa PDAM. Kemudian halaman akan menampilkan penyedia jasa PDAM beberapa wilayah, misalnya seperti Bandung, Malang, Banyumas, Tangerang, dan wilayah lainnya. Pelanggan dapat memilih penyedia jasa PDAM sesuai alamatnya.
  • Masukkan Nomor Pelanggan PDAM. Bila sudah memilih wilayah PDAM, silakan masukkan nomor meter ID pelanggan. Caranya yakni klik kolom nomor pelanggan, dan masukkan nomor ID PDAM. Lanjutkan menuju halaman bayar dengan cara klik tombol Lanjutkan.
  • Selesaikan Proses Pembayaran. Setelah menemukan tagihan PDAM, pelanggan bisa mengecek total tagihan air. Jika sudah benar, lanjutkan proses pembayaran PDAM lewat mobile banking Mandiri. Pilih nomor rekening Mandiri, lalu klik tombol Bayar.
Baca Juga:  BCA Platinum Mastercard - Keunggulan dan Manfaat

Seperti itulah cara bayar PDAM lewat mobile banking Mandiri yang bisa dilakukan dengan mudah. Kini tak perlu bingung dalam melakukan pembayaran tagihan PDAM. Nasabah Mandiri sekaligus pelanggan PDAM bisa membayar tagihan air melalui Livin by Mandiri.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *