Ternyata Biaya Kuliah Psikologi Bervariatif, Sesuai Jalur Masuk!

Ternyata Biaya Kuliah Psikologi Bervariatif, Sesuai Jalur Masuk!

Biaya Kuliah Psikologi

Biaya Kuliah Psikologi – Ketika memutuskan untuk memilih jurusan psikologi, tentu harus didasarkan oleh pertimbangan yang matang. Pasalnya, biaya kuliah psikologi di beberapa universitas berbeda-beda, sesuai dengan ketetapan setiap universitas. Untuk lebih jelasnya, maka simak uraian berikut mengenai kuliah psikologi, diantaranya:

Sekilas Tentang Jurusan Psikologi

Ketika sedang menimbang biaya kuliah psikologi, ada baiknya setiap orang mengetahui lebih lengkap apa itu jurusan psikologi. Mengingat banyaknya saat ini calon mahasiswa yang asal ambil, ketika memilih jurusan. Psikologi sendiri adalah bidang keilmuan yang umumnya mempelajari tentang manusia.

Maksudnya, calon mahasiswa harus siap untuk dapat mendalami bidang yang akan mempelajari kejiwaan manusia. Di dalam pembelajarannya, setiap calon mahasiswa harus siap untuk meneliti alur pikiran seseorang. Setelahnya, mencari tahu apa penyebabnya.

Berbeda dengan jurusan lainnya, objek pada kajian jurusan psikologi yang diteliti adalah manusia. Membuat peluang serta prospek kerjanya yang sangat bagus ke depannya. Menjadikan jurusan ini paling banyak diminati oleh setiap calon mahasiswa yang melamar kuliah.

Biaya Kuliah Psikologi di PTN

Supaya mendapatkan kisaran biaya kuliah psikologi relatif rendah, setiap pelajar diharapkan dapat meneruskannya di PTN. Pasalnya, berbeda dengan swasta, biaya kuliah di negeri biasanya lebih murah, karena ada beberapa jalur masuk. Berikut daftar biaya di beberapa PTN yaitu:

Universitas Indonesia

Biaya kuliah psikologi sebenarnya relative di beberapa universitas, namun yang membedakan antara PTN dan PTS biasanya jalur masuk. Mengingat untuk dapat masuk universitas UI diharuskan untuk mengikuti tes. Beberapa jalur dengan proses seleksi pun biasanya membedakan biaya kuliah.

Untuk yang berminat kuliah di UI, biaya kuliah atau uang kuliah tunggal pun terbagi menjadi dua golongan. Golongan pertama yaitu berdasarkan biaya operasional pendidikan berkeadilan. Selanjutnya ada biaya operasional pendidikan pilihan perorangan.

Baca Juga:  Mengenal Digitalisasi Pendidikan, Manfaat Dan Infrastuktur Yang Harus Disiapkan

Berdasarkan dua kelompok tersebut, untuk biaya operasional pendidikan berkeadilan di kisaran 500.000 sampai 5.000.000. Sedangkan biaya operasional pendidikan pilihan yaitu 7. 500.000 sampai 17. 500.000. Kedua biaya ini, tentu disesuaikan kembali berdasarkan kelas yang diambil.

Universitas Airlangga (UNAIR)

Selanjutnya biaya kuliah jurusan psikologi di UNAIR pun sebenarnya relatif bagi setiap orang. Mengingat jumlah pendaftar SBMPTN dengan pilihan jurusan psikologi di tahun 2020 mencapai 1019 orang. Hal ini, tentu tidak seimbang dengan jumlah kuota yang hanya menerima 48 orang.

Untuk biaya kuliahnya sendiri, UNAIR menerapkan tiga kelompok yang berbeda. Biaya pertama yaitu jalur SNMPTN yang dimulai dari 0 hingga 10.000.000, lalu jalur mandiri dengan UKT 7.500.000. Terakhir, mandiri kemitraan yaitu UKT 7. 500.000 dengan uang kuliah 75.000.000.

Universitas Diponegoro (UNDIP)

Tetap ingin melanjutkan kuliah di jurusan psikologi UNDIP? Setiap calon mahasiswa tentu harus rajin belajar dan banyak mencari tahu informasi biaya yang harus dikeluarkan. Mengingat peluang untuk masuk ke universitas ini cukup sulit.

Namun selain itu, pertimbangan terhadap jalur masuk pun perlu diperhatikan. Pasalnya biaya kuliah jalur masuk SNMPTN/SBMPTN berada di kisaran 500.000 hingga 8.000.000. Sangat berbeda jauh dengan jalur masuk mandiri yang dimulai dari 30.000.000 sampai 40.000.000.

Universitas Gadjah Mada

Selanjutnya universitas yang perlu diperhitungkan biaya kuliahnya yaitu jurusan psikologi UGM. Namun perlu diingat untuk dapat berkuliah di kampus tersebut kuota yang dibuka pada tahun 2020 hanya 57 orang. Sedangkan jumlah pelamarnya mencapai 1871 orang.

Berdasarkan tingginya minat pelamar yang ingin berkuliah di UGM, hal yang perlu diperhatikan tentu saja biayanya. UGM sendiri menerapkan pembayaran UKT menjadi delapan golongan. UKT golongan yang ditetapkan yaitu, mulai dari yang terendah 500.000 hingga 12.000.000.

Baca Juga:  Berapa Biaya Kuliah Hukum _Simak Penjelasanya!

Universitas Padjadjaran (UNPAD)

PTN terakhir yang tidak selalu diminati oleh para pelamar yaitu UNPAD. Berbeda dengan PTN sebelumnya yang telah dijelaskan, UNPAD memasukan psikologi ke dalam rumpun saintek. Untuk kisaran biaya kuliahnya sendiri, diterapkan dua jalur yaitu SNMPTN/SBMPTN dan mandiri.

Berdasarkan kedua jalur tersebut tentu kisaran biayanya pun berbeda. Untuk jalur masuk SNMPTN/SBMPTN, kisaran biayanya yaitu 500.000 hingga 7.000.000. Namun untuk mandiri biasanya lebih mahal yaitu UKT 10.000.000 dengan biaya kuliah 85.000.000.

Itulah ulasan terkait biaya kuliah psikologi beserta PTN dengan pilihan jurusan tersebut. Setiap PTN menerapkan biaya kuliah yang tentunya berbeda-beda. Mengingat jalur masuk yang dibuka pun terbagi ke dalam beberapa golongan.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *